Mudik dengan Kendaraan Pribadi? Ini Tip Amannya!

Mobil

Mudik dengan kendaraan pribadi memang dibutuhkan banyak persiapan. Kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan agar mudik terasa aman dan nyaman?

Mudik memang sudah menjadi tradisi yang harus dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan bagi mereka para perantau yang mengadu nasib di ibukota. Sebab, momen merayakan lebaran di kampung halaman bersama seluruh keluarga besar menjadi tujuan utama dari tradisi ini.

Setiap tahunnya, puluhan bahkan jutaan masyarakat mudik ke berbagai daerahnya masing-masing. Ada yang memilih untuk menggunakan transprotasi umum, tapi tidak sedikit juga yang sengaja membawa mobil priadi. Khusus untuk jarak yang tidak terlalu jauh, mereka lebih menggunakan mobil pribadi sebagai transportasi mudik. Agar perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi berjalan aman dan nyaman, maka siapkan kondisi fisik dan kendaraan Anda sebaik mungkin sehingga perjalanan selalu lancar dan menyenangkan. Untuk Anda yang masih bingung, berikut ini tips mudik dengan aman menggunakan mobil.

Tips Aman Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Perhatikan Kondisi Tubuh

Mudik cenderung melelahkan karena harus melakukan perjalanan yang cukup jauh, apalagi Anda orang yang harus mengendarai mobil seorang diri. Tentu tips mudik dengan aman yang pertama, Anda harus memperhatikan kondisi tubuh dengan baik dan tetap menjaga kesehatan. Pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan prima sebelum berangkat.

Cara menjaga tubuh agar tetap prima, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan protein, minum-minuman yang mengandung vitamin C dan E, dan juga istiraat yang cukup. Hal ini dikarena mudik memerlukan daya tahan tubuh yang baik. Saat kondisi tubuh baik, perjalanan pun akan terasa menyenangkan.

Periksa dan Servis Lengkap Mobil di Bengkel Terpercaya

Periksa dan Servis Lengkap Mobil di Bengkel Terpercaya

Jika kondisi tubuh sudah disiapkan, tips mudik dengan aman menggunakan mobil yang berikutnya adalah periksalah kondisi mobil dan perlengkapan mobil. Jangan lupa untuk membawa dan servis mobil Anda ke bengkel langganan untuk mendapatkan perawatan yang terbaik. Misalnya, seperti tune-up komplet, cek minyak rem dan persneling, cek kondisi ban, wiper, radiator, tali kipas atau AC, aki, dan lainnya.

Selain itu, ketika mudik, pastikan perlengkapan yang harus ada di mobil, seperti alat-alat mobil (tools kit), dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter, surat-surat SIM dan STNK mobil sudah Anda siapkan.

Siapkan Makanan dan Minuman untuk di Perjalanan

Siapkan Makanan dan Minuman untuk di Perjalanan

Untuk Anda yang mudik dengan perjalanan cukup jauh, sebaiknya membawa makanan sendiri. Bawalah bekal makanan secukupnya yang praktis dan bisa dimakan selama berkendara, misalnya roti, snack, dan makanan yang kiranya bisa mengganjal perut Anda di perjalanan. Selain itu, dengan membawa makanan sendiri tentu pengeluaran Anda jauh lebih ekonomis.

Mempertimbangkan Waktu Berangkat

Tips mudik dengan aman yang berikutnya adalah Anda juga perlu mempertimbangkan waktu untuk berangkat mudik. Pastikan waktu yang Anda pilih sudah dikondisikan dengan Anda dan keluarga. Misalnya, jika Anda memiliki masalah pada penglihatan yang kurang ketika malam hari, tentu mudik diwaktu pagi hari atau siang menjadi solusi yang tepat.

Bawa Perlengkapan untuk Beristirahat

Sepanjang jalan Anda mudik pasti ada posko-posko untuk beristirahat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda membawa perlengkapan istirahat, seperti bantal dan selimut untuk memberikan kenyamanan Anda ketika sedang beristirahat sehingga kondisi Anda kembali prima dan siap melanjutkan perjalanan hingga sampai ke tujuan.

Jangan Membawa Penumpang dan Barang Bawaan Berlebihan

Jangan Membawa Penumpang dan Barang Bawaan Berlebihan

Anda yang memilih mudik dengan kendaraan pribadi, perlu diperhatikan juga barang bawaan yang dibawa. Usahakan untuk tidak membawa penumpang dan juga barang bawaan yang berlebihan, apalagi jika perjalanannya cukup jauh. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan di dalam kendaraan dan juga terhindar dari masalah-masalah yang akan mengganggu perjalanan mudik Anda.

Bawa Sejumlah Uang Tunai

Bawa Sejumlah Uang Tunai

Selain tempat makan, mesin ATM menjadi salah satu sasaran yang banyak diburu oleh para pemudik. Saking banyaknya yang melakukan tarik tunai, membuat beberapa mesin ATM kehabisan uang. Nah, agar Anda tidak pusing mencari mesin ATM disaat mudik, sebaiknya sediakan sejumlah uang tunai untuk keperluan Anda selama perjalanan mudik. Hal ini semata-mata hanya dilakukan untuk memudahkan Anda melakukan berbagai transaksi di perjalanan.

Perlengkapan Anak

Saat perjalanan jauh bersama anak Anda, jangan lupa membawa perlengkapan untuk membuat buah hati Anda merasa nyaman disepanjang perjalanan. Pastikan perlengkapan seperti tissue, botol minuman, tempat makan, mainan favorit, buku bacaan, crayon, dan lain sebagainya sudah selalu ada di dalam tas khusus agar Anda tidak sulit untuk mencarinya. Membawa perlengkapan ini dilakukan supaya anak Anda tidak merasa bosan saat perjalanan jauh.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Asuransi Mobil

 

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Comments are closed.