Ketahui Beberapa Mobil Dinas Para Pemimpin Dunia!

Mobil

Spesifikasi dan kelebihan dari setiap mobil dinas yang dipakai di berbagai Negara memang berbeda-beda. Ingin tahu mobil tipe apa saja yang dipakai oleh pemimpin negara-negara di dunia?

Kebutuhan akan mobil dinas pada setiap Negara memang diperlukan demi menunjang mobilitas kegiatan kenegaraan. Tentu, spesifikasi dan jenis kelebihan yang diperlukan berbeda-beda bagi setiap Negara. Walau fungsinya yang relatif sama, namun kemewahan mobil kedinasan yang dipakai bisa jadi sebagai identitas dari Negara itu sendiri.

Bagi Anda yang ingin tahu mobil mewah apa saja yang dipakai sebagai mobil kepresidenan di dunia, berikut pemaparnnya.

Mobil Dinas Berbagai Presiden di Dunia

Aurus Senat (Rusia)

mobil dinas presiden rusia

Limusin Aurus Senat merupakan mobil produksi lokal (Rusia) yang dikembangkan oleh Central Scientific Research Automobile and Automotive Engines Institute (NAMI) di Moskow. Untuk harga, mobil dengan mesin V8 4,4 liter ini ditaksir Rp2,28 miliar.

Aurus Senat sendiri tidak dibuat di atas banyak platform, melainkan hanya memakai basis tunggal yang bisa dikembangkan menjadi banyak model, seperti sedan, limusin, minivan, hingga mobil sport. Mobil ini pertama kali digunakan dalam pelantikan Presiden Rusia, Vladimir Putin pada Mei 2018, sebelum mejeng di Moscow International Auto Saloon pada 29 Agustus 2018.

Baca Juga: Penuh Kontroversi, Inilah Fakta di Balik Mobil Esemka!

Mobil lapis baja ini kemudian pertama kali diperkenalkan ke publik luas pada bulan September 2018. Aurus Senat sendiri kabarnya akan diekspor ke beberapa negara di Eropa. Mulai dari kelas Sedan hingga limusin mewah kabarnya tengah dalam proses penyelesaian sertifikasi masuk ke benua biru.

Hongqi L5 (Cina)

Hongqi L5 dikenal sebagai mobil super mewah yang mahal. Tak heran jika Hongqi L5 digunakan sebagai mobil dinas presiden Xi Jin Ping. Merek Hongqi sendiri sudah menjadi kendaraan dinas presiden China sejak tahun 1960-an.

Adapun harga mobil dengan bobot besar ini dibanderol sekitar Rp11 miliar lebih. Dengan harga selangit itu, Hongqi L5 memang diciptakan sebagai limusin mewah dengan perpaduan sempurna antara tradisi dan modernitas. Adapun ciri khas yang menonjol dari mobil ini adalah kehadiran batu giok di setiap gagang pintunya.

Cadillac One (Amerika Serikat)

 

Amerika Serikat diketahui menggunakan limusin Cadillac One atau yang dikenal dengan julukan The Beast untuk mobil dinas kepresidenan. Limusin lapis baja ini diklaim memiliki tingkat keamanan dengan sistem ofensif dan defensif sesuai standar pasukan pengamanan presiden Amerika Serikat, Secret Service.

Peralatan di dalam mobil ini konon sangat canggih. Cadillac One sendiri diketahui berbobot 8 ton dengan bodi dan kaca anti peluru. Mobil ini diklaim tahan dari serangan roket dan senjata kimia. Bahkan, mobil ini memiliki sistem anti kebakaran yang juga tersemat pada mobil balap seperti formula one. Adapun harga mobil yang kerap ditunggangi Donald Trumph ini ditaksir mencapai 1,2 juta poundsterling atau setara Rp23 miliar.

Jaguar XJ Sentinel (Inggris)

Perdana Menteri Inggris diketahui menggunakan Jaguar XJ Sentinel sebagai kendaran dinas. Mobil ini memang sudah dilengkapi dengan lapisan anti-peluru karena bodi mobil terbuat dari kerangka baja kuat. Selain itu, Jaguar XJ Sentinel juga memiliki fitur pijat di dalam mobil.

Adapun harga mobil dengan mesin supercharged 5.0 liter V-8 ini ditaksir berada pada kisaran Rp6,48 miliar.

Toyota Century Royal (Jepang)

Para Perdana Menteri Jepang kabarnya menggunakan Toyota Century Royal untuk aktivitas sehari-hari. Toyota Century diketahui memulai debutnya pada 1967. Varian Century sendiri memang dikenal sebagai pilihan kendaraan favorit kelas atas di Jepang.

Tak heran jika para petinggi negara mereka, tak terkecuali Perdana Menteri Jepang memilih Toyota Century Royal sebagai kendaraan operasionalnya. Adapun harganya, mobil ini ditaksir Rp1,2 miliar.

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard (India)

Selama perjalanan kedinasannya, presiden India menaikki Mercedes S600 Pullman Guard. Mobil ini juga menjadi pilihan beberapa kepala negara. Mobil yang sama juga ditumpangi oleh Raja Arab Saudi saat berkunjung ke Indonesia. Mobil tersebut dibanderol dengan harga US$ 180.000 atau setara dengan Rp2,48 miliar.

Baca Juga: Ini Mobil Presiden Indonesia dari Era Soekarno Hingga Joko Widodo

Mercedes-Benz S600L (Jerman)

Jerman sudah identik dengan deretan mobil-mobil premiumnya, namun yang cukup terkenal untuk dijadikan mobil presiden adalah Mercedes-Benz. Sudah bertahun-tahun para pemimpin Jerman mulai dari kanselir hingga politisi menggunakan Mercedes-Benz S Class. Yang paling populer adalah varian Mercedes 300 ‘Adenauer’ dan versi yang dimelarkan ‘Pullman’. Mobil kedinasan kanselir ini memiliki harga US$ 174.890 atau Rp2,41 miliar.

New Peugeot 5008 (Prancis)

mobil dinas presiden prancis

New Peugeot 5008 dipilih menjadi mobil kedinasan Presiden Prancis, Emanuel Macron. Mobil ini kabarnya sudah mendapat sentuhan khusus standar pengamanan Presiden di Prancis, yakni Centigon Security Group untuk memberikan modifikasi khusus untuk New Peugeot 5008 ini.

Selain telah diubah menggunakan lapisan baja dengan anti pelurunya, SUV tujuh kursi ini diubah ala limosin. Lalu ada juga perangkat komunikasi khusus, penyaringan udara, lampu, tempat dokumen penting, serta sirine darurat. Untuk harga umumnya, mobil ini terbilang murah, yakni berkisar Rp800 sampai Rp900 jutaan.

Mercedes-Benz W221 (Filipina)

Presiden Filipina bisa aman dan nyaman ketika bepergian menggunakan Mercedes-Benz W221. Mobil itu sudah dilengkapi dengan lapisan anti-peluru seperti halnya mobil kepresidenan keluaran Mercedes-Benz. Mercedes-Benz W221 ini identik sebagai mobil dengan desain yang nyaman untuk para penumpangnya. Berkat fitur yang melimpah tak heran kalau mobil dijual dengan harga US$ 250.547 atau Rp3,45 miliar.

Maybach 62 (Malaysia)

mobil dinas presiden malaysia

Raja Malaysia dan para petingginya dibekali dengan mobil-mobil buatan Inggris seperti Bentley Amage, Bentley Continental Flying Spur hingga Maybach 62. Maybach 62 ini punya harga yang juga cukup mahal yaitu US$ 394.000 atau setara dengan Rp5,4 miliar.

Mercedes-Benz S 600 Guard (Indonesia)

Presiden Joko Widodo rencananya akan memakai Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai pengganti mobil kedinasan sebelumnya Mercedes-Benz S-600 Pullman Guard yang pernah dipakai Presiden sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono.

Mobil berukuran panjang 5,4 meter itu memang dirancang dengan tingkat ketahanan B6/B7 (tingkat resistensi Eropa), dan telah diuji dan disertifikasi oleh organisasi yang diakui berbagai negara. Fitur lain yang membuat Mercedes-Benz S 600 Guard disebut sebagai limusin aman adalah fitur tangki bahan bakar self-sealing yang anti bocor dan sistem pemadam api.

Sebagai kendaraan untuk pesohor dan petinggi negara, Mercedes-Benz S 600 Guard menawarkan dimensi besar, panjang 5.453mm x tinggi 1.498mm x lebar 2.130mm, dengan jarak sumbu roda 3.365mm. Mercedes-Benz S 600 Guard memakai mesin bensin 5.500cc DOHC Direct Injection dengan tenaga maksimal 530bhp per 4900-5300rpm dan torsi maksimal 830Nm per 1900-4000rpm.

Baca Juga: Maserati Indonesia, Deretan Mobil Terlaris dan Termahalnya

Mercedes-Benz S 600 Guard banyak digunakan kepala pemerintahan di sejumlah negara. Mobil yang diproduksi khusus di Sindelfingen, Jerman, memiliki ketahanan dari berbagai ancaman peluru hingga bom dengan mengandalkan basis baja pada bodi dan lapisan tertentu pada kaca hingga ban jenis Run Flat yang bisa tetap dipakai dalam kondisi darurat sekalipun.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Dari deretan mobil dinas kepresidenan di atas, mana menurut Anda mobil yang paling berkelas?

Comments are closed.