Merawat Power window dan Central Lock untuk Cegah Kerusakan

Mobil


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Power window dan central lock memang bukan komponen utama mobil. Tapi, kedua komponen ini memiliki fungsi penting. Maka dari itu, sudah seharunya kita merawat power window dan central lock sebelum mengalami kerusakan serius.

Power window dan central lock merupakan komponen ringan yang memiliki fungsi penting di dalam mobil. Kedua komponen ini pun termasuk dalam kategori free maintenance alias tidak termasuk dalam pengecekan dan perbaikan berkala pada saat servis mobil.

Tapi, semakin seringnya mobil digunakan, semakin besar pula kedua komponen ini mengalami kerusakan. Untuk bagian power window, masalah yang sering timbul adalah kaca mobil terlihat lambat saat naik dan turun. Sedangkan pada central lock, masalah yang lazim terjadi adalah rusaknya motor penggerak untuk mengunci pintu.

Memang kerusakannya tidak sebesar mesin dan komponen di dalamnya. Tapi, jika power window dan central lock mengalami kerusakan, tentu kenyamanan dan kemananan mobil kita dipertaruhkan. Terlebih untuk central lock, jika mengalami kerusakan, maka pintu mobil tidak bisa terkunci. Alhasil, mobil bisa dibuka oleh siapa saja.

Nah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan akibat rusaknya power window dan central lock, baiknya Anda mengetahui jenis-jenis kerusakan dan cara penanganannya.

Tahapan merawat power window dan central lock:

Mari kita mulai dari perawatan power window terlebih dulu!

  1. Periksa rel kaca pintu, terutama bagian karet penjepit kaca. Bila karet mengeras, Anda dapat mengatasinya dengan mengoleskan cairan silikon atau rubber treatment. Tapi, bila karet mengalami retakan, Anda harus menggantinya karena sudah tidak bisa diperbaiki lagi.
  2. Amati kondisi saat kaca naik dan turun. Jika kaca lambat saat naik, kemungkinan besar motor listrik pemutar engkol lemah. Sedangkan bila kaca lambat saat turun, penyebabnya adalah mekanisme gerigi dan rel kaca bagian dalam mengalami gangguan. Anda bisa meminta pihak bengkel untuk melakukan perbaikan.
  3. Jika terdengar suara berisik saat kaca dioperasikan, berarti gerigi dan mekanisme motor kurang pelumas. Anda dapat memberikan pelumasnya sendiri atau serahkan pada pihak bengkel untuk pengerjaan yang lebih optimal.

Tahapan kedua merawat power window dan central lock:

Nah, jika masalah pada power window sudah selesai, sekarang kita berpindah ke central lock. Masalah pada central lock hanya satu, yaitu tidak mau mengunci pintu. Lalu, bagaimana cara merawatnya agar tidak mudah rusak? Simak ya!

  1. Cek kondisi kawat pada sistem central lock. Jika kondisinya tidak lagi baik, sebaiknya diganti dengan yang baru.
  2. Hindari pintu dari benturan yang keras. Jadi, saat Anda membuka dan menutup pintu, pastikan menutupnya dengan baik dan benar tanpa bantingan atau benturan dengan benda lain.
  3. Jika sistem komputernya rusak, bawalah ke bengkel resmi untuk mendapatkan perbaikan, karena hal ini tidak bisa dilakukan sendiri.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Meski bukanlah komponen utama pada mobil, namun power window dan central lock harus dirawat dengan baik agar tidak mengalami kerusakan yang dapat merugikan Anda sendiri. Jangan lupa untuk rutin memeriksa jika ada masalah ringan yang terjadi pada kedua komponen tersebut.

Comments are closed.