Mobil Balap Tercepat di Dunia Saat Ini, Mana Favorit Anda?

Mobil

Mobil balap umumnya digunakan pada ajang balapan dan berada di dalam sirkuit. Tapi, nyatanya mobil tersebut dapat dijumpai di jalan raya.

Bagi Anda yang memiliki kecintaan pada dunia otomotif khususnya mobil, tentu Anda tahu bahwa sekarang ini sudah banyak sekali mobil yang memiliki kecepatan tinggi. Bahkan, mobil tersebut bisa disandingkan dan seringkali dijadikan mobil balap pada ajang balapan kelas dunia.

Tentu, mesin yang disematkan pada mobil tersebut bukanlah mesin yang biasa dijumpai pada mobil umumnya. Selain itu, bodi mobil pun dibuat seringan mungkin agar mobil dapat melaju semaksimal mungkin melawan tekanan udara dari luar.

Penasaran mobil apa saja yang pantas dianggap sebagai mobil balap tercepat di dunia saat ini? Mari kita lihat satu per satu di bawah ini!

Baca juga: Mengenal Balap Mobil Drag Race di Indonesia

Daftar Mobil Balap Tercepat di Dunia Saat Ini

Chevrolet Camaro ZL1

Mobil sport asal Amerika Serikat ini sangat cocok dijadikan sebagai mobil balap. Spesifikasi mesinnya sudah sangat mendukung agar Chevrolet Camaro ZL1 bisa berlari cepat. Terbukti Chevrolet Camaro ZL1 ini bisa berlari dari 0 sampai 60 mph dalam waktu 3.5 detik. Sedangkan untuk dapur pacunya menggunakan mesin Supercharger 6.2 Liter V8 dengan tenaga mencapai 650 Horsepower serta torsi 650 lbs-ft.

Lamborghini Huracán Super Trofeo Evo

Inilah salah satu mobil balap tercepat di dunia. Mobil Lamborghini ini ditenagai mesin V10 dengan kubikasi 5204cc yang bisa mengeluarkan tenaga mencapai 620 CV pada 8.250 rpm dan torsi 570 Nm pada 6.500 rpm. Lamborghini Huracán Super Trofeo Evo memang dirancang sebagai mobil balap, terbukti dengan setir kemudi canggih yang dilengkapi beragam indikator.

Aston Martin Vantage GTE

Mobil buatan Aston Martin ini menggunakan mesin Mercedes-AMG 4.0-liter turbocharged V8 yang membuatnya bisa berlari sangat cepat. Aston Martin Vantage GTE pertama kali diperkenalkan pada 2008 dan mulai diproduksi pada Februari 2016. Sampai sekarang mobil ini tetap terlihat keren dan dapur pacunya tetap mampu menandingi lawan-lawannya.

BMW M8 GTE

BMW melengkapinya dengan spesifikasi mobil balap yang menggunakan mesin V8 TwinTurbo dan transmisi Ricardo 6-speed sequential semi-automatic dengan paddle shift. Tenaga yang dikeluarkan mesin balap tersebut mencapai 500 Horsepower pada 7.000 rpm. Kemampuan akselerasinya sangat memukau, karena didukung dengan bodi ringan yang memiliki bobot 1.250 kg.

McLaren 650S GT3

Sebagai salah satu langganan juara F1, McLaren memiliki kemampuan merancang mobil berkecepatan tinggi, salah satunya adalah McLaren 650S GT3. Mobil McLaren ini ditenagai mesin 3.8-litre M838T V8 twin turbo dan menggunakan sistem transmisi six-speed sequential motorsport yang membuat performanya semakin meningkat. Desain McLaren 650S GT3 ini juga sangat sporty dan bisa bersaing melawan mobil buatan Ferrari, Lamborghini, dan beragam merek besar lainnya.

Baca juga: Kenali Istilah yang Sering Muncul di Kompetisi Balap Mobil!

Ford GT ’67 Heritage Edition

Sesuai namanya, mobil buatan Ford ini dibangun untuk memperingati kemenangan Ford di ajang balapan 24 Hours of Le Mans pada 1967. Menariknya, Ford GT ’67 Heritage Edition telah dibalut material carbon dan memiliki velg 20 inci dan kaliper brembo berwarna merah. Desainnya sangat sporty dan memiliki dapur pacu berforma tinggi.

Ferrari 488 Challenge

Dapur pacu mobil Ferrari ini menggunakan mesin V8 90° yang dilengkapi Turbo. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut mencapai 493 kW pada 8.000 rpm dan torsi 561 lb.ft pada 3.000 rpm. Performa yang cepat diimbangi dengan bodi aerodinamis yang membuat kestabilkan semakin meningkat. Spesifikasi mesinnya dikhususkan untuk mengikuti balapan mobil dan memiliki fitur F1 DCT transmission yang biasanya dijumpai pada mobil F1 milik Ferrari.

Honda NSX GT3

Mobil Honda ini ditenagai mesin berkubikasi 3.500cc dengan konfigurasi V6 dan dilengkapi Twin Turbo yang notabennya bisa kita jumpai pada Honda NSX produksi massal. Bedanya, mobil ini telah dilengkapi transmisi khusus untuk balap yang menggunakan gearbox enam percepatan sekuensial yang akan mengalirkan tenaga dan torsi kepada roda belakang. Kabarnya, harga Honda NSX GT3 mencapai USD543.000 atau apabila dirupiahkan melebihi Rp7 miliar.

Devel Sixteen

Akhirnya mobil Buggati Chiron tumbang sebagai mobil tercepat di dunia setelah hadirnya mobil balap asal Dubai bernama Devel Sixteen. Mobil ini mengusung mesin Quad Turbo 12.3 Liter V16 yang membuatnya bisa mengeluarkan tenaga mencapai 5007 Horsepower. Mobil ini bagaikan sebuah monster yang siap berlari sangat cepat melahap jalanan beraspal.

Porsche 911 GT3 Cup

Spesifikasi mobil Porsche ini menggunakan mesin 3.8 Liter 6 silinder yang membuatnya bisa mengeluarkan tenaga sebesar 460 Horsepower. Selain itu, tersedia pula komponen elektronik yang didukung oleh Bosch MS4.6. Sebagai salah satu mobil tercepat, Porsche 911 GT3 Cup memiliki desain aerodinamis yang dirancang agar aliran udara bisa mengalir sempurna tanpa mengganggu kestabilan saat balapan. Ciri khas mobil Porsche yang menggunakan lampu berbentuk oval juga terlihat pada bagian depan Porsche 911 GT3 Cup.

Lexus LC Super GT

Mobil rilisan Lexus ini dirancang oleh TRD Japan dengan menggunakan mesin 2 Liter Turbocharged dan transmisi 6 percepatan dengan sequential gearbox. Lexus LC Super GT menggunakan sistem penggerak roda belakang, sehingga membuat tenaga teralir sempurna. Desainnya sangat sporty dan kabarnya mobil ini dipersiapkan untuk mengikuti ajang Super GT yang berlangsung di Jepang.

Baca juga: 10 Mobil Kecil yang Cocok untuk Keluarga Anda

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Ferrari FXX-K Evo

Mobil selanjutnya adalah LaFerrari FXXK Evo. Supercar Hybrid ini mengusung mesin 6.262cc bertenaga 847 Horsepower dengan konfigurasi mesin V12 dan dilengkapi motor electric bertenaga 187 Hp. Jadi, apabila ditotal, tenaga mobil Ferrari ini mencapai 1.035 Hp. Kemudian untuk torsi maksimumnya mencapai 900 Nm yang membuat kemampuan akselerasinya sangat mengagumkan.

Bentley Continental GT3 Racer

Bentley biasanya identik dengan mobil mewah. Namun mereka memiliki mobil berkecapatan tinggi bernama Continental GT3 yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013. Mobil satu ini siap terjun ke sirkuit pada ajang Blancpain GT Series Endurance Cup di Monza Italia pada bulan April mendatang. Berbekal spesifikasi monster yang dimilikinya, tentu Bentley Continental GT3 Racer akan mampu memperpecundangi lawan-lawannya.

Terlihat jelas, dari bentuknya saja mobil ini bukanlah mobil biasa, melainkan mobil balap yang memiliki kecepatan sangat tinggi. Di antara mobil-mobil yang disebutkan di atas, mana yang jadi favorit Anda?

Comments are closed.