Nissan Altima 2020, City Car yang Garang

Mobil

Nissan melahirkan generasi baru, yakni Nissan Altima dengan tampilan yang lebih gagah. Generasi Nissan keenam yang dulunya diberi nama Teana ini menduduki peringkat ke-6 di kelas mobil menengah.

Bagi Anda yang menyukai mobi-mobil agresif, Nissan Altima harus masuk ke dalam bucket list. Mobil menengah keluaran Amerika tersebut bersaing dengan sedan, seperti Toyota Camry dan Honda Accord. Kisaran harga ketiganya pun sama, yakni mulai dibanderol dari UDD24-35 ribu atau sekitar Rp340-500 juta.

Nissan Altima 2020 in memiliki interior yang luas, nyaman, dan pilihan mesin yang kuat. Khusus untuk masyarakat New York mobil ini selalu punya tempat di hati mereka karena dinilai paling cocok digunakan di perkotaan dengan lalu lintas padat. Apa saja kelebihan mobil keluarn terbaru Nissa ini? Kita simak ulasannya!

Baca juga: Cara Lapor Polisi Saat Kendaraan Hilang

Review Nissan Altima

Nissan hanya memproduksi Altima dengan transmisi otomatis, tersedia dalam banyak pilihan dengan rentang harga berbeda. Masing-masing punya keunggulan. Untuk segi interior sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok, yang menjadi pembeda adalah kapasitas bahan bakarnya. Untuk mengetahui jenis-jenis Nissan Altima ini silahkan meluncur ke website resminya.

Nissan Altima ini adalah city car dengan kapasitas 5 penumpang. Berbeda dengan citi car di Indonesia yang didesain sangat minimalis, mobil garapan Amerika tersebut justru ingin membedakan diri dengan tampilan sporty, yang modelnya lebih pas untuk bersaing di arena balap. Ini juga menjadi salah satu kelebihan yang dijual Nissan.

Interior & Eksterior Nissan Altima

Interior Altima terbaru didukung dengan kabin yang lebih luas dibanding edisi lamanya.Kursi-kursinya nyaman dan lapang. Tempat duduknya terbuat dari jok kulit, jok depan berpemanas, setir berbalut kulit, dan setir berpemanas juga tersedia.

Kursi Zero Gravity di Altima adalah yang terbaik di kelas mobil menengah, menawarkan banyak kenyamanan dan dukungan. Ruang kepala dan kaki juga baik di kedua baris. Ada fitur keselamatan anak juga, Altima memiliki dua set konektor LATCH lengkap untuk kursi tempel belakang, serta tambatan atas untuk kursi tengah belakang.

Sistem infotainment NissanConnect standar memiliki layar sentuh 8 inci, Apple CarPlay, Android Auto, Bluetooth, radio satelit, stereo enam speaker, dua port USB, Siri Eyes Free, kedekatan entri tanpa kunci, start tombol tekan, dan start jarak jauh . Fitur keamanan standar termasuk sistem peringatan dini dan sistem pengereman dan kamera belakang.

Banyak fitur yang tersedia, termasuk navigasi, stereo Bose sembilan speaker, Radio HD, kontrol iklim otomatis dua zona, dan moonroof.

Fitur keselamatan yang tersedia mencakup peringatan keberangkatan lajur, pemantauan blind spot, peringatan lalu lintas lintas belakang, deteksi pejalan kaki, rem darurat darurat terbalik, pengenalan rambu lalu lintas, sistem kamera parkir surround-view, dan ProPilot Assist, yang pada dasarnya berfungsi seperti kontrol pelayaran adaptif. Itu dapat mengarahkan, mempercepat, dan mengerem Altima dalam kondisi tertentu. Layar sentuh mudah digunakan, dan kontrol fisik ditempatkan dengan baik.

Sementara untuk bagian bagasi, mobil ini dinilai punya space yang besar dikelasnya. Dengan luas bagasi skitar 14 kaki Anda bisa membawa banyak barang layaknya tengah menggunakan bagasi MPV, padahal ini hanya mobil sedang berkapasitas maksimal 5 penumpang.

Baca juga: Mobil Sedan Bekas Terbaik yang Bisa Anda Miliki

Akselerasi dan Daya

Ada dua opsi mesin di Nissan ini. Setiap trim hadir standar yang menghasilkan 188 tenaga kuda. Anda dapat melengkapi trim SR dan Platinum dengan 2.0-liter turbocharged empat silinder yang menghasilkan 248 tenaga kuda. Apa pun engine yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan transmisi otomatis variabel kontinyu (CVT).

Kedua mesin lebih dari mampu untuk mengemudi setiap hari. Varian turbocharged memiliki sedikit pukulan ekstra, yang akan memuaskan mereka yang mencari tenaga lebih besar dari yang ditawarkan engine dasar. CVT dengan baik meniru transmisi otomatis tradisional.

Dengan mesin dasar dan penggerak roda depan, Altima mendapatkan perkiraan EPA 28 mpg di kota dan 39 mpg di jalan raya. Bisa turun menjadi 26 mpg di kota dan 36 mpg di jalan raya dengan all-wheel drive. Model dengan mesin turbo-empat mendapatkan 25 mpg di kota dan 34 mpg di jalan raya.

Handling dan Pengereman

Altima bukan sedan yang paling sporty, tetapi memiliki kemudi yang tajam dan putaran  yang minimal. Trim SR memiliki suspensi yang lebih. Terlepas dari trim, kendaraan ini akan menghadirkan perjalanan yang mulus. Penggerak roda depan menjadi standar, dan penggerak semua roda tersedia. Model dengan mesin turbocharged hanya dapat dimiliki dengan penggerak roda depan.

Sistem Keamanan

Anda akan tercengang mengetahui bagaimana sistem keamanan Nissan Altima 2020 ini dibangun. Ada banyak fitur yang ditambahkan dari model lama yaitu;

Driver Air Bag, Passenger Air Bag, Front Head Air Bag, Rear Head Air Bag, Front Side Air Bag, Rear Side Air Bag, 4-Wheel ABS, 4-Wheel Disc Brakes, Brake Assist, Electronic Stability Control, Child Safety Locks, Traction Control, Blind Spot Monitor, Lane Departure Warning.

Baca juga: Nissan Terra 2019: Pesaing Utama Mitsubishi dan Toyota?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

5 Pilihan Nissan Altima

Nissan menawarkan Altima dalam lima level trim: S, SR, SV, SL, dan Platinum. Setiap trim hadir standar dengan 2.5 liter empat silinder yang menghasilkan 188 tenaga kuda. Tetapi untuk performa yang paling baik, gunakan Altima SR dan Altima Platinum, yang tersedia dengan mesin empat silinder 2.0 liter turbocharged dengan peringkat 248 tenaga kuda. Model-model ini juga hadir dengan lebih banyak fitur keselamatan. Penggerak semua roda tersedia di seluruh level kecuali model dengan mesin turbocharged.

Apakah Nissan Altima Mobil yang Bagus?

Terlepas dari peringkat menengahnya, Nissan Altima 2020 adalah mobil menengah yang baik. Ini adalah mobil komuter yang hebat yang memiliki dua pilihan mesin yang mumpuni, didukung dengan bahan bakar yang ekonomis dan suspensi yang lembut. Kursi-kursinya juga sangat nyaman. Namun, ada satu kekurangan dibanding pesaingnya, yakni interiornya lebih sempit. Ya, produk sedan lain punya kabin lebih luas khususnya di area belakang kemudi.

Kenapa harus membeli mobil ini?

Altima adalah mobil yang bagus, tetapi ada pilihan yang juga bisa Anda pertimbangkan. Toyota Camry Misalnya, memiliki peringkat keandalan yang baik  dan kabin kelas atas. Ada juga Honda Accord dengan tampilan lebih sporty dan lebih hemat bahan bakar. Dengan harga rata-rata hampir sama tentu ini akan menyulitkan Anda.

Semua kembali pada selera, mana yang menurut Anda lebih menarik dan pas di hati. Untuk Nissan Altima 2020 ini belum diketahui kapan akan dipasarkan di Indonesia, sejauh ini Nissan masih memajang model Altima 2019 di pasar Indonesia.

 

Comments are closed.