Mazda CX-8, Pesaing Berat Honda CR-V dan Hyundai Santa

Mobil

Mazda CX-8 resmi diperkenalkan di bursa otomotif tanah air. Kehadiran mobil ini digadang-gadang menjadi pesaing berat SUV premium di kelasnya.

Spesifikasi Mazda CX-8 menjadi perbincangan publik setelah didaftarkan di Samsat DKI Jakarta. Pemegang merk Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sepertinya semakin gencar menghiasi segmen sport utility vehicle (SUV) di tanah air.

Hadirnya Mazda CX-8 kian melengkapi varian kendaraan merk asal Jepang tersebut. Seperti yang diketahui, Mazda sebelumnya sudah memperkenalkan CX 3, CX 5, dan CX 9. Dalam situs tersebut juga sudah tercatat NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Mazda CX-8. Mobil ini dibekali dengan spesifikasi mumpuni dan banderolan harga sesuai.

Desain yang diusung Mazda CX-8 sekilas mirip dengan Mazda CX 5. Bahkan bisa dibilang Mazda CX-8 adalah versi 7-seater dari Mazda CX 5. Kemiripannya bisa Anda lihat di bagian depannya. Mulai dari grille, bumper, headlight, model kap sampai dengan pintunya. Walau demikian, nyatanya ada beberapa poin yang membedakannya.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Mazda 3

Untuk melihat seberapa menariknya mobil ini, tak ada salahnya jika Anda melihat ulasan lengkapnya di bawah ini!

Spesifikasi Lengkap Mazda CX-8

Dimensi

mesin mazda cx-8

Dimensi yang dibawa CX 8 terbukti lebih panjang. Mobil satu ini ini memiliki dimensi berukuran 4.900 mm sehingga lebih panjang 350 mm dari Mazda CX 5. Dikarenakan dimensinya lebih panjang, maka ruangan di jok baris ketiga terasa lebih lapang. Siapa saja yang menggunakannya pun akan merasa lebih nyaman pastinya.

Dilihat dari spesifikasi di atas, kapasitas bagasinya terbilang besar, yakni 209 liter dengan kondisi jok baris ketiga terbuka. Saat dirasa kurang, Anda para pengguna mobil ini bisa melipat bangkunya hingga daya muatnya menjadi 742 liter.

Eksterior

Untuk sektor eksteriornya, mobil SUV buatan Mazda ini dilengkapi dengan LED DRL dan LED headlight projector di bagian depannya. Sementara bagian belakangnya disematkan LED taillight. Grill yang dibawa mobil ini hadir dengan konsep Kodo Design khas Mazda yang dilengkapi 5 bilah horizontal dan frame krom.

Sementara di sisi sampingnya, body mobil ini terkesan tegas karena mengusung konsep body-cladding yang warnanya hitam. Kemudian bergeser ke bagian belakangnya, mobil ini dibekali dengan roof-spoiler yang sewarna dengan body. Terlihat pula velg SUV premium yang terkesan elegan dan sporty.

Mobil ini semakin terlihat berkelas karena mobil ini juga dilengkapi dengan roof-rail di bagian atapnya. Dijamin Anda tak akan kecewa saat memiliki dan mengendarai SUV buatan Mazda ini.

Mesin

Pada sektor dapur pacunya, CX 8 didukung dengan mesin SKYACTIV-D yang memiliki kapasitas 2.200 cc diesel atau SKYACTIV-G berkapasitas 2.500 cc bensin. Walau demikian, CX 8 yang diperkenalkan di pasar Indonesia hanya varian mesin bensin saja yang serupa dengan CX 5.

Dengan spesifikasi mesin  tersebut, mobil ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 187 Tk dengan torsi maksimal 251 Nm. Performa dari mesin 4-silinder 2.488 cc tersebut mengusung konsep naturally aspirated atau non turbo. Segala medan jalan bisa ditempuh CX 8 secara mudah.

Fitur

Mengenai fiturnya, CX 8 dibekali dengan fitur yang lengkap dan memadai. Sebut saja sistem pengereman ABS, head-unit berkonektifitas smartphone, keyless, airbag, hingga navigasi satelit.

desain mazda cx-8

Tak hanya itu, SUV pabrikan Mazda ini juga didukung dengan dynamic stability control, lane-keep assist, driver attention alert, rear cross traffic alert, roll stability control, traction control, 360 camera, cruise control, dan tire pressure monitoring system.

Semakin mengesankan karena CX 8 juga dibekali dengan laci di door-trim dan konsol tengah, beberapa cupholder hingga dashboard kiri.

Harga Mazda Seri CX-8

Soal harga, mobil satu ini dibanderol dengan harga di kisaran Rp640 jutaan untuk varian terendah dan Rp 700 jutaan untuk varian tertinggi.

Baca juga: Melihat Harga Mobil Mazda Indonesia Terlaris Sejauh Ini

Perkiraan harga ini didasarkan pada posisinya yang ada diantara Mazda CX 5 dan CX 9. Seperti yang diketahui, CX 5 Limited Edition ditawarkan seharga Rp589,3 juta dan harga CX 9 sebesar Rp831 juta.

SUV premium buatan Mazda ini menjadi solusi terbaik untuk Anda yang menginginkan mobil CX 5 namun mendukung konfigurasi penumpang sebanyak 7-seater. Hadirnya mobil satu ini digadang-gadang menjadi pesaing berat Honda CR-V dan Hyundai Santa Fe. Hal ini bisa dilihat dari kemiripan dimensinya.

Lain halnya untuk urusan dapur pacunya, tentu saja ketiganya berbeda. Pasalnya, Honda CR-V membawa mesin 1.500 cc turbo dan Santa Fe dibekali mesin 2.400 cc. CX 8 terbukti mumpuni. Harga yang dibanderol pada mobil ini juga terbilang sesuai. Oleh karena itu, Mazda seri CX-8 bisa menjadi salah satu pilihan mobil favorit yang dapat nda miliki dalam waktu dekat ini.

Perbedaan Seri CX-8 Elite dan Touring

Mobil satu ini dibedakan menjadi dua varian, yakni Elite dan Touring. Tentu keduanya memiliki perbedaan karena harga yang ditawarkan pun berbeda, yakni Rp760 jutaan untuk Elite dan Rp680 jutaan untuk Touring.

Dari sektor eksterior, paling mudah dilihat dari bagian kaki-kakinya. Bila versi Touring menggunakan warna alumunium silver, untuk yang Elite sudah dibungkus kelir alumunium bright dengan dimensi 19 inci.

Perbedaan kedua dan lainnya, lebih ke sektor kabin dan fitur. Untuk Touring memiliki konfiguasi jok yang mampu menampun hingga tujuh penumpang, sementara Elite dibuat lebih eksklusif dengan captain seat dan hanya untuk enam penumpang.

interior mazda cx-8

Tidak hanya itu, menyandang status varian tertinggi, lapisan kulit CX-8 Elite juga sudah menggunakan Nappa Leather Deep Red. Sedangkan yang Touring hanya terbungkus black clotch berwarna gelap.

Dari segi hiburan, walau sama-sama sudah memiliki fitur audio berkelas, namun untuk Touring hanya memiliki enam speaker, sementara Elite jumlahnya mencapai 10 unit Bose sound system. Perbedaan kelima, pengaturan jok pada tipe Elite sudah mengusung elektrik, sementara Touring masih manual.

Bahkan kalau ditelisik lebih jauh dari data spesifikasi yang ada, rupanya banyak pengurangan yang dilakukan. Sebut saja seperti Power Lift, Navigation System, Lightning Signature, Windscreen Type, Seat Warmer, Sunshade, Monitor 360, Blind Spot Monitoring, Lane Departure Warning System, Rear Cross Traffic Alert, dan banyak lainnya.

Baca juga: Harga Hyundai Tucson Siap Puncaki Pasar SUV Indonesia

Jadi, apakah Anda semakin tertarik untuk memilih Mazda seri CX-8 untuk tunggangan harian dan keluarga Anda? Ingin varian Elite atau Touring?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.