Mobil Buatan Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri

Mobil

Jika Anda menyadari, ada banyak mobil buatan Indonesia yang laris, terkenal, dan tidak kalah baiknya dari produksi luar negeri. Apa saja itu?

Indonesia merupakan salah satu negara produsen mobil utama di Asia Tenggara dengan jumlah produksi terbesar ke-2 di wilayah ini. Mobil-mobil yang dibuat, tidak hanya dipasarkan di Indonesia, tetapi juga diekspor ke beberapa negara lain. Namun, mobil berjenis MPV dan SUV yang paling mendominasi di tahun lalu. Sejauh ini mungkin masih banyak dari masyarakat Indonesia yang masih belum memahami bahwa Indonesia adalah salah satu produsen utama kendaraan roda empat di Asia Tenggara. Di kawasan ini, Indonesia berada di bawah Thailand, yang telah lama di juluki sebagai Detroit-nya Asia Tenggara. Detroit sendiri adalah kawasan industri otomotif utama Amerika Serikat.

Mobil yang diproduksi di Indonesia tak hanya dijual di dalam negeri. Pabrikan otomotif yang punya pabrik di Indonesia juga mengekspor mobil-mobilnya ke berbagai negara di seluruh dunia. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor Indonesia sepanjang 2018 tercatat sebanyak 264.553 unit.

Beberapa pabrikan mengekspor mobil buatan Indonesia dalam bentuk utuh (completely built-up, CBU). CBU artinya sudah diproduksi dalam bentuk unit mobil utuh. Mengutip data ekspor CBU yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), mobil yang diekspor ke luar negeri terbilang bervariasi. Ada model sport (sport utility vehicle, SUV), serbaguna (multipurpose vehicle, MPV), hingga pikap. Namun, ada juga yang mengekspor dalam bentuk terurai dan ekspor komponennya saja. Setidaknya ada enam pabrikan yang aktif mengekspor kendaraannya dari Indonesia ke luar negeri. Di antaranya yakni Daihatsu, Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Hyundai, dan Hino.

Baca juga: Apa Saja Brand Mobil Pertama di Indonesia, Mau Tahu?

[the_ad id=”41008″]

Berdasarkan data yang dilansir dari Detik Oto, berikut ini daftar mobil buatan Indonesia yang paling laris di luar negeri.

  1. Fortuner: 3.911 unit.
  2. Avanza: 3.389 unit.
  3. Rush: 2.953 unit.
  4. Wigo (Agya): 1.643 unit.
  5. Vios: 1.604.
  6. Town Ace (Gran Max): 1.374 unit.
  7. Sienta: 1.031 unit.
  8. Innova: 543 unit.
  9. APV Pick-up: 542 unit.
  10. Lite Ace (Gran Max): 454 unit.

Selain mobil buatan Indonesia yang laris di luar negeri, ada beberapa daftar mobil Indonesia juga yang tidak kalah canggih dari mobil buatan luar negeri. Apa saja daftarnya? Berikut ini ulasannya.

Daftar Mobil Buatan Indonesia

Mahesa

Mobil pedesaan asal Klaten, Jawa Tengah, yang digagas oleh Sukiyat sempat heboh beberapa waktu belakangan ini. Mobil yang diberi nama Mahesa ini adalah mobil buatan asli Indonesia yang memiliki fungsi sebagai moda transportasi untuk memudahkan aktivitas pertanian yang dibanderol seharga Rp50 jutaan.

Nama Mahesa sendiri memiliki arti yang mendalam, yaitu dalam bahasa Jawa kuno adalah kerbau. Kerbau dalam pertanian sangat penting dalam membajak sawah. Mobil Mahesa memiliki tiga varian, yakni double cabin warna kuning yang dipatok Rp70 juta, pick up kelir merah Rp60 juta dan kendaraan alat pertanian warna putih Rp50 juta. Menariknya, mobil Mahesa ini bisa dihubungkan dengan alat pertanian lain karena di bagian belakang mempunyai power take off (PTO) yang dapat disambungkan ke peralatan mesin untuk membantu petani.

SV-1

Mobil buatan Indonesia berikutnya yang memiliki desain menawan, sporty, dan futuristik adalah SV-1. Hasil kerja sama coachbuilder Signal Kustom dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini juga hadir dengan motor listrik ramah lingkungan.

Meski ramah lingkungan, motor listrik SV-1 ini masih bisa diajak lari dengan kecepatan maksimal yang diklaim dapat menyentuh angka 150 km/jam. Desain SV-1 ini terbukti jempolan, karena sukses memenangkan salah satu kontes modifikasi terbesar di Indonesia.

Pindad Piev

Mobil nasional yang hadir dengan desain tak kalah dari pabrikan dunia berasal dari Pindad. Mobil bernama Pindad Piev ini mengusung konsep mobil listrik ramah lingkungan namun tetap miliki kesan sporty. Mobil Hacthback dua pintu ini mengusung mesin listrik dengan tenaga maksimal mencapai 25KW yang mampu menghasilkan torsi maksimal hingga menyentuhkan angka 40Nm.

Mobil yang masih dalam tahap pengembangan ini diklaim mampu lari hingga kecepatan 80km/jam dengan jarak tempuh maksimal 80 km untuk sekali isi daya baterai.

Baca juga: Ini dia Pilihan Mobil Diesel Paling Murah dan Terbaik

[the_ad id=”41040″]

Mobil Listrik Ezzy II

Mobil listrik Ezzy II buatan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggunakan tenaga baterai sebesar 20 kwh dengan kemampuan jarak tempuh 130 km. Selain itu, mobil ini bisa melaju dengan kecepatan maksimum 180 km per jam dengan pendistribusian berat yang jauh lebih stabil.

[the_ad id=”41044″]

Mobil Esemka

Esemka merupakan salah satu mobil buatan Indonesia yang sudah lama dinanti-nanti. Dilansir dari viva.co.id yang sebelumnya melansir laman resmi Kemndagri, Senin 6 Mei 2019, daftar tersebut berisi mengenai mobil-mobil yang sudah diizinkan untuk dijual secara nasional. Dalam daftar, tercantum nama Esemka Garuda 1 2.0 M/T. Kode yang mirip seperti itu, juga pernah muncul dalam daftar uji tipe Esemka di Kementerian Perhubungan. Garuda 1 menjadi salah satu model yang sudah lolos uji tipe.

Pada laman Kemendagri, merek yang digadang-gadang sebagai mobil nasional itu mencantumkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor untuk Garuda 1 sebesar Rp209 juta. Angka tersebut mirip dengan NJKB milik Toyota Rush tipe S transmisi manual. Artinya, ada kemungkinan harga jualnya tidak jauh berbeda.

Itulah penjelasan tentang mobil buatan Indonesia, baik diproduksi dan dipasarkan ke luar negeri hingga beberapa mobil Indonesia yang memiliki kualitas seperti negara buatan luar negeri. Jadi, yuk cintai dan bangga terhadap produk dalam negeri. Agar pabrikan-pabrikan mobil asal Indonesia bisa makin dikenal namanya di seluruh dunia.

Comments are closed.