Modifikasi Body Kit Mobil Penasaran Proses Hingga Kisaran Harganya?

Mobil

Sedang berpikir untuk memodifikasi mobil Anda? Mengubah penampilan mobil dengan modifikasi body kit mobil bisa jadi pilihan bila Anda ingin mobil tampil beda namun tetap aman.

Kini, tanpa perlu proses yang rumit, Anda bisa mengubah bagian eksterior mobil sebagai bentuk modifikasi. Body kit mobil adalah salah satu aksesori pendukung dalam memodifikasi mobil agar tampil beda.

Bila Anda belum tahu banyak mengenai hal ini, biasanya body kit mobil dibuat dalam satu paket, terdiri dari beberapa bagian: Spoiler, side skirt, diffuser, dan lainnya. Perubahan paling drastis yang bisa langsung terlihat adalah bila Anda memilih untuk mengubah bagian spoiler atau sayap. Urusan modifikasi satu ini begitu terlihat, karena ukuran sayap dimensinya lebih besar dibanding spoiler. Bagian spoiler tadi, biasanya dipasang di belakang atau bagian atas mobil. Spoiler yang dipasang pada bagian belakang mobil, biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil. Tujuannya komponen ini dibuat untuk mengurangi turbulensi pada kecepatan tinggi. Mengasyikan, bukan? Apalagi bila saat Anda bisa memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi.

Modifikasi ini bisa dilakukan dalam beberapa cara tergantung kebutuhan dan selera Anda sendiri sebagai pemilik mobil. Khusus untuk bagian ini, kejelian dalam memilih barang harus sejalan dengan hasil yang akan Anda terima terima nantinya. Termasuk urusan harga.

Soal harga sendiri, apakah pemilik mobil rela mengeluarkan uang lebih untuk membelinya. Nah, bagaimana dengan Anda?

mobil dengan body kit

Pembuatan Modifikasi Body Kit Mobil

Mungkin hal pertama yang jadi pertanyaan Anda apakah modifikasi ini bisa diterapkan di semua jenis mobil? Faktanya, sekarang ini modifikasi body kit mobil tidak hanya sebagai aksesoris pendukung di mobil hatchback atau sedan, sekarang mulai banyak SUV atau MPV yang memasangnya agar tampil modis.

Informasi selanjutnya yang harus Anda ketahui, pembuatannya dimulai dari mencetak kerangka awal atau disebut master. Salah satu metodenya, bengkel menggunakan mat fiber plus tambahan resin keruh. Setelah itu, baru dilakukan pembuatan molding untuk body kit mobil dengan memakai bahan serat kaca (fiberglass) yang lebih bagus, yakni fiber reinforced plastics (FRP).

Pemasangan Modifikasi Body Kit Mobil

Lalu mau pasang dimana? Oh, tenang! Agen Pemegang Merek berlomba menyediakan body kit Original Equipment Manufacturer (OEM). Jadi, aksesori satu ini banyak tersedia di bursa otomotif atau bengkel resmi. Menyenangkan lagi untuk Anda, untuk body kit mobil yang add-on tersedia di bengkel resmi dan biasanya dijual termasuk dengan jasa pemasangan.

Anda sendiri bisa memilih opsi barang jadi atau juga model custom dalam artian bikinan sendiri. Biasanya, body kit mobil aftermarket ditawarkan tanpa warna alias polosan atau tinggal pasang. Ya kekurangannya, karena warnanya polos Anda jadi harus mengecat kembali sesuai warna mobil dan memasangnya dengan bantuan bengkel rekanan Anda.

Sedangkan bila Anda ingin body kit mobil aftermarket dalam versi custom, Anda bisa pasang sekaligus beberapa peranti tambahan seperti lampu kabut atau stoplamp. Jika barang tersebut dilengkapi stoplamp atau foglamp, sebaiknya periksa apakah lampu tersebut sudah berfungsi dengan baik serta jalur sambungan ke kabel bodi.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Harga Pemasangan Modifikasi Body kit Mobil

Baiklah, kita akan lanjutkan untuk membicarakan masalah biaya. Biaya pemasangan body kit ini tentu saja akan berbeda tergantung melalui siapa Anda memilih untuk memasangnya. Untuk body kit mobil yang add-on tersedia di bengkel resmi dan biasanya dijual termasuk dengan jasa pemasangan

Khusus untuk pilihan custom memiliki harga yang variatif, karena harga tergantung dari kredibilitas pembuat body kit tersebut: Kualitas bahan, desain, dan cat yang digunakan hingga cara pemasangannya. Umumnya, untuk yang kualitas rendah memiliki kisaran harga kurang lebih Rp5 juta untuk paket komplit. Sedangkan untuk yang kualitas medium ke atas yang biasa dikerjakan oleh bengkel modifikasi dengan kualitas lebih baik memiliki kisaran harga Rp20-25 juta untuk full set body kit fiber.

Comments are closed.