Kenali Montir Mobil yang Baik dan Buruk dengan Cara Ini!

Mobil

Montir mobil bertugas untuk menyelesaikan masalah pada mobil pelanggan. Tapi, nyatanya tak semua montir memiliki sifat dan sikap yang baik.

Saat mobil yang Anda gunakan bermasalah, entah kecil maupun besar, tentu Anda akan membawanya ke bengkel untuk diservis oleh montir mobil atau memanggil montir tersebut ke lokasi di mana Anda berada. Pastinya Anda ingin mendapatkan montir yang berpengalaman dan mengerti masalah pada mobil Anda. Namun, sayangnya sekarang ini banyak sekali montir nakal yang sering kali mengerjai pemilik mobil saat sedang menyervis mobil tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah montir mobil yang menyervis mobil Anda baik dan tidak mengerjai Anda? Berikut ada beberapa ciri montir yang baik yang perlu Anda ketahui. Simak di bawah ini!

Baca juga: Serba-Serbi Oli Mesin Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Ciri Montir Mobil yang Baik dan Berpengalaman

Montir Berserdia Mendengarkan Keluhan

Montir yang baik akan mengutamakan kepuasan pelanggannya, tak jarang mereka rela mendengarkan keluhan mengenai permasalahan yang terjadi pada mobil mereka.

Mungkin Anda pernah menjumpai montir yang menjengkelkan dan terbilang mendikte Anda untuk melakukan sesuatu. Alhasil, pengerjaan mobil jadi tidak maksimal.

Montir tentu perlu mendengarkan keluhan dari pelanggan agar nantinya dapat mengenali kerusakan pada mesin atau mobil. Dengan mengetahui track record kerusakan yang pernah terjadi, maka montir dapat menyimpulkan tindakan apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya.

Mengusulkan Alternatif Perbaikan yang Menguntungkan

Montir tentu tahu dan mengenali kerusakan yang terjadi pada mobil Anda. Montir yang baik dan andal akan memberikan dan mengusulkan beberapa saran alternatif perbaikan yang menguntungkan bagi Anda. Tak hanya memberikan satu opsi, montir justru memberikan beberapa opsi terkait kerusakan yang dialami oleh mobil Anda.

Memberikan Detail Perawatan atau Perbaikan yang Dilakukan

Seorang montir yang dapat dipercaya biasanya akan memberikan hasil detail perawatan atau tindakan apa yang harus Anda lakukan untuk merawat mobil Anda. Jika ada montir yang tidak memberikan hasil detail setelah melakukan cek maka patut Anda curigai.

Montir yang memaksa Anda melakukan penggantian spare part yang belum diperlukan, maka Anda patut menolak atau pindah bengkel saja. Montir yang baik akan memberikan beberapa opsi yang bisa Anda pilih dan tentukan agar Anda bisa lebih hemat.

Baca juga: Tune Up Mobil: Ini Pengertian dan Tata Caranya!

Spare Part Lama Diserahkan pada Anda

Cara mengenali montir yang menyervis mobil Anda baik atau tidak dapat dilihat di satu aspek ini. Jika Anda melakukan penggantian spare part, maka montir tidak akan menyimpan komponen lama yang rusak, melainkan akan diserahkan kepada Anda selaku pelanggan agar Anda tahu bahwa benar dilakukan penggantian spare part baru.

Masalah nanti mau Anda apakan spare part lama itu terserah pada Anda, yang jelas montir atau mekanik yang andal akan menyerahkannya kepada Anda.

Montir yang baik pun tidak akan menaikkan harga jasa mereka atau mengambil keuntungan di luar servis sehingga Anda dapat percaya untuk perbaikan maksimal dan tentunya hemat.

Teknologi Andal

Teknologi tak kalah penting untuk membantu montir atau mekanik dalam mengenali kerusakan pada mobil Anda. Jika montir dengan mudah mengenali kerusakan yang teradi pada mobil Anda tentu akan mempercepat proses perbaikannya.

Adanya teknologi canggih membuat proses perbaikan menjadi cepat dan tentunya dapat menyelesaikan kerusakan mobil Anda secara akurat. Banyak mobil keluaran baru yang sekarang mengadopsi teknologi canggih untuk mempermudah sistem permesinannya.

Hal ini tentu juga butuh alat deteksi kerusakan yang canggih untuk mengenali kerusakan mesin bila nantinya rusak atau terjadi kendala.

Baca juga: Manfaat Memanaskan Mesin Mobil Setiap hari

Cara Mengenali Montir Mobil yang Nakal

Setelah mengetahui ciri montir yang baik, Anda juga perlu mengetahui cara mengenali montir mobil nakal agar tidak tertipu dan justru membuat Anda semakin rugi. Mari simak di bawah ini!

Montir Tidak Menjelaskan Secara Rinci Mengenai Kondisi kendaraan Anda

Seorang montir pastinya paham betul mengenai seluk beluk kerusakan mobil, bahkan hingga ke detail terkecil sekalipun. Apalagi dengan penggunaan komputer sebagai alat bantu check up, maka kondisi kesehatan kendaraan Anda pastinya sudah bisa langsung terdeteksi dengan cepat.

Lalu, bagaimana jika montir tidak menjelaskan secara rinci mengenai kondisi kendaraan Anda? Lebih baik Anda tanya mengenai kondisi kendaraan Anda hingga sedetail mungkin, meskipun sebenarnya Anda sendiri (mungkin) tidak terlalu paham kerusakan yang dimiliki. Jika masih saja montir tak menjawab secara rinci mengenai kondisi kendaraan Anda, segera pindah dan carilah bengkel resmi kendaraan Anda. Sebab bengkel resmi biasanya memiliki kemampuan untuk menjelaskan lebih rinci mengenai kondisi kendaraan Anda.

Montir Mengatakan Kondisi Mesin Kendaraan Anda Rusak Parah

Seiring mobilitas Anda yang semakin tinggi dan penggunaan BBM di bawah standar pabrikan memang secara tak langsung mengurangi kondisi mesin kendaraan Anda. Oleh karena itulah, dibutuhkan servis secara berkala agar kendaraan Anda bisa terus optimal terjaga. Sayangnya, untuk membuat kendaraan Anda optimal kembali, bagian mesin harus mendapatkan perbaikan yang cukup banyak. Inilah yang seringkali menjadi alasan para montir “nakal” menakut-nakuti pemilik kendaraan bahwa tunggangannya mengalami kerusakan parah pada bagian mesin.

Nah, jika hal ini terjadi kepada Anda, pastikan dulu jika memang benar mesin kendaraan Anda sudah perlu mendapatkan perbaikan secara intensif. Atau, lebih mudah bawa kendaraan Anda ke bengkel resmi, agar Anda bisa lebih memastikan kondisi mesin kendaraan Anda. Dan terakhir, selalu jaga kondisi mesin Anda dengan mengikuti instruksi dari pabrikan mengenai standar penggunaan oli dan BBM yang disarankan.

Montir Mencoba Memperbaiki atau Mengganti Spare Part di Luar Keperluan

Pernahkah Anda mengalami kejadian di mana Anda hanya perlu mengganti parts kecil dari kendaraan Anda, tapi malah berakhir mengganti parts lain yang sebenarnya masih dalam kondisi baik dan aman. Jika hal ini terjadi, bisa jadi Anda dikerjai oleh montir “nakal” di bengkel tersebut.

Untuk menghindari hal ini, biasakan selalu mengetahui secara pasti bagian mana saja yang rusak dari kendaraan Anda. Selain itu, jika ada permintaan untuk mengganti parts lain dari kendaraan Anda, periksa dahulu apakah memang benar-benar dibutuhkan untuk menggantinya dengan yang baru atau tidak. Sebab, Anda bisa menghemat biaya servis jika memang parts yang diminta montir tak perlu diganti saat itu juga.

Mengganti Spare Part Kendaraan dalam Jumlah Banyak

Mengganti parts kendaraan secara teratur memang wajib dilakukan, demi menjaga kesehatan dan reliabilitas kendaraan Anda. Tapi jika Anda diharuskan mengganti parts kendaraan dalam jumlah banyak, maka bersiap-siaplah untuk tersiksa karena biaya yang perlu Anda keluarkan di bengkel jadi membengkak.

Agar bisa menghindari kejadian seperti ini, tanya montir yang mengurusi kendaraan Anda, apakah diperlukan untuk mengganti parts secara keseluruhan atau hanya bagian-bagian tertentu saja. Selain itu, pastikan montir yang mengurusi kendaraan Anda memperlihatkan kondisi fisik dari parts yang perlu diganti.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Montir Anda Merekomendasikan Sparepart yang Diragukan Kualitasnya

Saat terjadi penggantian parts dalam kendaraan Anda, seringkali spare part yang direkomendasikan oleh montir terdengar asing di telinga Anda, sebagai pengganti spare part original keluaran pabrikan yang sering kali mahal harganya. Tapi, apakah Anda rela kendaraan Anda menggunakan spare part yang diragukan merek dan kualitasnya?

Untuk itulah, alangkah baiknya Anda cari tahu lebih awal mengenai spare part apa yang direkomendasikan oleh montir. Selain itu, selalu utamakan menggunakan spare part original keluaran pabrikan, agar kondisi kendaraan Anda jauh lebih baik. Tetapi, jika harus berakhir pada merek aftermarket, selalu gunakan merek yang memang terkenal spesialis dan memiliki kualitas yang setara dengan spare part original, atau yang lebih dikenal dengan istilah OEM (Original Equipment Manufacturer).

Itulah ciri dan cara mengenali montir mobil yang baik dan nakal. Setelah membaca secara detail, Anda tentu dapat membedakannya dan menghindari diri Anda dari kerugian yang besar di kemudian hari.

Comments are closed.