Mobil Offroad Terbaik Tahun Ini, Mana Favorit Anda?

Mobil

Pecinta mobil offroad rasanya akan dipuaskan oleh berbagai varian yang dirilis beberapa tahun terakhir. Meski mahal, kualitasnya tak perlu diragukan.

Bagi Anda yang suka berpetualang menembus belantara hutan ataupun medan berat lainnya, tentu Anda membutuhkan mobil tangguh yang bisa melewati semua rintangan. Ada beberapa mobil yang memenuhi syarat tersebut dan sudah terbukti ketangguhannya. Mobil tersebut biasa disebut sebagai mobil offroad. Mobil jenis ini menggunakan sistem penggerak 4×4 atau 4wd, sehingga semakin optimal saat melewati berbagai medan.

Memang, dari segi harga, jenis mobil satu ini terbilang lebih mahal dibandingkan jenis lain seperti MPV dan sedan. Tapi, harga tersebut rasanya setimpal dengan segala hal yang disematkan pada mobil tersebut, mulai dari eksterior hingga dapur pacu.

Baca juga: Spesifikasi dan Kelebihan Isuzu Panther

Dari sekian banyak merek, berikut adalah beberapa mobil offroad terbaik di tahun ini. Mari simak bersama-sama!

Berbagai Merek Mobil Offroad Terbaik

Chevrolet Colorado ZR2

Mobil offroad ini merupakan sebuah mobil double cabin ukuran menengah yang dibekali ban Goodyear 31 inci dan suspensi Multimatic DSSV yang tangguh dalam melewati semua medan jalan. Sedangkan untuk dapur pacunya, mobil besar ini ditenagai mesin Turbodiesel 2,8 Liter dengan tenaga mencapai 181 horsepower pada 3.400 rpm dan torsi 369 lb.-ft. Chevrolet Colorado ZR2 juga tersedia dalam varian mesin bensin 2,5 liter empat silinder dan mesin 3,6 liter DOHC V6 yang bisa mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 308 horsepower dan torsi 275 lb.-ft.

Jeep Cherokee

Mobil satu ini ini memiliki suspensi depan dan belakang independen yang memberikan kestabilan berkendara saat melewati berbagai medan jalan. Sistem penggerak 4 roda (4×4) juga dimilikinya dan berpadu dengan mesin 2.4L MultiAir II Tigershark I4 dan sistem transmisi otomatis sembilan percepatan yang membuat tenaga dan torsi semakin besar. Interior mobil offroad satu ini juga mewah dan canggih. Agar semakin mewah, Jeep melengkapinya dengan panoramic sunroof yang membuat pengendaranya semakin betah berlama-lama di dalamnya.

Jeep Wrangler

Mobil ini tersedia dalam dua tipe berbeda, yakni Jeep Wrangler Sport dan Jeep Wrangler Rubicon. Keduanya sama-sama memiliki kemampuan offroad mengagumkan yang didukung interior mewah dan nyaman. Untuk dapur pacunya, mobil ini ditenagai mesin 3.0L V6 24-Valve VVT Engine yang bisa mengeluarkan tenaga mencapai 230 horsepower dan torsi 285 Nm. Tenaga dan torsi tersebut akan disalurkan pada sistem transmisi otomatis 5 percepatan. Lalu, ada pula sistem pengereman antilock brake system (ABS), dan brake asisst yang menjaga keselamatan pengendara Jeep Wrangler saat melewati medan offroad.

Baca juga: Apa Saja Deretan Mobil Termahal di Dunia 2019?

Land Rover Range Rover

Kemampuan offroad mengagumkan dipadukan dengan kemewahan pada segi interior dan eksterior ada di Land Rover Range Rover. Di Indonesia, harga mobil Range Rover ini dibanderol melebihi Rp1 miliar. Harganya sangat mahal, namun sebanding dengan kemewahan dan kenyamanan yang dimilikinya. Berbagai medan juga bisa dilalui karena didukung sistem penggerak all wheel drive (AWD) yang akan meningkatkan traksi di segala kondisi. Land Rover juga menyediakan beberapa varian berbeda, seperti HSE, Evoque, Autobiography, dan yang terbaru adalah Range Rover Velar.

Mercedes-Benz G-Class

Inilah salah satu mobil offroad termahal di dunia. Ya, harga Mercedes Benz G-Class dibanderol sangat mahal dan harganya bisa mencapai miliaran rupiah. Mobil Sport Utility Vehicle memiliki kemampuan offroad sangat baik dan tersedia beberapa tipe berbeda, yaitu G 320 CDI, G 500, dan G 55 AMG. Yang paling powerful adalah varian G 55 AMG yang dilengkapi mesin 5.5 Liter dengan tenaga mencapai 500 horsepower dan torsi puncak 700 nm. Sedangkan untuk G 500 hanya bisa mengeluarkan tenaga sebesar 296 horsepower dan G 310 CDI hanya 224 horsepower.

Nissan Armada

Sangat disayangkan mobil tangguh ini belum dipasarkan di Indonesia. Padahal Nissan Armada merupakan mobil SUV keren yang memiliki kemampuan offroad lebih baik dibandingkan mobil Nissan lainnya. Di dalamnya juga memiliki interior sangat mewah dengan tiga baris kursi yang dijamin sangat nyaman. Lebih hebatnya lagi, mobil satu ini ditenagai mesin 5.6-liter direct injection gasoline V8 yang bisa mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 390 horsepower dan torsi 394 lb-ft.

Toyota 4Runner TRD Pro

Mobil offroad rilisan Toyota ini dikhususkan bagi konsumen yang suka berpetualang dan harus melewati medan berat. Toyota menyediakan tiga varian berbeda, yaitu Toyota 4Runner TRD Pro SR5, SR5 Premium dan Limited. Semuanya mengusung mesin 4 Liter V6 dengan sistem transmisi matic lima percepatan serta sistem penggerak 4 roda (4×4). Mesin yang dimiliki mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 270 horsepower dan torsi mencapai 278 lb.-ft. Durabilitas mobil ini juga sangat baik karena mengadopsi body-on-frame contruction.

Toyota Land Cruiser

Di Indonesia harga mobil gagah ini hampir menyentuh angka Rp2 miliar. Wajar apabila harganya sangat mahal, karena Toyota Land Cruiser merupakan mobil offroad tangguh yang ditenagai mesin 1 VD – FTV, V8, 32 Valves, DOHC, Diesel Commonrail berkapasitas kapasitas 4.461 cc dengan tenaga mencapai 235 PS pada 3.200 rpm dan torsi mencapai 62.8 kgm pada putaran mesin 1.800 rpm sampai 2.200 rpm. Semua medan jalan bisa dilaluinya dengan lancar dan didukung interior mewah yang sekelilingnya dilindungi oleh airbag.

Ford F-150 Raptor

Desain mobil tangguh dari Ford ini sangat keren. Pada grille depan terpasang logo Ford berukuran besar yang menambah kesan agresif pada eksterior Ford F-150 Raptor. Kemudian untuk dapur pacunya ditenagai mesin twin-turbo intercooled 3.5L V6 EcoBoost dengan sistem penggerak 4×4 dan transmisi 10-speed automatic yang membuatnya mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 450 horsepower dan torsi 510 lb-ft.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Toyota Fortuner

Mobil offroad ini sangat pupuler di Indonesia. Bagi orang Indonesia harganya sangat mahal, sehingga sering dikatakan sebagai mobil mewah. Toyota memang menawarkan kemewahan pada mobil SUV milikinya. Di dalamnya terpasang tiga baris kursi dengan material berkualitas tinggi. Tersedia beberapa varian berbeda yang menggunakan mesin bensin dan diesel. Sistem penggeraknya juga tersedia dalam mode 4×4 dan 2×4. Bagi yang menyukai medan offroad tentu lebih baik membeli varian 4×4 yang otomatis lebih bertenaga saat melewati medan berat.

Mitsubishi Pajero Sport

Semua orang di Indonesia pasti mengenal mobil buatan Mitsubishi ini. Ya, Pajero Sport sangat populer di Indonesia dan dikenal sebagai mobil mahal yang harganya ratusan juta rupiah. Sama seperti Fortuner, mobil ini juga tersedia dalam sistem penggerak 4×2 dan 4×4. Harga termurahnya dibanderol Rp450 jutaan sampai yang termahal mencapai Rp663 jutaan. Harganya tergolong sangat mahal, namun sebanding dengan kemampuan menjelajah dan kenyamanan yang ditawarkannya.

Itulah beberapa merek mobil offroad terbaik tahun ini. Meski mahal, kualitas yang diberikan tidaklah main-main. Mana yang jadi favorit Anda?

Comments are closed.