Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Nano Coating

Mobil

Jika ingin tampilan mobil selalu baru dan mengkilap nano coating bisa menjadi pilihan karena kaya manfaat perlindungan.

Siapa yang tak ingin mobilnya selalu terlihat mengkilap dan baru? Semua pemilik kendaraan pasti menginginkan tunggangannya selalu tampil cantik. Selain memberikan nilai estetik sendiri, bodi mobil yang mulus juga dapat mempertahankan nilai jual kembali sebuah mobil.

Nah salah satu upaya mempertahankan tampilan ciamik bodi mobil adalah nano coating. Teknik ini merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk pelapisan bodi mobil dengan menggunakan cairan khusus. Teknik ini sedang populer selama beberapa tahun terakhir karena terbukti dapat mempertahankan kilau mobil dalam jangka panjang.

Baca juga: Jangan Asal Pilih Asuransi Mobil. Ketahui Jenisnya

Tampilan bodi mobil sudah kinclong, sayang sekali jika kendaraan Anda tidak mendapatkan proteksi. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya lagi jika mobil kesayangan Anda sudah terlindungi oleh asuransi mobil. Sebab, kita tidak pernah tahu kapan risiko itu datang. Jika sudah terlindungi, berapa besar biaya untuk memperbaikinya, tentu Anda tidak akan pusing dan bingung lagi.

Definisi Nano Coating

Pemilik sering sering menggunakan cat mobil untuk melapisi bagian eksterior, dengan harapan bisa mempertahankan warna aslinya. Namun, pengecetan ini diketahui harus dilakukan beberapa kali dalam setahun sehingga sangat merepotkan.

Kabar baiknya ada cara yang lebih mudah dan hemat untuk menjaga kualitas eksterior yakni dengan menggunakan nano coating (atau Pelapis Nano-Keramik). Bahannya terbuat dari polimer cair dan dapat mengikat zat kimia yang terdapat pada cat mobil. Sehingga menciptakan perlindungan double.

Nano coating menciptakan ikatan permanen atau semi permanen dengan cat kendaraan, yang artinyangtidak luntur atau rusak dan tidak memerlukan aplikasi berulang setiap beberapa bulan.

Manfaat Nano Coating

Manfaat Nano Coating

Manfaat nano coating secara umum adalah menghasilkan tampilan bodi mobil yang selalu baru dan mengkilap. Namun, untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan selangkapnya.

Melindungi Mobil dari Paparan Sinar UV/Oksidasi

Jika kendaraan sering terkena sinar matahari, catnya akan mulai teroksidasi, membuat cat mobil menjadi kusam, dan lambat laun memudar. Nah zat kimia yang terkandung dalam nano coating ini dapat melindungi cat kendaraan dari sinar ultraviolet matahari, sehingga mengurangi jumlah oksidasi.

Melindungi Mobil dari Kerusakan Akibat Paparan Bahan Kimia

Bahaya lain yang kerap menghantui mobil Anda adalah pewarnaan menggunakan bahan kimia dari kontaminan asam alami. Dengan membuat permukaan yang tahan bahan kimia, teknik nano coating dapat menjaga beberapa kontaminan dari ikatan dengan cat kendaraan Anda. Hasilnya adalah kendaraan Anda akan lebih tahan terhadap pewarnaan dan etsa, asalkan kontaminan dihilangkan pada waktu yang tepat.

Menghasilkan Efek Anti Air

Salah satu fitur paling penting dari teknik nano caoting adalah sifatnya yang hidrofobik, dengan kata lain waterproof atau anti air. Ketika kendaraan memiliki sifat hidrofobik, air akan jatuh ke permukaan bodi dan meluncur dengan lebih mudah. Ini berarti bahwa lumpur dan debu akan memiliki ikatan yang lebih sulit dengan cat kendaraan Anda, dan ketika Anda mencuci mobil, kontaminan dan kotora dapat dihilangkan dengan sedikit usaha.

Baca juga: Tips Mendiagnosa Kerusakan Ecu Mobil

Membuat Bodi Terlihat Mengkilap

Jika Anda menginginkan tampilan eskterior yang mengkilap, aplikasi nano coating adalah keputusan yang tepat.  Karena dalam salah satu material pendukungnya dapat meningkatkan sifat reflektif dari cat mobil Anda dan lapisan yang jernih, menambah kedalaman dan kejernihan cat Anda. Efek ini biasanya dapat bertahan mulai dari 1 hingga 3 tahun, tergantung pada proses pengerjaan dan bahan yang digunakan.

Mencegah Timbulnya Bekas Goresan

Ternyata nano coating juga diketahui dapat mengurangi resiko timbulnya bekas goresan, sebab material yang digunakan berbahan keras dan tebal sehingga mampu menghindari kerusakan dari goresan ringan. Meskipun begitu goresan masih mungkin terjadi dan tidak dapat sepenuhnya dicegah. Terutama jika mobil Anda terlibat kecelakaan fatal.

Itulah beberapa manfaat pengaplikasian nano coating pada mobil. Seperti yang lainnya teknik ini juga bukan tanpa kekurangan dan resiko.

  • Pertama, adalah harganya tinggi yakni bisa mencapai jutaan rupiah tergantung ukuran kendaraan dan juga merek atau bahan yang dipilih.
  • Kedua, adalah proses pengerjaan relatif tinggi. Untuk mobil baru mungkin hanya memerlukan waktu satu hari untuk proses pemasangan, tapi utuk mobil lama bisa mencapai 3 hari bahkan lebih.
  • Ketiga, adalah resiko belang diakibatkan human error, yaitu pekerja yang kurang terampil sehingga ada bagian yang tertinggal. Karena itulah penting memilih seorang profesional.

Proses Pengerjaan Nano Coating

Proses Pengerjaan Nano Coating

Agar menuai hasil maksimal sebaiknya proses pengerjaan nano coating ini dilakukan oleh seorang profesional, jika tidak justru akan merusak tampilan eksterior mobil karena menyebabkan warna belang. Langkah atau prosesnya secara garis besar adalah sebagai berikut:

tahap pertama sebelum pengerjaan mobil wajib dicuci dulu sampai bersih.  Kemudian setelah itu dipoles dan diaplikasikan dengan pelindung cat. Setelah dipoles mobil harus dilapisi kaca dan dikunci. Kaca inilah yang mengandung struktur nano.

Kaca tersebut saat didiamkan akan mengeras dan menempel pada bagian eskterior hingga ke dalam pori-pori cat. Didalam nano sendiri terdapat material silica yang memiliki efek pantulan mengkilap seperti pada kaca. Inilah yang menghasilkan tampilan glossy pada bodi mobil.

Material coating yang diaplikasikan ke atas bodi akan nempel permanen ke permukaan cat. Karena itulah mobil yang sudah di coating biasanya tidak mudah kotor. Selain itu karena lapisan kaca yang digunakan sangat kuat, bahkan berbagai zat asam tidak bisa menempek ke cat. Inilah yang membuat tampilan bodi selalu terjaga sepanjang tahun.

Para profesional menyarankan untuk tidak mencuci mobil langsung sesaat setelah pemasangan coating, setelah 36 jam barulah mobil bisa dibersihkan dengan pembersih khuhsus. Hal ini bertujuan untuk memastikan coating sudah benar-benar mengeras dan meresap kedalam pori-pori cat mobil.

kelebihan Nano Coating

Setidaknya untuk satu unit mobil Anda memerlukan sekitar 12-14 mililiter cairan nano ceramik. Dipasaran sendiri umumnya coating dijual dalam botolan dengan isian 20 mililiter.

Untuk perawatannya sendiri sebenarnya cukup mudah. Pastikan saja Anda tidak mencuci mobil di tempat abal-abal, karena kualitas pencucian dan polesan yang kurang tepat dapat membuat coating abrasif sehingga kehilangan manfaatnya.

Baca juga: Keuntungan dan Kerugian dalam Penggunaan Cover Mobil

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Selain itu meski dapat mengurangi resiko paparan sinar UV, bukan berarti Anda bebas menjemur mobil dalam durasi panjang dibawah terik matahari. Sebab selalu ada faktor resiko yang membuat coating abrasif.

Pengerjaan coating untuk mobil standar berkisar antar 1-3 hari, sementara untuk mobil-mobil offroad biasanya memakan waktu lebih lama. Sementara untuk kisaran harga rata-rata bengkel memberikan bandrol paling murah Rp3 Jutaan.

Selain pemasangan, Anda juga harus mempersiapkan kocek lain untuk perawatan rutin. Jangan biarkan perlindungan mahal ini jadi sia-sia karena tidak dirawat secara tepat.

Comments are closed.