Mengenal Lebih Dekat Teknologi Mobil Autonomous untuk Transportasi Masa Depan

Mobil

Bukan tidak mungkin di masa depan nanti ada mobil autonomous, di mana teknologi ini membuat mobil bisa berjalan dengan sendiri sampai ke tujuan.

Mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa ada yang mengemudikan hanya bisa kita lihat di film fiksi saja. Tentu kita ingat di periode 1980an ada film Knight Rider yang menampilkan mobil pontiac yang bernama KITT. Mobil tersebut bisa berjalan sendiri saat diperintahkan. Sekilas dari film tersebut, beberapa produsen teknologi dan mobil mulai berlomba mengembangkan teknologi agar mobil bisa berjalan sendiri saat diperintahkan. Teknologi itu bernama autonomus, di mana tangan pengemudi tak perlu lagi meraih kemudi untuk menjalankan mobil

Hingga saat ini tercatat sebanyak 27 pabrikan otomotif telah melakukan uji coba teknologi autonomous di California. Bahkan diprediksi pada 2030, mobil tanpa pengemudi bisa diproduksi sebanyak 60 persen dari total penjualan mobil di Amerika Serikat.

Level Teknologi Mobil Autonomous

Dalam pengembangan mobil autonomous atau mobil yang bisa menyetir sendiri, setiap produsen otomotif dunia tidak memiliki teknologi yang sama. Ada level tertentu yang telah ditentukan oleh SAE International untuk membedakan seberapa canggih dan majunya fitur autonomus tersebut. Berikut ini penjelasannya:

Level 0 Tanpa Otomatisasi

Mobil dengan level 0 sama sekali tidak memiliki fitur otomatis sehingga untuk pengaturan kecepatan, pengereman, dan kemudi mobil semua bergantung pada pengemudi.

Level 1 Asisten Pengemudi

Fitur autonomous level 1 berupa Adaptive Cruise Control untuk mengurangi kecepatan secara otomatis saat situasi lalu lintas terjadi perlambatan. Kemudian ada juga Lane Keeping Assistance yang bisa membantu jalanmobil tetap di jalurnya. Pada level ini si pengemudi harus memerhatikan kondisi jalan dan mengendalikan mobil secara penuh.

Level 2 Tersedia Sebagian Mode Autonomous

Untuk kategori level 2 autonomous ini, mobil sudah mampu mengatur kecepatan dan kemudi tertentu. Misalnya saja di jalan bebas hambatan. Tapi ini masih terbatas, si pengemudi tetap harus waspada untuk memperhatikan jalan dan siap untuk mengambil alih jika mode autonomous sudah tak bisa meng-handle lagi. Adapun mobil-mobil yang menggunakan level 2 ini ada Tesla Autopilot, Volvo Pilot Assist, Mercedes-Benz Drive Pilot, hingga Cadillac Super Cruise.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Level 3 Otomatisasi Kondisional

Level 3 autonomous ini, mobil mampu memonitor lingkungan sekitar secara aktif. Saat ini pabrikan asal Jerman Audi dengan produknya A8 diklaim sebagai mobil pertama yang mampu mencapai fitur autonomus level 3. Fitur lainnya yaitu Audi Al Traffic Jam Pilot, yang bisa mengambil alih kemudi saat kondisi macet dengan batas kecepatan lalu lintas di bawah 59,5 km/jam. Pada level ini, pengemudi juga harus siap menerima permintaan intervensi saat kondisi jalan kembali lancar.

Level 4 Otomatisasi Tinggi

Umumnya mobil dengan level 4 autonomous sudah mampu berjalan sendiri saat kondisi normal, tapi disesuaikan dengan kondisi tertentu. Seperti cuaca buruk, jika ini terjadi pengemudi harus sudah siap mengambil alih kemudi.

Level 5:Otomatisasi Penuh

Ini merupakan level sempurna untuk mobil autonomous. Bisa dibilang mobil akan berjalan dan nyetir sendiri, termasuk tahu kapan melakukan pengereman, mengatur kecepatan, hingga menyesuaikan dengan kondisi jalan. Pada level ini manusia hanya menjadi penumpang saja, tergantung ke mana tujuan mobil tersebut. Semua sudah digerakan dan dioperasikan oleh sistem autonomous,

Produsen Pengembang Teknologi Mobil Autonomous

Google

Perusahaan mesin pencari Google ingin mewujudkan mobil pintar dengan memodifikasi mobil Toyota Prius dan Lexus SUV. Mobil tersebut tanpa awak yang juga ditempatkan beberapa sensor, kamera, dan laser yang bisa berputar di bagian atasnya untuk bisa mendeteksi kondisi sekitar. Mobil pintar meruapakan salah satu proyek Google yang termasuk monumental.

Tesla

Berikutnya adalah Tesla yang juga menjadi salah satu pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, yang juga sedang mengembangkan teknologi Autonomous. Tesla merupakan perusahaan mobil listrik yang memiliki teknologi canggih. Jadi nantinya fitur autopilot tersebut bisa diunduh ke model Tesla baru. Kemudian, mobil akan bisa berjalan sendiri mengikuti marka jalan dan berhenti jika ada halangan di depan.

Apple

Sudah sejak lama, Apple diinfokan sedang melakukan pengembangan mobil tanpa supir. Hal ini jauh sebelum perusahaan teknologi dan perusahaan otomotif lainnya melakukan uji coba terhadap mobil autonomous. Apple pun telah mengantongi izin untuk menguji mobil tanpa supir di California, Amerika Serikat.

Comments are closed.