Hai Pencari Mobil Diesel! Ini dia Mobil Bekas di Bawah 100 Juta

Mobil

 Mobil bekas di bawah 100 juta bertenaga diesel terus jadi buruan karena unggul dalam hal bahan bakar yang irit, perawatan yang mudah dan harga jual kembali yang tergolong stabil.

Masyarakat masih menganggap mobil sebagai sebuah kebanggaan, simbol kesejahteraan. Tak heran jika mobil menjadi salah goal para pekerja muda. Jika tidak mampu membeli mobil baru, mobil bekaspun jadi pilihan. Mobil bekas di bawah 100 juta biasanya menjadi buruan.

Dipasar otomotif tanah air sendiri banyak merek kenamaan yang masuk kategori murah tersebut, mulai dari kelas citi car hingga MPV. Selain harga rendah, rata-rata pembeli juga mempertimbangkan konsumsi bahan bakar mobil.

Baca juga: Jangan Asal Pilih Asuransi Mobil. Ketahui Jenisnya

Mobil bekas dibawa 100 juta dan paling irit selalu jadi incaran. Karena itu perihal bahan bakar tak bisa disepelekan. Mobil diesel bekas akhirnya menjadi alternatif lain ketika pembeli menginginkan kendaraan roda empat bekas dengan harga yang murah sekaligus irit bahan bakar.

Meksipun Anda membeli mobil bekas, bukan berarti terhidar dari berbagai risiko. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda melengkapinya dengan perlindungan dari asuransi mobil. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika terjadi risiko yang tidak diinginkan.

Alternatif Mobil Diesel Bekas di bawah 100 juta

mobil diesel irit

Umumnya tenaga diesel digunakan untuk kendaraan besar seperti bus dan truck. Tetapi seiring dengan kemajuan teknologi, lambat laun banyak produsen mobil melahirkan produk mobil berkapasitas kecil yang menggunakan tenaga diesel.

Ada banyak keunggulan mobil yang operasionalnya menggunakan mesin diesel, berikut diantaranya:

Konsumsi Bahan Bakar yang Lebih Irit

Rata-rata, mesin diesel lebih efisien bahan bakar daripada kendaraan berbahan bakar bensin karena mesin diesel menghasilkan lebih banyak daya dari konsumsi bahan bakar lebih sedikit karena kompresi yang lebih tinggi. Dengan penambahan sistem injeksi bahan bakar tekanan tinggi penghematan bahan bakar yang lebih baik dapat dilakukan. Terlebih lagi, mobil dengan mesin diesel biasanya sudah dilengkapi dengan mesin turbocharger

Perawatan Lebih Rendah

Meskipun masih merupakan mesin pembakaran internal, pembangkit listrik diesel bekerja sangat berbeda dari mesin bensin, sehingga mengurangi perawatan dan menambah masa pakai. Selain itu interval perawatannya juga cenderung lebih lama dibanding jenis mesin lain

Baca juga: Tips Mendiagnosa Kerusakan Ecu Mobil

Resiko Kebakaran Lebih Rendah

Pada mesin diesel peluang bahan bakar menyala ketika kecelakaan terjadi lebih rendah. Tapi  bukan berarti 100% aman, karena mesin tetap dapat terbakar jika ada percikan api.

Torsi Lebih Besar

Desain mesin diesel, khususnya pembakaran bahan bakarnya yang lambat dan kompresi yang tinggi, menghasilkan torsi yang lebih besar daripada mesin lainnya. Torsi ini berkaitan dengan kemampuan untuk menarik beban dan mempercepat laju. Torsi ekstra inilah yang menyebabkan truk dan kendaraan semi besar memilih menggunakan mesin diesel.

Deretan Mobil Diesel Bekas Murah 

Setelah mengetahi keunggulan mesin diesel, tentu Anda tertarik memilikinya di garasi rumah bukan? Berikut ada beberapa pilihan mobil bekas di bawah Rp 100 Juta yang menggunakan mesin diesel.

Ford Everest

Chevrolet Captiva Mobil Bekas di Bawah 100 Juta

Buat penggemar mobil SUV yang menginginkan tenaga mobilnya menggunakan diesel Ford Everest layak dipertimbangkan. Meski namanya sudah tak sepopuler sepeti awal kemunculannya pada 2003 silam, namun untuk daya tahannya jangan ditanya. Saking kuatnya mobil petulangan ini bahkan sampai dijuluki “mobil pekerja”.

Ford Everest mampu bertahan di berbagai medan terjal dan buruk, namun minim perawatan. Mobil berkapasitas 5 hingga 7 penumpang ini masih terus mengeluarkan varian baru, termasuk pada 2020 ini yang dibanderol sekitar 400 jutaan. Mungkin sulit menemukan Ford secon dengan harga di bawah 100 juta. Tapi yang pasti carilah yang diproduksi antara kurun 2003-2005 yang biasa dibanderol diangka Rp 90 jutaan.

Isuzu Panther

Isuzu Panther sudah sejak lama dikenal sebagai mobil bertenaga diesel yang amat irit bahan bakar tapi tetap tangguh di medan terjal sekalipun. Perawatannya juga sangat mudah, tidak seperti mobil diesel berteknologi moderen. Tidak heran kalau harga jual kembali tunggangan yang satu ini terbilang stabil.

Namun tidak semua Isuzu Panther bekas masuk dalam kategori mobil bekas yang harganya tak sampai 100 juta. Sebab faktanya masih banyak mobil Jepang ini dijual diatas 100 juta. Jika berminat memiliki Isuzu Panther dengan harga miring cobalah cari bekas produksi antara tahun 2000-2004. Biasanya banderol harganya berada dikisaran Rp 70-90 jutaan.

Toyota Kijang Kapsul

Pertama kali mengaspal di Indonesia pada 1977 lewat Kijang Biaya yang punya bentuk kotak. Dijuluki “Buaya” karean tutup kap mesin mobil ini dapat dibuka hingga ke bagian samping body. Di era tahun 70-an Kijang adalah rajanya MPV.

Kijang selalu dicintai masyarakat Indonesia karena desainnya yang dianggap sangat bersahabat dengan keluarga. Harga jual kembali mobil ini juga relatif tinggi, sehingga cukup sulit menemukan kijang dalam jajaran mobil murah di bawah 100 juta. Jika Anda menginginkan Toyota Kijang Kapsul dengan harga murah, carilah yang diproduksi antara tahun 1998 – 2000. Modil Toyota bermesin diesel produksi akhir 90an umumnya di banderol mulai dari Rp 75 jutaan.

Daihatsu Taft GT

Daihatsu Taft ini tergolong mobil lawas yang masih populer hingga saat ini. Tidak jarang kendaraan yang satu ini terlihat aktif dijalanan kota-kota besar. Pada awal kemunculannya Daihatsu Taft diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia dengan konsumen petualang yang senang menjelajah medan berat.

Perawatannya yang minim dan daya tahan tinggi membuat harga jual kembalinya stabil. Jadi jangan heran jika cukup sulit menemukan Taft dalam deretan mobil murah dengan harga di bawah 100 Juta. Kecuali Anda bisa menemukan mobil ini yang diproduksi antara 1985-1986, biasanya Daihatsu Taft yang lahir di rentang tahun tersebut dapat dibeli mulai dari Rp 60 jutaan.

Chevrolet Captiva

chevy captiva diesel bekas

Mobil diesel pabrikan Amerika ini pertama kali mengaspal pada 2007 silam, dengan menawarkan  2.4L bermesin bensin dengan transmisi otomatis, yang kemudian disusul oleh saudaranya dengan transmisi manual. Karena hadir dipertengahan 2000an tidak heran jika mobil ini dibekali dengan fitur futuristik.

Fitur tersebut diantaranya Automatic Climate Control (ACC), pengatur temperatur kabin, dan aliran udara otomatis. Selain itu mobil ini juga dinelai dengan sistem AC Anti-Pollution Sensor (APS) sehingga kebersihan udara didalam kabin tetap terjaga segar.  Anda masih bisa mendapatkan tunggangan ini di bawah Rp 100 juta khusus untuk Captiva produksi antara tahun 2007-2010.

Baca juga: Honda WR-V, SUV Idola Kaum Muda

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah beberapa pilihan mobil bekas bertenaga diesel di bawah Rp 100 jutaan. Ketika memilih salah satunya upayakan untuk membawa ahli mesin. Karena tergolong mobil lawas bukan tidak mungkin ada kerusakan minor yang luput dari perhatian Anda, dan hanya seorang ahli yang dapat memeriksanya.

Comments are closed.