Hebat! Mobil Tiruan Tiongkok yang 99% Mirip Aslinya

Mobil

Mobil mewah dengan desain sporty tentu Anda mengira mahal harganya. Namun, untuk beberapa kendaraan ini yang merupakan buatan Tiongkok mirip sekali dengan aslinya. Seperti apa? Simak informasi berikut!

Tiongkok atau China sangat terkenal dengan kemampuan meniru produk-produk dari negara lain. Tidak hanya alat elektronik, melainkan juga otomotif. Anda akan terkejut jika melihat beberapa mobil tiruan China. Karena tampilan dari luar hampir mirip dengan aslinya.

Jika dulu negeri tirai bambu tersebut yang meniru produk-produk elektronik, kini mereka juga meniru produk otomotif. Apalagi spare part automaker dari negara-negara lain juga sekarang di supply oleh China. Jadi, jika mereka sudah siap dengan spare part, maka mereka juga siap memproduksi mobil sendiri meskipun tiruan.

Dan yang lebih menarik lagi adalah harganya yang lebih murah. Seperti yang Anda ketahui, harga produk buatan China selalu lebih murah. Ketika Anda membeli mobil tiruan China yang lebih murah, premi asuransi mobil tersebut juga murah. Apalagi Anda bisa mengajukan asuransi secara online. Futuready membuat Anda bisa mengasuransikan kendaraan Anda secara online.

Baca juga: Ini Asuransi Mobil Murah dan Terbaik untuk Anda

7 Mobil Mewah Tiruan China

Tidak tanggung-tanggung. Beberapa mobil tiruan China ternyata desainnya diambil dari mobil mewah. China mungkin tidak ingin bermain setengah-setengah. Mereka tahu banyak sekali yang suka dengan mobil kelas premium. Hanya saja, hanya sedikit yang mampu membeli mobil tersebut.

Di situlah China melihat ada pintu di mana mereka bisa masuk. Mereka menawarkan mobil tiruan China yang mirip dengan mobil mewah asal Eropa. Dan mereka membandrol produk mereka dengan harga yang lebih terjangkau.

1. BAIC X424

BAIC X424 mobil tiruan china

Anda tahu mobil Jeep Wrengler? Ini jeep yang baru-baru ini sedang hits di Indonesia. Para jutawan berlomba-lomba untuk segera memiliki mobil yang satu ini. Desainnya klasik namun unik. Fiturnya super lengkap. Teknologi yang diterapkan di mobil yang satu ini sangat modern.

Ternyata, tidak hanya Indonesia saja yang suka dengan mobil jeep ini. Di China, mobil ini juga menjadi primodona. Hingga akhirnya automaker China membuat tiruan Jeep Wrengler yang mereka namakan dengan BAIC X424. Desain luarnya dari depan hingga belakang hampir mirip dengan Jeep Wrangler.

Di bawah kap BAIC X424, terdapat mesin dengan kapasitas 2438 cc. Sementara itu, fitur di dalam kabin sudah sangat lengkap. Ada side impact beams, parking sesons, driving airbags, serta rear seat belts.

Sayangnya, mobil yang satu ini belum dipasarkan di Indonesia. Selain di China, mobil ini sudah dipasarkan di Filipina.

2. JAC P241

JAC P241

Source: chinacarforums.com

Anda punya mimpi memiliki Mercedes GL-Class? Jika mimpi itu belum tercapai karena tingginya harga mobil tersebut, Anda bisa coba lihat JAC P241. Ini mobil tiruan China yang sama persis dengan Mercedes GL-Class.

Jika Anda sudah familiar dengan tampilan Mercedes GL-Class, Anda pasti tahu sisi uniknya, yaitu di bagian lampu depan dan DLR. Silakan Anda bandingkan dengan gambar exterior JAC P241. Maka Anda akan sulit untuk membedakan antara kedua mobil ini.

JAC P241 adalah mid-size SUV yang dijual dengan harga antara 130.000 hingga 190.000 yuan. Dengan harga yang lebih murah daripada Mercedes, banyak orang yang akhirnya menjatuhkan pilihan pada mobil buatan China ini.

Baca juga: Deretan Mobil SUV di Bawah Rp100 Jutaan Berkualitas

3. Land Wind X7

Land Wind X7

Mobil tiruan China selanjutnya adalah Land Wind X7. Desain mobil ini meniru mobil Range Rover Evoque. Ini bisa dilihat dari ukuran body mobil. Jika Anda lebih detail lagi melihat bagian headlamp dan juga lampu belakang coupe, Anda pasti akan tahu betapa miripnya mobil Land Wind X7 dengan Range Rover Evoque.

Saking persisnya, nama aslinya, yaitu Land Wind X7, tidak sering diucapkan. Banyak yang menyebutnya dengan Evoque KW. Karena begitu miripnya dengan Evoque, pihak Jaguar Land Rover melayangkan gugatan. Mereka tidak terima jika produk mereka ditiru oleh China.

Sempat beberapa kali gugutan dimenangkan automaker asal China yang membuat Land Wind X7. Namun, akhirnya gugatan dikabulkan dan mobil Land Wind X7 ini dimusnahkan. Pihak Jiangling Motor Company sebagai pihak yang memproduksi mobil tiruan ini akhirnya harus menghentikan pembuatan mobil Land Wind X7.

4. BYD T6

BYD T6

Source: Motor1.com

Kebanyakan SUV itu tidak sporty. Namun, kesan tersebut dimentahkan oleh Porsche. Melalui produksi mereka bernama Cayenne, SUV bisa juga tampilan sporty.

Namun, tak lama kemudian, muncul tandingannya. Lebih tepatnya tiruannya, yaitu BYD T6. Dari depan, mobil BYD T6 ini mirip sekali dengan Cayenne. Hanya saja, lencana BYD tidak seperti Cayenne yang di depan.

BYD memang sangat massif dalam memproduksi mobil. Selain memproduksi mobil tiruan china, mereka juga sekarang mengembangkan mobil listrik. Hal ini disebabkan trend yang sekarang mengarah pada mobil dengan tenaga listrik.

5. CH Auto Lithia

Audi R8 merupakan mobil sporty yang kebanyakan dimiliki oleh pesepakbola eropa. Jelas mobil yang satu ini sangat mahal. Namun, jika Anda ingin memiliki mobil yang mirip dengan Audi R8 yang harganya lebih murah, Anda bisa pilih CH Auto Lithia. Ini mobil tiruan yang dibuat oleh China yang desainnya mirip sekali dengan Audi R8.

Mobil CH Auto Lithia ini pertama kali ditampilkan di khalayak ramai pada tahun 2012. Pada awal kemunculannya, automaker sudah mempublikasikan bahwa mobil CH Auto Lithia yang mirip dengan Audi R8 ini bertenaga listrik. Tenaga mobil ini berasal dari air-cooled AC induction motor yang mampu memproduksi tenaga hingaa 201 tenaga kuda.

6. Diablo VT

Ini mobil tiruan China yang paling gokil. Anda pasti sudah tahu berapa harga mobil Lamborghini Diablo. Tampilan mobil Lamborghini ditiru Diablo VT meskipun dalam hal dimensi cukup berbeda. Diablo VT memiliki dimensi yang lebih panjang. Selain itu, bagian depannya juga sedikit lebih beda dengan Lamborhini Diablo. Akan tetapi, jika Anda melihat dari jarak sekitar 3 meter atau Anda melihat sekilas, maka Diablo VT ini mirip sekali dengan Lamborghini Diablo.

7. GE Geely

Ingin punya mobil super mewah seperti Rolls Royce Phantom? Beli saja GE Geely. Dari segi penampilan, Anda pasti bisa terkecoh. Namun, jika Anda kendarai, sebenarnya berbeda sekali. Pasalnya, Rolls Royce Phantom mendapatkan tenaga dari V12 6.75 liter. Sementara itu, Ge Geely hanya mendapatkan power dari V6 3.5 liter Geely. Karena mesin yang lebih kecil inilah Rolls Royce Phantom KW ini dibandrol dengan harga yang murah.

Memang tidak semua mobil tiruan dari China masuk ke pasar Indonesia. Sempat beberapa kali produksi mereka masuk ke Indonesia. Hanya saja, di Indonesia, masyarakat sudah terlanjut Japan-Minded. Mereka lebih suka dengan produk buatan Jepang. Hingga akhirnya produk otomotif dari China kurang mendapatkan tempat.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Asuransi Mobil TLO Lebih Menguntungkan

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Namun, bukan tidak mungkin suatu saat nanti mobil tiruan dari China bakal diterima. Karena suatu saat nanti teknologi yang mereka buat sama dengan teknologi di mobil buatan Jepang. Dan mereka bisa tawarkan dengan harga yang lebih murah.

Comments are closed.