Mobil Honda BR-V: Spesifikasi, Interior dan Fitur

Mobil

Sebelum memutuskan untuk membeli, yuk lihat dulu spesifikasi lengkap dari mobil Honda BR-V berikut ini.

Nama Honda kian melambung di Indonesia. Bukan hanya sukses dengan departemen roda duanya saja, tetapi semua jenis kendaraan roda empat pabrikan asal Jepang ini juga banyak diminati masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Honda BR-V. Honda BR-V adalah sebuah SUV mini yang diproduksi oleh Honda sejak 2015. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 pada tanggal 20 Agustus 2015. Lalu, mobil ini kemudian mulai dipasarkan pada tanggal 23 Januari 2016.

Hingga saat ini Honda BR-V masih berada di segmen low SUV atau mobil crossover. Meksipun di segmen ini sudah ditempati Honda HR-V, tetapi Honda Indonesia sendiri sudah menempatkan Honda BR-V di pasar yang berbeda dengan Honda HR-V. Tidak sampai di situ, kehadiran Honda BR-V juga dinilai memiliki kesamaan dengan Honda Mobilio yang hingga kini menjadi primadona baru di segmen low MPV. Padahal jika dilihat secara detail, bodi kedua mobil tersebut memiliki perbedaan yang signifikan.

Sekilas, tampilan BR-V memang sedikit banyak mirip dengan Mobilio, hanya saja ground clearance-nya lebih tinggi serta bodinya lebih bongsor. Meski begitu, Honda BR-V sendiri sebenarnya merupakan pengembangan dari platform All New Honda Jazz. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan mesin i-VTEC 1.500 cc 4-silinder yang menjadi jantung dapur pacunya. Selain itu, pada interior mobil Honda BR-V ini mengusung konsep yang hampir sama dengan Honda HR-V yang memiliki kabin luas dengan interior mewah. Nah, pasti Anda semakin penasaran dengan spesifikasi lengkap dari mobil Honda BR-V ini, kan? Berikut ini ulasan selengkapnya. (Baca juga: Perjalanan Chevrolet Indonesia, Salah Satu Brand Mobil Terbaik Dunia)

Honda BR-V Sporty Crossover dengan Body Compact Lebih Gagah

Spesifikasi Honda BR-V yang pertama adalah memiliki tampilan luar yang gagah, seperti mobil-mobil jenis big SUV pada umumnya. Honda BR-V hadir dengan perpaduan desain bodi antara anggunnya Honda Mobilio dan sporty-nya Honda Jazz sehingga menghasikan lekuk body stylish yang memancarkan aura elegan dan sempurna. Bukan hanya itu, mobil jenis ini menjadi satu-satunya mobil yang memiliki tampilan lebih ramping dibandingkan dengan mobil tipe crossover lainnya.

Selain bodi, Honda BR-V memiliki demensi lampu yang tidak terlalu lebar, tetapi memiliki pancaran yang tajam. Tentu ini menjadi ciri khas dari BR-V yang tidak dimiliki oleh merek mobil lain. Untuk bumper depan, BR-V terlihat semakin bergaya karena diatur dengan jarak yang agak tinggi dari tanah, berpadu dengan fog lamp yang cukup besar semakin menandakan bahwa Honda BRV punya fascia yang benar-benar jantan.

Interior Modern Honda BR-V

Setelah berbicara spesifikasi eksterior, kini saatnya membahas tentang interior modern yang diusung oleh mobil Honda BR-V. Mengusung segmen crossover SUV, tentu spesifikasi Honda BR-V pada bagian dashboard harus menyesuaikan. BR-V merupakan salah satu mobil small SUV dengan kabin ala MPV yang artinya dapat mengangkut jumlah penumpang banyak seperti halnya MPV.

Baca juga: Fakta Menarik Soal Mercedes Benz Indonesia yang Patut Anda Ketahui

Selain kabin, dasboard pada mobil ini juga memiliki kesan yang sangat modern dan mewah karena didominasi warna hitam yang senada dengan ruang kabin. Mobil Honda BR-V ini juga dilengkapi fitur audio player Double DIN dengan layar 6.1 inci touch screen yang sudah cukup menunjang kebutuhan entertainment pemiliknya. Kesan mewah juga terpancar dari bagian jok yang terdapat panel instrumen berteknologi One Touch Tumble.

Dimensi Fisik Super Kokoh

Mobil Honda BR-V ini termasuk kendaraan crossover yang tangguh di segala medan sehingga di bagian dimensi fisik memiliki ukuran yang pas, yaitu tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil. Secara fisik, mobil ini memiliki ukuran panjang 4.455 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.650 mm serta wheelbase 2.660 mm. Dimensi Honda BR-V ini memang lebih tinggi dari Honda Mobilio. Ditunjang dengan ground clearance lebih dari 200 mm, maka handling BR-V pun akan menjadi lebih mantap, dan pastinya mobil ini cocok untuk segala kondisi jalan. Untuk memberikan kenyamanan pada penumpangnya, Honda BR-V didukung oleh sistem suspensi MacPherson Strut untuk bagian depan, dan H-Shape Torsion Beam untuk bagian belakang, kaki-kaki Honda BR-V disokong oleh velg 16 inci dan dibalut oleh ban berukuran 195/60/R16, serta untuk fitur pengereman mobil ini menggunakan teknologi rem ABS EBD (Electronic Brakeforce Distribution) sehingga laju kendaraan bisa lebih terkontrol.

Irit BBM

Honda BR-V mengklaim dirinya sebagai mobil yang irit BBM. Hal ini dikarenakan mobil ini menggunakan mesin i-VTEC, yaitu teknologi pengatur katup mesin yang memiliki banyak keunggulan, salah satunya bersilinder kecil, tapi bisa menghasilkan tenaga yang setara dengan mesin bersilinder besar. Selain itu mesin i-VTEC dapat meminimalisir konsumsi bahan bakar serta nyaman untuk dipakai sebagai kendaraan harian. Untuk Honda BR-V ini, Honda mengusung mesin i-VTEC berkapasitas 1.5 liter terdiri dari 4-silinder model segaris DOHC 16 katup yang artinya mampu memberikan muntahan power maksimal mencapai 120 HP pada 6.600 rpm serta torsi maksimal mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm.

Fitur Keamanan dan Kenyamanan

Sebagai mobil low SUV, Honda BR-V dipercaya memiliki fitur keamanan dan kenyamanan yang sangat lengkap dan mengusung teknologi terbaik, misalnya untuk fitur keamanan yang standar seperti potenzioner seatbelt sebagai penunjang kemanan pengendara, fitur dual airbag system yang akan memberikan keselamatan tambahan ketika terjadi benturan mendadak, bagian pengereman yang sudah didukung dengan fitur Anti-lock Brake System (ABS) dan juga Electronic Brake Force Distribution (EBD). (Baca juga: Kabar Kendaraan Masa Depan Terbaru 2019)

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Bukan hanya itu, Honda BR-V ini juga memiliki fitur-fitur modern yang berfungsi untuk mencegah roda terkunci pada saat terjadi pengeremam mendadak, teknologi EBD yang berfungsi menghasilkan kestabilan dalam mengontrol kendaraan, dan beberapa fitur keamanan dan kenyamanan lainnya.

Comments are closed.