Deretan Mobil Rusia yang Mengaspal ke Berbagai Negara

Mobil

Tak hanya terkenal dengan jadi tuan rumah piala dunia, mobil rusia juga menjadi sorotan di berbagai negera.

Beberapa pabrikan otomotif dunia dikabarkan akan masuk ke Indonesia. Satu di antaranya ada merek mobil asal Rusia. Rusia memang memiliki banyak kejutan.

Siapa sangka jika negara bekas Uni Soviet tersebut, juga tak lepas memiliki industri otomotif yang mumpuni di dalamnya. Kalau mau membuat deretan daftar keahlian negera ini bisa dibilang: Pertama untuk pertama kalinya dalam sejarah dunia sepak bola, Rusia didaulat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Kedua, Rusia juga memiliki sirkuit Sochi Autodrom untuk ajang balap Formula 1 (F1).

Tak hanya di dalam negeri, mobil ciptaan Rusia juga sudah meluncur ke berbagai negara, dari Asia hingga Eropa.

Bahkan, banyak kabar yang beredar bahwa dua merek mobil asal Rusia, yakni Lada dan Gaz, tertarik mengaspal di Indonesia. Kedua merek mobil dari negara bekas Uni Soviet ini tertarik mendapatkan kue dari potensi penjualan mobil di Indonesia.

Mobil Rusia Incar Pasar Indonesia

Beragam produsen mobil menjajal peruntungannya di Indonesia. Merek-merek otomotif tersebut berasal dari berbagai negara, mulai dari Jerman, Inggris, Korea Selatan, dan yang paling baru China.

Mobil merek Lada dan Gaz merupakan merek mobil yang memiliki varian seperti sport utility vehicles (SUV), sedan dan multi purpose vehicles (MPV). Saat ini keduanya baru melihat peluang untuk memperkenalkan produknya.

Di negeri asalnya, mobil Rusia ini tercatat sebagai penguasa pasar. Namun kedua merek ini memang tak terlalu populer di negara lain karena memang Rusia belum memperkuat pasar ekspornya. Rusia memang tetap mempertahankan mobil impor, tetapi mobil dalam negerinya kuat sehingga bisa menjaga pasarnya.

Mau tahu apa saja deretan mobil Rusia yang kami bicarakan sejak tadi? Inilah merek-merek otomotif dari Rusia yang sukses memproduksi kendaraannya.

VOLGA

Saat ini Volga menjadi salah satu model mobil klasik di dunia. Presiden Rusia, Vladimir Putin pun dikenal sebagai salah satu penggemar berat merek ini. Kalau mau kita kembali ke awal, Volga sendiri berdiri sejak 1946. Hebatnya, eksistensi merek yang melayani mobil mewah tersebut terbukti masih terjaga hingga saat ini. Sebagai informasi Anda, merek ini merupakan aliansi antara Ford dan Uni Soviet. Meskipun tak sebaik dari produk Prancis dan Jerman, produk penerus GAZ (Gorkovsky Avtomobilny Zavod) mengingatkan kita pada desain Ford yang ramping dan tegas. Beberapa seri Volga sempat diperuntukkan sebagai taksi dan mobil polisi sebelum akhirnya dihentikan pada 2007.

KAMAZ

Kamaz (Kamskiy Avtomobilny Zavod) diklaim sebagai salah satu produsen truk Rusia terbaik dan telah memenangkan gelaran reli Dakar lebih dari 13 kali. Oleh karena itu, Kamaz memiliki reputasi baik untuk memproduksi truk yang aman, kuat dan andal. Produsen kendaraan komersial yang dibangun pada 1969 tersebut, telah melayani kebutuhan niaga sejak akhir 1970-an.Pabriknya sendiri mampu memproduksi lebih dari 260 truk per hari, yang membuat hingga 93.600 truk per tahun.

MOSKOVICH

Sejarah mencatat, merek mobil ini sudah memulai produksinya sejak 1949, dengan jumlah 24.000 kendaraan. Model pertama dari merek ini mengambil basis Opel Kadett asal Jerman.

Tak hanya itu, merek ini telah menjadi simbol bagi masyarakat kelas menengah dari negara pecahan Uni Soviet tersebut. Meski sempat bangkrut, namun perusahaan mampu bangkit setelah memproduksi dan merakit produk GAZ dalam sebuah pabrik motor di Nizhny Novgorod.

Mobil Rusia Lada

Bergeser ke Rusia, merek yang disebut akan masuk ke Indonesia nantinya adalah Lada. Bernama lengkap AvtoVAZ, brand yang sudah eksis sejak 1970 tersebut saat ini mayoritas dimiliki oleh aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi (51 persen).

Awalnya, AvtoVAZ dibuat dari kolaborasi Fiat dan Soviet Vneshtorg (departemen perdagangan luar negeri) pada 1966. Mobil-mobil yang keluar dari dapur yang bertempat di Tolyatti, Rusia ini bertipe kompak dan sedan.

Namun perjalanan AvtoVAZ sebagai salah satu brand ternama di Rusia tidak selalu berjalan mulus. Setelah dilempar ke beberapa pihak sampai terkena masalah akibat mahalnya biaya perakitan mobil pada krisis ekonomi 1988, AvtoVAZ mulai menunjukkan taringnya saat bergabung bersama General Motors.

Hanya ada beberapa besutannya model yang terbilang sukses yakni Lada Kalina, Lada Riva, Lada Granta, dan Lada Largus.

Lada merupakan merek yang dimiliki AvtoVAZ. Tidak hanya di Rusia, Lada juga cukup dikenal di wilayah Eropa Barat dengan model Lada Riva yang muncul besar-besaran selama 1980-an. Sayangnya, jejak sukses Riva tidak bisa diikuti oleh model-model lainnya.

Sebagai mobil rakyat Rusia, Lada juga masuk ke dalam deretan merek mobil yang menjadi koleksi juara UFC, Khabib Nurmagomedov yang terkenal. Lada Priora disebut sebagai sedan pertama Sang Juara. Namun demi menunjang kariernya sebagai petarung UFC, mobil ‘sejuta umat’ di Rusia miliknya ini dijual.

Produsen otomotif terakhir dari Rusia ialah LADA. Brand yang sudah berdiri sejak 1966 ini memiliki beragam tipe produk mulai dari sedan, hatchback, compact SUV, crossover, hingga sport. Tidak hanya untuk dalam negeri, LADA juga merambah pasar otomotif hingga ke seluruh bagian dunia termasuk Eropa Barat.

Saat ini pihaknya juga tergabung dalam anggota aliansi dari Renault-Nissan dengan model Granata, Kalina, dan Priora.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Mobil Rusia GAZ

Terakhir ada Gorkovsky Avtomobilny Zavod atau GAZ. Brand tersebut muncul pada 1929 atas perjanjian Union Soviet dengan Ford Motor Company untuk membangun mobil dalam negeri dengan membujuk Ford agar membangun pabrik di Nizhny Novgorod, Rusia.

Tapi merek tersebut tidak bisa bernafas panjang setelah dilanda perang dunia kedua dan krisis ekonomi. Tapi fasilitas perakitan mobil penumpangnya masih berjalan dan digunakan oleh Volkswagen dan General Motors.

Sejak 2009 GAZ lebih memprioritaskan dalam membangun kendaraan komersil berukuran besar. Mobil ikonik yang pernah dibuatnya adalah GAZ Volga Siber (2008), GAZ Volga LWB (2005-2007), serta Chaika Limousine (1977-1988).

Produsen mobil Rusia ini pertama kali didirikan pada 1932. Awalnya, perusahaan ini bernama ‘Nizhny Novgorod’, namun setelah satu tahun berjalan namanya pun diubah menjadi Gorky hingga GAZ (Gorkovsky Avtomobilny Zavod) yang bertahan hingga kini.

Perusahaan ini fokus memproduksi kendaraan komersial terkemuka di Rusia dan mengkhususkan diri dalam memproduksi komponen otomotif, powertrain, mobil, bus, dan truk.

Di Indonesia sendiri, merek GAZ sudah lebih dikenal sejak 1970 dengan model jip yang digunakan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Comments are closed.