Mobil Paling Boros di Dunia, Adakah Milik Anda?

Mobil

Alih-alih memproduksi mobil irit bahan bakar, produsen mobil kenamaan dunia justru masih banyak memproduksi mobil paling boros di dunia.

Seiring berkembangnya teknologi, berbagai produsen mobil kenamaan dunia pun berlomba untuk menghadirkan kendaraan roda empat dengan spesifikasi mumpuni serta memiliki banyak keunggulan.

Salah satu faktor yang paling diperhatikan oleh produsen otomotif tak lain adalah tingkat keiritan. Tak heran jika banyak sekali mobil di era sekarang ini yang memiliki mesin yang irit bahan bakar. Jadi, penggunanya pun tak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk bahan bakar.

Sayangnya, tidak semua mobil dibekali kelebihan tersebut, terlebih pada mobil yang bermesin monster. Sejauh ini, cukup banyak mobil yang terbilang boros bahan bakar. Bahkan, beberapa di antaranya masuk dalam kategori mobil paling boros di dunia.

Apa sajakah mobil tersebut? Berikut adalah daftarnya!

Mobil Paling Boros di Dunia Saat Ini

Cadillac CTS Wagon model 2014 – 6 km/liter

Di Amerika, Cadillac CTS Wagon merupakan mobil di kelas wagon dengan performa yang paling baik. Mobil yang dibanderol mulai dari USD65.000 ini mengemas mesin V8 berkapasitas 6,2 liter yang mampu memproduksi tenaga 556 horse power (HP). Di atas kertas, Cadillac WTS Wagon bisa berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 4,1 detik.

Sayangnya, untuk mengendarai mobil ini, Anda perlu menyediakan dana lebih untuk membeli bahan bakar karena satu liter bensin hanya dapat membawa mobil ini melaju sejauh 6 kilometer saja. Tak heran jika mobil satu ini masuk dalam daftar mobil paling boros di dunia.

Ferrari FF Coupe – 5,7 km/liter

Memang sudah menjadi rahasia umum, mobil yang menjanjikan performa pasti mengesampingkan efisiensi. Bila menyinggung Ferrari FF Coupe model, jangan harap sport car asal Italia ini menjanjikan sebagai mobil irit.

Lontaran tenaga dari mesin V12 berkapasitas 6,3 liter, memuntahkan 651 daya kuda dan hanya memerlukan 3,7 detik untuk berakselerasi dari posisi diam hingga menembus kecepatan 100 km/jam.

Bentley Mulsanne – 5,6 km/liter

Mobil kenamaan rakyat Inggris ini tak luput masuk dalam daftar mobil paling boros. Sebagai mobil mewah yang mengendepankan sebuah prestise, pengemudinya pun tak cuma harus merogoh kocek dalam untuk menebus Bentley Mulsanne. Pasalnya, mereka harus siap dengan alokasi biaya BBM yang terbilang tinggi.

Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse – 4,3 km/liter

Mobil ini mendapuk titel “World’s Fastest Production Car,” yang mampu digeber dengan kecepatan maksimum 408,8 km/jam. Bugatti Veyron 16.4 Gran Sport Vitesse ini dikemas mesin W16 quad-turbo berkapasitas 8 liter yang memproduksi 1.200 horse power (HP) dan torsi 1.106 lb.ft.

Dengan titelnya sebagai mobil dengan performa buas, sang pemiliknya pun harus merogoh kocek dalam untuk sekadar membeli bahan bakar.

Bugatti Chiron – 4,6 km/liter

Dengan banderol harga hampir Rp41 miliar, mobil buatan Prancis itu tercatat paling boros soal konsumsi BBM. Tapi memang tidak bisa dipungkiri kalau mobil berperforma semacam Chiron cukup haus untuk menenggak bensin.

Bentley Continental GT Speed Convertible – 6,38 km/liter

Bentley Continental pada varian ini mengusung mesin W12 twin berkapasitas 6,0 liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8, percepatan di dalam kapnya mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 616 horse power (HP). Dengan mesin berkapasitas besar membuat Continental GT mampu melesat dari 0-100 km/jam. Hal ini membuat mobil satu ini terbilang boros, yakni sekitar 6,38 km/liter.

Maserati GranTurismo Convertible – 6,25km/liter

Maserati memiliki sejarah panjang dari sebuah mobil mewah atau sport. Pabrikan asal Italia ini kembali membuat sejarah baru dengan merilis GranTurismo Convertible, yang merupakan convertible empat seater pertama dalam sejarahnya.

Dengan desain yang ramping dan agresif, dan front end rendah, GranTurismo dirancang untuk menaklukkan jalan raya. Mobil yang dibanderol seharga USD143.000 atau sekitar Rp1,6 miliar ini mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam 5,2 detik dan berhenti dari 100-0 km/jam hanya membutuhkan jarak 35 meter.

Tapi, segala kelebihan tersebut tidak membuat mobil ini keluar dari daftar mobil terboros di dunia. Untuk satu liter bensin, mobil ini hanya bisa melaju sejauh 6,25 kilometer saja.

Mercedes Benz C63 AMG Coupe – 6,23 km/liter

Mercedes membekali C63 AMG dengan mesin baru v8 berkapasitas 6,3 liter yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 507 HP. Berkat teknologi transmisi tujuh percepatan, C63 mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,1 detik dan memiliki kecepatan maksimum mencapai 280 km/jam.

Untuk dapat merasakan sensasi kecepatan mobil yang dibandrol mulai dari USD72.000 atau sekitar Rp831 jutaan ini secara maksimal, Mercedes menyediakan AMG Driving Academy. C63 AMG Coupe juga dilengkapi pengereman dan ventilasi panas desain baru, sementara itu interiornya memakai kulit mewah dari Designo berwarna cokelat suede mewah.

Jika Anda berpikir bahwa mobil ini irit, Anda salah besar. Mobil ini hanya mampu melaju sejauh 6,23 kilometer dengan satu liter bensin.

Chevrolet Camaro Z/28 – 5,95 km/liter

Mobil berotot dari negeri Paman Sam ini tetap setia dengan desain yang ringan dan kuat. Camaro dibekali mesin v8 6,2 liter sehingga sanggup berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,2 detik. Untuk semakin meningkatkan kontrol dalam mengemudi, Camaro mengusung rem keramik karbon yang dikawinkan dengan kaliper Brembo.

Tapi, hal ini ketangguhan mobil ini berimbas pada penggunaan bahan bakarnya. Satu liter bensin hanya mampu membawa mobil ini sejauh 5,95 kilometer saja.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Mercedes Benz CL65 AMG – 5,9 km/liter

CL63 AMG merupakan sebuah perpaduan sempurna antara kemewahan dan kekuatan. Mobil dua pintu ini mengusung mesin V12 bi-turbo enam liter yang menghasilkan tenaga puncak hingga 621 HP. Untuk mengimbangi tenaganya yang besar, Mercedes Benz membekali CL63 AMG dengan transmisi dual shift sehingga memiliki kecepatan maksimal hingga 341 km/jam.

Mobil asal kota Stuttgart ini memiliki interior yang luar biasa dengan jok kulit mewah serta sistem audio Harman Kardon LOGIC7A. Sementara itu mobil yang dibanderol seharga USD198.000 atau sekitar Rp1,99 miliar ini juga telah memakai Bi-Xenon headlights untuk penerangan jalan.

Tapi, soal keiritan, mobil ini sangatlah jauh dari hal tersebut. Sebab, mobil satu ini bisa disebut sebagai salah satu mobil paling boros di dunia karena memerlukan satu liter bensin hanya untuk 5,9 kilometer.

Dengan kekuatan mesin yang ditawarkan, jangan heran jika mobil tersebut jadi mobil paling boros bahan bakar. Apakah mobil milik Anda salah satunya?

Comments are closed.