Sebelum Membeli, Ketahui Jenis-Jenis Mobil Penumpang Ini!

Mobil

Ada banyak jenis-jenis mobil penumpang yang bisa Anda pilih. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan Anda sudah mengetahui semua jenis mobil dan juga spesifikasi lengkapnya.

Membeli mobil untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dibutuhkan pertimbangan yang cukup matang. Sama halnya dengan membeli rumah, Anda diharuskan untuk mencari yang aman, nyaman, dan harga yang sesuai dengan kemampuan.

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis mobil penumpang bisa Anda pilih dans esuai dengan kebutuhan. Nah, bagi Anda yang masih awam dan belum memiliki gambaran apa saja jenis-jenis mobil penumpang tersebut, berikut ini ulasannya.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Asuransi Mobil TLO Lebih Menguntungkan

Berbagai Tipe Mobil Penumpang di Pasaran

Tipe Mobil Minivan (MPV)

Tipe mobil lainnya yang beredar di pasaran saat ini adalah minivan atau yang dikenal dengan nama MPV (Multi Purposes Vehicle). Mobil MPV terbagi ke dalam empat kategori, yaitu tipe LOW MPV, Medium MPV, Luxury MPV, serta High MPV.

berbagai mobil penumpang

Tipe mobil MPV memang didesain dengan sangat nyaman serta memiliki sistem handling yang sama dengan mobil sedan. Didesain dengan interior maksimum sehingga membuat pengguna nayaman selama berkendarai. Konsep mobil MVP memang didesain untuk keluarga karena dapat menampung penumpang lebih banyak. Berikut ini beberapa contoh mobil dengan konsep MPV.

Tipe Mobil SUV

Mobil bertipe SUV (Sport Utility Vehicle) merupakan jenis mobil yang memadupadankan antara mobil sedan dengan mobil jeep. Mobil SUV terbagi menjadi beberapa kategor, antara lain adalah Low SUV, Medium SUV, High SUV, serta Double Cabin. Prioritas utama dari desain mobil SUV ini adalah dapat digunakan di berbagai medan, bahkan hingga medan yang sulit sekalipun.

Desain dari mobil SUV memang ditujukan untuk dapat mengangkut banyak penumpang di dalamnya. Tipe mobil SUV menggunakan penggerak empat roda atau Four Wheel Drive yang kemudian berkembang menjadi seven seater. Namun, ada beberapa mobil SUV yang menggunakan penggerak dua roda untuk membuatnya lebih nyaman digunakan. Berikut ini beberapa contoh dari mobil SUV.

Tipe Mobil Hatchback

Mobil yang masuk ke dalam kategori tipe mobil Hatchback adalah mobil yang bagian kabinnya menyatu dengan ruang bagasi mobil. Biasanya tipe mobil hatchback ini memiliki 5 pintu, 4 pintu khusus digunakan pada penumpang dan 1 pintu lainnya digunakan sebagai pintu bagasi.

Sehingga ruang barang dapat anda akses dari kursi penumpang bagian belakang. Untuk ukuran mobil nya sendiri, mobil hatchback ini berukuran mobil mid-size yang sangat menguntungkan bila dikendari di jalaanan-jalanan perkotaan.

Ciri lainnya yang dapat terlihat dari tipe mobil hatchback adalah bentuknya yang kecil sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga untuk menjalankan mobil ini. Penggerak roda depan didesain agar mobil lebih lincah dijalankan. Untuk itulah mobil ini seringkali dinamakan city car. Ada tiga jenis mobil hatcback yang ada di Indonesia, mulai dari hatchback mini, compact hatcback, serta hatchback kecil. Beberapa mobil tipe hatcback yang populer di saat ini adalah Geo Metro, Dodge Caliber, Mini Cooper, Audi S3, Chevrolet Aveo, Lexus CT 200 h, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Syarat dan Perhitungan Klaim Asuransi Mobil

Tipe Mobil Convertible

Tipe mobil convertible merupakan salah satu jenis mobil yang sudah cukup terkenal. Mobil ini memiliki bentuk yang kecil dengan bagian atap yang dapat dilipat sehingga membuat pengguna mobil dapat mengubah mobil dari kendaraan tertutup menjadi kendaraan terbuka.

Tipe mobil convertible memiliki dua jenis, yaitu covertible soft top dan hard convertible. Untuk jenis soft top biasanya pada bagian atap terbuat dari bahan vinyl atau kanvas, sedangkan pada mobil tipe hard convertible, bagian atap biasanya berbahan baja atau plastik.

tipe mobil penumpang

Untuk beberapa mobil tipe convertible biasanya dapat dilipat dengan cara manual, sedangkan beberapa lainnya sudah menggunakan cara yang otomatis. Karakteristik lainnya dari mobil convertible ini biasanya memiliki dua pintu, empat convertible, serta jok mobil dari dua hingga 4 buah. Berikut ini beberapa mobil tipe convertible yang populer di dunia, seperti Volkswagen New Beetle, Dodge Avenger, Ford Mustang, PontiacSunfire, Mitsubishi Eclipse Spyder, dan masih banyak lainnya. Salah satu keunggulan dari mobil ini terletak pada bagian atapnya yang dapat didesain sesuai dengan keinginan pengguna mobil.

Tipe Mobil Coupe

Mobil coupe ini merupakan mobil yang memiliki ukuran kecil dengan jumlah pintu dan jok penumpang berjumlah dua, namun beberapa diantaranya ada yang memiliki jok penumpang berjumlah empat. Ciri lainnya yang bisa anda lihat adalah pada bagian atap mobil.

Biasanya desain dari atap mobil ini cenderung ke arah belakang. Mobil ini didesain dengan unik dengan interior nya yang memang realtif sempit, antara jarak kursi depan dengan belakang berkurang drastis sehingga membuat tampilannya seperti tipe sedan. Berikut ini beberapa jenis mobil tipe Coupe. (baca juga: Mobil Antik Termahal Di Dunia)

Notchback Coupe

Mobil coupe ini memiliki bagasi mobil yang datar seperti pada tipe mobil sedan. Jenis mobil ini antara lain adalah BMW Seri 3 Coupe, Nissan Silvia, Mercedes Bez CL, dan lainnya.

Fastback Coupe

Mobil Coupe ini terbilang cukup unik karena memiliki ciri khas pada bagian kaca belakang mobil yang miring dengan luas bagasi yang lebih kecil. Contoh dari jenis mobil ini adalah Ford Mustang, berbagai tipe mobil ferarri, dan masih banyak lainnya.

Liftback Coupe

Bisa dikatakan bahwa jenis mobil coupe ini terbilang paling praktis dibandingkan dengan mobil coupe jenis lainnya. Mobil coupe ini memiliki desain yang indah dengan ciri khas yaitu dua pintu penumpang serta satu pintu pada bagian bagasi. Beberapa contoh mobil dari jenis mobil coupe ini adalah Supra, Toyota Celica, dan lainnya.

Convertible Coupe

Mobil ini juga sering kali disebut sebagai Cabriolet karena memiliki keunggulan pada bagian atap mobil yang dapat dibuka atau ditutup sesuai dengan keinginan pengguna. Biasanya mobil ini memiliki karakterirstik 4 tempak duduk, namun terkadang juga ada beberapa diantaranya yang hanya memiliki 2 jok penumpang saja atau yang dikenal dengan nama roadster.

Coupe 4 Pintu

Mobil coupe 4 pintu ini menjadi varian terbaru dari jenis mobil coupe. Sebenarnya bentuk mobil ini tidak dapat dikatakan sebagai mobil coupe, namun lebih cenderung ke bentuk mobil sport yang memiliki bentuk yang sama dengan mocil coupe. Contoh dari mobil coupe 4 pintu ini adalah Mercedes Benz CLS.

Tipe Mobil Sedan

Tipe mobil lainnya adalah tipe mobil sedan. Mobil sedan ini didesain dengan bodi mobil yang cukup pendek dan memanjang. Sudah cukup lama sedan menjadi favorit mobil banyak orang karena desainnya yang mewah dan anggun.

mengenal mobil penumpang

Namun kelemahan dari tipe mobil ini adalah bodinya yang sulit menerjang jalanan yang banjir, hal ini dikarenakan bodi mobilnya yang ceper. Sudah banyak pabrikan yang menghadirkan tipe mobil sedan ini, seperti, Honda City, Toyota Vios, Honda Civic, Chevrolet Cruze, Toyota Corolla Altis, Toyota Carmy, Nissan Teana, Toyota Camry, Mercedes Benz S-Class, Audi A, BMW 7 Series,  BMW 5 Series, Audi A6, Mercedes Benz E-Class, Mercedes Benz C-Class, Audi A4, dan BMW 3 Series.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Asuransi Mobil TLO Lebih Menguntungkan

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.