Apa Saja Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak?

Asuransi MobilMobil

Mesin mobil mati mendadak terjadi karena kurangnya perawatan dan pengawasan dari pemilik mobil sendiri. Lakukan perawatan berkal jika tak ingin mengalami mesin mati saat berkendara.

Setiap orang menginginkan mobil dalam kondisi maksimal, seperti baru keluar dari diler. Namun, mobil baru sekalipun tetap punya risiko mesin bermasalah jika sebagai pemilik Anda tak bisa melakukan perawatan dengan benar.

Meskipun mobil baru, tetap butuh perawatan. Pengetahuan dasar mengenai mobil sangat penting untuk membantu mengatasi masalah mekanis yang sering mendera, salah satunya mesin mobil mati mendadak.

Jika mobil mengalami mesin mobil mati mendadak, artinya tingkat kerusakan sudah cukup parah. Anda harus sering-sering memeriksa kondisi oli, tekanan gas, dan air radiator untuk memastikan kondisi mobil tetap prima saat digunakan untuk perjalanan panjang.

Baca juga: Gejala Injeksi Mobil Rusak yang Perlu Diwaspadai

Selain perawatan rutin, tidak ada salahnya jika Anda pun melindungi kendaraan dengan asuransi mobil. Sebab, Anda atau siapa pun tidak ada yang tahu kapan risiko buruk itu datang. Alangkah baiknya jika Anda sudah menyiapkan perlindungan untuk mengatasi risiko buruk tersebut.

Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak

Selalu ada sebab di balik kondisi mesin mobil mati mendadak. Biasanya hal ini berkaitan dengan perawatan yang salah atau cara berkendara yang buruk. Beruntung pada mobil-mobil teranyar sekarang ini sudah tersedia lampu indikator yang memberi sinyal jika ada masalah pada mobil.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya jika Anda melakukan pengecekan manual untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, agar Anda bisa lebih mengahami mengenai penyebab mesin mobil mendadak mati berikut ini ulasan selengkapnya.

Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak

Pompa Bahan Bakar/Sistem Bahan Bakar yang salah

Sebuah pompa bahan bakar berfungsi memasok mesin dengan jumlah bahan bakar yang benar. Jika pompa bahan bakar tidak menyediakan jumlah bahan bakar yang tepat untuk mesin, maka mesin akan mati sepenuhnya. Berita buruknya adalah tidak ada jalan pintas untuk pompa bahan bakar yang rusak. Anda harus memperbaikinya atau membeli yang baru. Selain itu, mungkin saja filter bahan bakar dan bukan pompa bahan bakar yang rusak.

Filter bahan bakar adalah komponen kecil yang tugasnya hanya membersihkan bahan bakar yang masuk ke mesin. Jika filter bahan bakar tersumbat, bahan bakar yang masuk ke sistem tidak akan cukup dan mesin akan mati. Untungnya, cukup mudah bagi Anda untuk mengganti filter bahan bakar.

Hal ketiga dan terakhir yang bisa salah dengan sistem bahan bakar Anda adalah jalur pasokan bahan bakar bocor. Bensin atau solar dipindahkan ke mesin dari tangki bahan bakar melalui jalur suplai. Jika jalur pasokan putus atau tersumbat karena suatu alasan, mesin mobil Anda dapat mati sepenuhnya saat dikemudikan.

Baca juga: Ketahui Fungsi Utama dari Ban Mobil

Tangki Bahan Bakar Kosong

Jika Anda mengemudi tanpa memperhatikan pengukur bahan bakar, ada kemungkinan bahan bakar akan habis. Karena itu, biasakan untuk memeriksa pengukur bahan bakar Anda setidaknya sekali selama perjalanan. Namun, tetap lakukan pemeriksaan manual ya jika berencana melakukan perjalanan panjang. Sebab banyak kasus memperlihatkan alat pengukur bahan bakar tiba-tiba rusak sementara bahan bakar mulai menipis. Jika pengukur bahan bakar Anda menunjukkan Anda memiliki bahan bakar yang cukup namun mesin mobil mati mendadak segera bawa mobil ke bengkel.

Masalah Pada Alternator

Alternator bertanggung jawab untuk memasok listrik di kendaraan Anda. Jika mesin mobil mati mendadak, mungkin saja alternatornya rusak. Sebuah alternator yang salah akan memotong pasokan daya ke komponen-komponen mobil yang vital dan Anda akan melihat lampu mati di dasbor atau mesin tiba-tiba kehilangan daya.Untungnya, sebuah alternator sering menunjukkan gejala kerusakan sebelum akhirnya benar-benar rusak. Jika mobil Anda menerima catu daya yang terputus-putus, Anda harus memeriksa alternator. Alternator adalah komponen listrik dan mudah diperbaiki.

penyebab mesin mobil mati

ECU Salah

Mobil modern dilengkapi dengan ECU yang merupakan komputer kecil yang mengarahkan berbagai sistem dan fungsi mobil. Jika ada masalah dengan ECU mobil Anda, Anda dapat kehilangan daya di mobil Anda. Biasanya, masalah dengan ECU mobil ditunjukkan oleh Lampu Periksa Engine yang menyala di dasbor mobil Anda.

Setelah lampu ini menyala, tugas Anda adalah membawa kendaraan Anda ke mekanik terdekat dan mendapatkan perbaikan tepat. Jika Anda terus mengabaikan lampu Engine check, mobil Anda akan terus mengalami masalah, ECU Anda akan gagal dan mesin mobil mati mendadak. Lebih lanjut, ECU bukanlah komponen yang dapat Anda perbaiki sendiri. Anda perlu menyewa jasa mekanik profesional untuk mengatasi masalah ini.

Masalah dengan Sistem Pengapian

Sistem pengapian mobil memasok daya ke engine untuk dijalankan. Jika sistem memburuk, mesin mobil Anda akan berhenti tiba-tiba. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba memutar kunci mobil Anda lagi. Jika itu masih tidak menghidupkan mesin, maka Anda pasti mengalami kegagalan sistem pengapian.

Sistem pengapian mobil memilik komponen kecil seperti relay, yang berfungsimengendalikan jumlah listrik yang melewatinya. Anda dapat memoerbaiki kerusakan kecil pada relai sendiri, Anda hanya perlu tahu bagian mana yang mengalami kerusakan.

penyebab mesin mobil mati

Kerusakan Sensor Crankshaft

Masalah paling umum yang mendera mesin mobil adalah sensor  crankshaft yang rusak. Sensor crankshaft adalah bagian penting agar mesin mobil Anda dapat berjalan pada banyak model mobil. Pada beberapa model mobil, Anda juga memiliki sensor posisi camshaft, yang digunakan mobil jika sensor camshaft rusak.

Dalam hal ini, sensor posisi crankshaft yang rusak mungkin tidak menyebabkan mobil berhenti sepenuhnya. Namun, jika mobil Anda hanya dilengkapi dengan sensor posisi poros engkol dan Anda mendapatkan kode masalah pada sensor, Anda harus langsung menggantinya dengan yang baru.

Mesin Overheating

Mesin mobil panas juga bisa menjadi salah satu sebab mesin mati. Ada banyak factor yang membuat mesin overheating mulai dari radiator rusak hingga sistem pendingin yang bermasalah. Sebaiknya konsultasikan dengan mekanin jika mobil Anda mengalami gejala overheating.

Baca juga: Pertolongan Pertama Saat Terjadi Kecelakaan Mobil

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah beberapa sebab mesin mobil mati mendadak. Mempelajari hal dasar mengenai mobil penting untuk menjaga agar kondisi mobil tetap prima. Jangan lupa untuk melakukan rangkaian perawatan secara berkala agar mobil selalu dalam keadaan maksimal.

Comments are closed.