MG ZS: SUV China-Inggris Memiliki Fitur Canggihnya

Mobil

MG ZS merupakan SUV terbaru yang dikeluarkan China dengan berbagai macam keunggulan di kelasnya. Ingin tahu apa saja fitur canggih dari mobil ini?

Akhir-akhir ini tak jarang ditemukan mobil yang cukup asing di daerah Jakarta Selatan. Kehadirannya ini menjadi pesaing baru bagi Honda HR-V. MG atau Morris Garage, akan menjadi mobil asing baru yang masuk ke Indonesia di bawah bendera SAIC Motor Corporation Limited. MG ZS menjadi salah satu andalan pabrikan asal China ini.

Pada Motor Expo pada penyelenggaraan ke-36 kalinya, MG tampil total dengan menghadirkan produk unggulannya, seperti New MG 3, SUV New MG ZS, dan MG HS, double cabin MG Extender, van MG V80, sampai mobil listrik MG ZS EV. MG ZS diprediksi akan diperkenalkan sekitar kuartal pertama 2020 yang akan bersanding dengan kendaraan populer seperti Honda HR-V, Chevrolet, Trax, Terios, dan Toyota Crush.

Desain dan Dimensi MG ZS

dimensi MG ZS

Desain MG ZS ini memiliki wujud SUV kompak. Ukuran mobil unggulan MG inimemiliki panjang 4.314 mm dengan lebar 1.809 mm, dan tinggi 1.611 mm, serta jarak sumbu 2,585 mm. Tampilan MG SZ diakuii sebagai tampilan premium yang tampak depannya terlihat seperti Mazda CX-3 sebelum facelift dengan kisi-kisi jaring dibingkai kromium. Namun, mobil ini lebih kuat karakter petualangnya karena penyematan roof rail.

Mobil ini pun terlihat seperti VW Tiguan saat dilihat dari lekukan samping dan jika dilihat dari belakang lampu sepintas seperti identik dengan BMW. Sorotan matanya ini pakai LED yang dipertajam dengan adanya garis DRL (lampu siang hari). MG jenis ini disebut-sebut terlihat seperti CX-3 dilihat dari fascia-nya. Pada bagian samping, mobil ini tidak memiliki lekukan body yang ekstrim, tapi terdapat gap yang cukup jauh antara lingkar fender dan bannya. MObil ini memiliki jarak terendah ke tanah dengan ukuran 165 mm dengan ukuran velg sekitar 16-17 inci tergantung varian. Pada bagian belakang, mobil ini memiliki bentuk yang mengingatkan dengan buritan Hyundai Tucson.

Baca Juga: Nissan GT-R, Mobil Sport Berbalut Kemewahan

Bagian sampingnya, calon rival Honda HR-V ini tampak memiliki body-cladding dengan warna hitam, juga terpasang velg 5-spoke dual-tone dan aksen krom di side-skirt dan jendelanya. Kesan modern ditampilkan di bagian belakang mobil ini dengan aksen silver di bumper belakang, tepat di bawah reflektornya. Mobil ini dilengkapi juga dengan stoplamp minimalis and roof-spoiler. Kesan SUV diperkuat dengan  roof-rack di atap dan skid-plate silver pada bagian depan dan belakangnya.

Engine ZS

spesifikasi MG ZS

Kembali pada bonnet ZS yang lama, di sanalah mesin 1.498 cc DOHC 4-silinder VTi-Tech yang tertanam dengan potensi menjanjikan tenaga 112 dk di 6.000 rpm dan torsi maksimum 150 Nm di 4.500 rpm. Tipe ZS Luxury sendiri memiliki output yang terlihat, seperti HR-V yang mengeluarkan 118 Tk dan 145 Nm disempurnakan dengan transmisi otomatik 4-percepatan. Performa tersebut disalurkan ke sepasang roda depan melalui transmisi otomatis CVT 6-speed. Anda dapat mengganti mode manual dan perpindahan giginya dioperasikan melalui paddle-shift. Seperti dikemukakan dalam situs resmi MG Inggris, Tipe ZS diklaim memiliki efisiensi bahan bakar 14,7 km/liter. Mobil ini memiliki figur akselerasi 0-100 mencapai 10,9 detik dengan kecepatan maksimum 175 km/jam.

Baca Juga: Corolla Altis Hybrid, Mobil Sporty Berkabin Mewah

Kabin

Pada bagian kabin, Anda akan disuguhi dengan tampilan yang seperti mobil khas Eropa. Jok yang berjumlah lima, setir dan door trim ini dibalut dengan material kulit sintetis. Kesan mewah dan kokoh terlihat dari bagian ini membuat mobil ini tak terlihat murahan. Seperti pada mobil Mercedes-Benz, tersedia tombol start dan stop di sebelah kiri setir, layar MID semi digital, dan bentuk ventilasi AC bulat. Panoramic sunroof pada mobil ini menjadi nilai lebih dibandingkan rival yang tak memilikinya. Bagi yang senang mendengarkan musik, mobil ini menyediakan sistem infotainment Apple CarPlay layar sentuh 8 inci. Pada bagian peranti audionya memakai Yamaha 3D sound field yang dapat memanjakan telinga dengan detail rentang suara. Di luar negeri sendiri biasanya dibekali dengan sistem i-Smart. Mobil ini memiliki 3 varian yang digunakan, C, D, dan X. Untuk tipe tertingginya adalah tipe X yang memiliki pengaturan jok 6 arah, cruise control, keyless, hingga fungsi perintah suara yang disebut i-Smart tadi atau Intelligent Commanding System. Fitur tersebut adalah voice command yang memungkinkan penggunanya mengoperasikan layar tanpa perlu menyentuhnya dan hanya melalui perintah suara. Pada bagian setir terdapat beberapa aksen silver, instrumen panel, konsol tengah, serta door-trim yang menambah kesan modern.

Fitur Keamanan

MG menyediakan 6 airbag atau kantung udara, sistem rem ABS plus electronic brake force distribution. Emergency Brake Assist (EBA), Electronic Stability Program (ESP), dan Active Cornering Brake Control (CBC). MG seri satu ini dilengkapi pula dengan perlindungan side impact absorbent door padding (depan), pretension and load-limiting front seat belts, seat belt warning indicator lights, rear seat all with -point seat belt, juga Hill launch assist.

Tidak hanya bagi orang dewasa saja, Seri ZS mendesain mobil ini dengan keamanan bagi anak-anak juga seperti rear seat child restraint anchorage points, automatic door unlocking in accident.

Baca Juga: Maserati Indonesia, Deretan Mobil Terlaris dan Termahalnya

Market

mesin MG ZS

Pabrikan MG dipegang kendalinya oleh SAIC yang juga membawahi SGMW (Wuling Indonesia). Mitra aliansi, General Motors yang menaungi chevrolet akan undur diri pada bulan maret 2020 ini. Seperti ketidaksengajaan, dengan adanya peluncuran mobil baru ini, seakan menjadi subtitusi hengkangnya General Motors atau GM. Hal itu membuat sebuah celah untuk digarap. Melihat segmentasi produk, mobil ini sesuai dengan kaum urvan yang senang dengan mobil kompak, serta kaula muda yang ingin memiliki mobil premium, stylist atau penuh gaya, namun harga ramah kantong. Melihat spesifikasinya ini tak diragukan lagi untuk menjadi pengganti Chevrolet Trax. Selama 3 tahun terakhir, pabrikan MG berhasil melampaui 36 negara di empat benua. Sementara penjualannya sudah mencapai 600.000 unit. Mobil ini menjadi salah satu mobil dengan penjualan terpanas. MG tersalurkan sebanyak 250.000 kendaraan di seluruh dunia, dan menjadi peringkat ketiga di Cina. Wajar saja jika MG hendak penetrasi pasar Indonesia dengan ZS dahulu. MG seri ZS dengan tipe C menjadi varian terendah dengan harga Rp 314,3 juta, tipe D sebesar Rp 337,4 juta, dan tipe X Rp 365,2 juta.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.