Menjaga Kualitas Mobil yang Jarang Digunakan

Mobil

Bila Anda memiliki mobil, tapi lebih sering menggunakan kendaraan umum untuk beraktivitas, tetap jaga kualitas mobil yang jarang digunakan ya. 

Saat ini mobil sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup masyarakat perkotaan. Namun, tidak semua para pemilik mobil sering menggunakannya sebagai sarana transportasi harian. Beberapa lebih memilih kendaraan umum sebagai alternatif bepergian, hal ini membuat mobil hanya tersimpan saja di bagasi dan jarang digunakan.

Walaupun mobil jarang digunakan belum menjamin mobil bebas dari risiko masalah kerusakan. Anda yang merupakan salah satu pemiliki mobil yang jarang digunakan, tentu tidak ingin mengalami risiko kerusakan dalam hal ini. Nah, bagi Anda yang jarang menggunakan mobil sebagai sarana transportasi harian. Di bawah ini ada beberapa tip menjaga kualitas mobil yang jarang dipakai. (Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil di Futuready)

Jaga Kondisi Mobil Tetap Bersih

Jika mobil jarang digunakan, hal yang paling utama adalah mencuci mobil secara rutin. Anda bisa mulai dari mencuci bagian eksterior agar kondisi cat mobil tetap terjaga keawetannya. Lalu dilanjutkan untuk membersihkan bagian interior dari debu dan kotoran dengan menggunakan vacuum cleaner. Penting untuk tidak meninggalkan mobil dengan keadaan kotor dalam waktu lama.

Cek Kondisi Oli Mesin

Hal berikutnya adalah kondisi dari oli mesin mobil Anda. Pastikan terlebih dahulu jika kondisi oli dalam volume yang cukup sewaktu meninggalkannya dalam waktu lama. Sebaiknya lakukan penggantian oli mesin jika tidak ingin menggunakannya dalam waktu lama. Hal ini bisa mempengaruhi kondisi mesin, yang bisa menyebabkan oli menjadi kering.

Periksa Kondisi Ban

Efek dari tidak menggunakan mobil dalam waktu yang lama bisa berdampak pada ban mobil Anda. Ban dapat kempes sehingga bisa menyebabkan kerusakan karena menahan beban dari velg. Untuk mengakalinya Anda bisa menopang ban mobil menggunakan alat penyangga, tapi jangan gunakan dongkrak karena bisa membuat alat tersebut cepat rusak.

Isi Bahan Bakar Hingga Penuh

Saat meninggalkan mobil dalam waktu yang lama, pastikan agar kondisi tangki dalam keadaan yang penuh. Ini bertujuan agar tidak ada sisa ruang udara di tangki mobil, yang bisa menyebakan embun nantinya. Sehingga bisa berakibat pada turunnya kualitas bahan bakar, yang bisa membuat kinerja mesin menjadi terganggu.

Beri Ganjalan di Karet Wiper

Mobil yang jarang digunakan bisa mengalami kerusakan pada bagian karet wiper. Mobil yang jarang dipakai juga membuat wiper jarang bekerja, yang menyebabkan karet wiper mengeras dan mengganggu kinerja. Sebaiknya beri ganjalan di karet wiper berupa busa agar wiper tidak langsung menempel pada kaca mobil.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Cabut Kutub Aki Agar Komponen Kelistrikan Aman

Mobil yang jarang digunakan, bisa membuat komponen-komponen listrik sangat rawan. Anda bisa melepas kabel aki sehingga bisa mengurangi risiko kehilangan daya atau rusak. Sewaktu Anda mencabut aki, terlebih dahulu lepaskan kabel negatif kemudian kabel positif. Nah, saat Anda memasangnya kembali justru sebaliknya pasang dahulu kabel positif baru kemudian negatif. (Baca juga: Jangan Sampai Telat dan Kena Denda! Sekarang Cek Pajak Kendaraan Bisa Online)

Cek Kondisi Rem

Problem yang sering dialami pada mobil ketika jarang digunakan adalah rem yang rusak. Sebaiknya Anda jangan biarkan kondisi rem tangan aktif terlalu lama saat mobil jarang digunakan. Hal ini bisa menyebabkan minyak pada piringan rem lengket dan menyebabkan kerusakan.

Parkir di Tempat yang Datar

Mobil yang jarang dipakai sebaiknya harus diparkir pada tempat yang datar. Jika kondisi parkiran kurang datar, Anda bisa mengakalinya dengan mengganjal ban mobil.

Jalankan Mobil Seminggu Sekali

Selain memanaskan mobil tipa hari, sebaiknya bawa jalan mobil setidaknya seminggu sekali. Sama halnya dengan manusia, sistem pengoperasian mobil juga perlu olahraga agar komponen-komponennya bergerak dengan baik dan oli tidak mengendap. Anda bisa bawa jalan mobil memutari komplek rumah, atau jalan-jalan dekat dengan tempat tinggal Anda. Ini akan membuat mesin mobil bisa bekerja dengan baik.

Comments are closed.