Mengenal Balap Mobil Drag Race di Indonesia

Mobil

Balap mobil drag race di Indonesia termasuk kejuaran balap mobil yang populer, ketika dua mobil mengadu kecepatan di lintasan lurus.

Kejuaraan balap mobil drag race atau sprints merupakan balapan di mana dua pembalap dengan mobilnya masing-masing berdampingan di belakan garis start. Mereka bersiap untuk menerima aba-aba tanda start berupa lampu, sewaktu lampu start warna hijau menyala kedua pembalap memacu mobilnya untuk melewati dua lintasan lurus dalam jarak yang telah ditentukan.

Penilaian pemenang ditentukan dari waktu tempuhnya untuk kemudian dicatat dan dihitung, pembalap dengan catatan waktu paling singkat saat melewati garis finish adalah pemenangnya. Untuk sistem pembagian kelas balap drag bisa menggunakan kapasitas mesin ataupun waktu tempuh.

Dalam balap mobil drag race di Indonesia horse power dan top speed merupakan kecepatan perpindahan tuas transmisi merupakan hal yang harus diperhatikan dalam balapan ini. Untuk mobil drag race para pembalap memacu kecepatan maksimal kurang dari 569 kilometer perjam dengan lintasan balap sepanjang 402 meter.

Biasanya balapan ini akan selesai dengan waktu tak kurang dari lima detik, dan terdiri dari dua tahap yaitu stage dan race. Race merupakan sebuah tahap ketika membawa mobil yang digunakan di belakang garis start. Sedangkan race, ialah tahap di mana kedua mobil melaju hingga mencapai garis finish.

Mobil dan Mesin yang Sering Digunakan untuk Balap Mobil Drag Race di Indonesia

Di Indonesia ada beberapa mobil yang menjadi favorit untuk digunakan pada kejuaraan drag race. Biasanya banyak peserta menggunakan mobil keluaran tahun 90-an seperti Honda Estilo, Genio, atau Nova. Kemudian di Mitsubishi untuk mobil yang sering digunakan ada Mitsubishi Lancer tipe GLX,GLXi dan GTI. Toyota Great Corolla dan Suzuki Baleno juga sering ambil bagian.

Untuk mesin yang sering digunakan sering menggunakan Mitsubishi 4G63T karena memiliki keunggulan konfigurasi inline menggunakan 4 silinder. Untuk para pemula, banyak disarankan untuk mencoba mesin tipe evolution 1-3 karena seri tersebut merupakan salah satu mesin yang paling banyak diminati para peserta.

Ada juga para peserta yang menggunakan mesin Honda B series keluaran 1989 di kelas all motor. Kemudian untuk pemain 14 detik mesin Honda L15A i-VTEC sering menjadi andalan.

Tip Penting Sebelum Berlaga di Arena Drag Race

Pengaturan Mesin dan Kaki-kaki

Di dunia balap drag race mesin merupakan bagian penting yang harus diperhatikan agar bisa berkompetisi dengan baik. Biasanya para pembalap drag race memiliki bengkel favorit untuk mengatur mesin secara tepat dan terpercaya. Bengkel-bengkel spesialisasi tersebut bisa untuk upgrade mesin, remap ECU, hingga modifikasi ruang pengapian atau pembuangan.

Kemudian jangan lupakan juga untuk memilih ban dan suspensi yang baik, mobil bisa melaju kencang dan bersinergi dengan semburan tenaga mesin.

Memahami Lampu Start

Bagi para pemula yang ingin mengikuti drag race, penting sekali untuk mempelajari ilmu lampu start dan cara start itu penting. Jadi, memerhatikan lampu start itu penting dengan menyesuaikan kapan harus menginjak kopling lepas kopling kemudian mulai menginjak gas.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Perlengkapan Kemananan Balap

Balap drag race juga memiliki faktor risiko kecelakaan, walaupun hanya track lurus saja. Penting untuk memerhatikan faktor keamanan, baik itu mobil dan perlengkapan standar bagi pembalapnya.

Comments are closed.