Mau Belajar Menyetir Mobil Manual? Begini Caranya!

Mobil

Jika Anda sudah memahami fitur-fitur yang ada pada mobil manual dan juga mengetahui trik jitunya, pasti Anda akan mudah sekali belajar menyetir mobil manual. Mau coba?

Meskipun sekarang sudah ada mobil bertransmisi matik, tetapi tidak menurunkan minat seseorang untuk memiliki mobil bertransmisi manual. Mengapa demikian? Pasalnya, ada alasan tersendiri bagi mereka yang lebih memilih mobil manual dibanding matik. Misalnya, harga beli yang jauh beli murah, biaya kerusakan yang lebih terjangkau, dan faktor lainnya.

Di balik keuntungan memiliki mobil manual, tentu ada juga kerugian yang harus diterima, salah satunya adalah sulitnya menyetir mobil manual dibandingkan mobil matik. Hal ini dikarenakan, mobil manual memiliki fitur-fitur yang terbilang cukup ribet daripada mobil matik. Selain itu, konsekuensi jika Anda menyetir mobil manual, yaitu kaki mudah pegal khusus untuk kondisi jalan macet. Namun, jika Anda tertarik untuk tetap belajar menyetir mobil manual, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Tentunya cara dari Futuready ini sangat mudah dan cepat Anda mengerti.

Memahami Fitur Mobil Manual

Sebelum mulai praktik menyetir mobil manual, trik pertama adalah Anda harus menghafal dan memahami fitur-fitur penting yang ada di mobil manual, seperti pedal rem, gas, dan kopling. Mengapa semua fitur tersebut? Ketiga fitur ini sangat berperan penting untuk menghasilkan mobil melaju dengan aman. Anda harus perhatikan kegunaan dari fitur tersebut. Jangan sampai Anda salah menginjak karena akan berakibat fatal. Jika Anda belajar menyetir di sebuah rental, pasti sebelumnya akan dijelaskan kegunaan dan juga cara menggunakan fitur tersebut. Selain ketiga fitur utama, ada juga fitur lain yang tidak kalah penting, seperti mengubah posisi perpindahan gigi mobil atau persneling tombol lampu sign, klakson dan lainnya juga perlu dihafalkan.

Baca juga: Mengoptimalkan Transmisi Triptonic, Apa Kelebihan dan Bagaimana Caranya?

Latihan di Tempat yang Tepat

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa belajar nyetir mobil itu jauh lebih sulit dibadingkan mobil matik. Oleh karena itu, Anda harus memilih lokasi untuk latihan menyetir mobil yang tepat. Lapangan yang luas menjadi salah satu tempat favorit untuk mereka yang sedang belajar menyetir mobil. Pasalnya, tempat ini akan membuat Anda lebih berkonsentrasi sambil menghafal fitur-fitur tersebut. Selain itu, Anda juga lebih bebas untuk menyetir mobil karena tidak ada penghalang atau batasan apa pun. Jika dirasa Anda sudah bisa mengoperasikan fitur-fitur tersebut dengan baik dan feeling terhadap sisi kanan dan juga kiri sudah mantap, barulah Anda bisa memilih lokasi yang lebih menantang, seperti jalan raya, jalanan komplek perumahan, atau tanjakan untuk berlatih menanjak.

Harus Konsentrasi Penuh

Seseorang dianggap sudah mahir menyetir mobil bukan hanya karena pandai mengoperasikan fitur-fiturnya. Tetapi juga harus bisa berkonsentrasi penuh ketika sedang berkendara. Pasalnya, mengendarai mobil manual butuh keyakinan, pikiran tenang, relaks, dan juga konsentrasi penuh agar Anda bisa menjalankan mobil dengan baik.

Baca juga: Cara Melepas Kopling Mobil Agar Mesin Tidak Mati

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Menguasai Kopling

Salah satu perbedaan antara mobil manual dan matik adalah kopling. Kopling merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk memutuskan putaran mesin dan putaran roda yang masih berhubungan, selain itu juga berfungsi untuk mengubah gigi atau menambah dan mengurangi gigi yang akan Anda gunakan tanpa merusak roda gigi yang berada di masing-masing gigi transmisi. Perlu diingat kembali jika Anda ingin mengurangi atau menambah gigi, jangan lupa untuk menginjak pedal kopling.

Comments are closed.