Memahami 4 Jenis Transmisi Automatic Mobil

Mobil


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Ternyata, transmisi automatic ada berbagai macam jenisnya, lho. Nah, agar tidak salah, berikut ini ulasan mengenai jenis-jenis transmisi yang biasa digunakan oleh mobil matic.

Transmisi automatic atau yang sering disebut transmisi matic terbilang baru dibandingkan transmisi manual. Namun, kenyataannya transmisi automatic ini sudah ada di dunia sejak 1904 dan Ford model T menjadi salah satu mobil yang sudah menggunakan transmisi ini pada 1908. Teknologi canggih ini dibuat hanya bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para penggendaranya ketika mereka mengalami kesulitan saat memindahkan transmisi manual.

Di Indonesia, sudah ada banyak merek dan juga jenis mobil yang menggunakan transmisi ini. Tentu, transmisi automatic ini disambut sangat baik oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari penjualan mobil matic yang melambung sangat pesat dibandingkan transmisi lain. Bahkan hingga saat ini mobil bertransmisi matic masih menjadi incaran utama para konsumen yang sedang mencari mobil baru. (Baca juga: Transmisi Triptonic, Apa Kelebihan dan Bagaimana Caranya?)

Sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa mobil matic ini memang memiliki banyak kemudahan. Contohnya lebih mudah digunakan, tidak membuat kaki pegal ketika jalanan sedang macet, dan lain sebagainya. Namun, di balik kemudahan itu, nyatanya, transmisi matic ini terbagi menjadi beberapa jenis. Agar pengetahuan Anda lebih dalam lagi seputar transmisi ini dan bukan hanya sekadar tahu mengendarainya saja, berikut ini ulasan mengenai jenis-jenis transmisi yang biasa digunakan oleh mobil matic.

Kopling Fluida

Jenis transmisi automatic yang pertama adalah kopling fluida atau yang sering disebut transmisi otomatis konvensional. Transmisi ini pertama kali dikembangkan oleh Chrysler pada 1930. Transmisi jenis ini lebih mengedepankan sistem pemindah otomatis yang bekerja berdasarkan torsi dan gaya sentrifugal di dalam mesin. Jadi, semakin cepat mesin berputar, tentu semakin besar juga peluang transmisi memindahkan gigi ke atas, dan begitu pun sebaliknya.

Continuous Variable Transmision (CVT)

Jenis transmisi automatic yang kedua adalah Continuous Variable Transmision atau yang disingkat dengan sebutan CVT. Transmisi matic ini lebih digunakan oleh mobil-mobil keluaran terbaru. Cara kerja transmisi ini, yaitu menggantikan gigi konvensional dengan drum yang ukuran atau rasionya selalu berubah dan disambungkan dengan belt. Oleh karena rasio transmisi ini terus berubah, transmisi CVT ini dapat menyesuaikan dan  menghasilkan kerja mesin menjadi lebih sigap dan ringan. Tentu hal ini pun berdampak pada hasil konsumsi BBM menjadi lebih efisien. Transmisi CVT ini banyak digunakan oleh city car, seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, dan sejenisnya.

Baca juga: 5 Cara Merawat Mobil Matic Agar Kondisinya Tetap Prima

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Dual-Clutch Transmisison (DCT)

Dual-Clutch Transmisison atau yang sering disebut kopling ganda ini pada dasarnya memang menggunakan dua buah kopling kering yang dikendalikan oleh komputer. Kedua kopling tersebut bertanggung jawab atas gigi yang berbeda, yaitu genap dan ganjil. Keuntungan dari menggunakan dua kopling ini adalah setiap perpindahan gigi menjadi lebih sigap dan halus karena kedua kopling tersebut dapat bekerja dalam waktu yang bergantian sesuai dengan gigi yang Anda pilih. Namun, di Indonesia, jarang sekali ada mobil matic yang menggunakan jenis transmisi ini. Jika pun Anda mungkin baru bisa ditemui pada jenis mobil VW Golf.

Automated Manual Transmission (AMT)

Mungkin untuk transmisi automatic yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Hampir semua mobil matic menggunakan transmisi AMT ini, seperti Suzuki Ignis, Karimun, dan beberapa jenis lainnya. Automated manual transmission merupakan perpaduan antara transmisi manual dengan automatic. Transmisi ini sebenarnya adalah transmisi manual yang dikendalikan secara otomatis oleh komputer.

Comments are closed.