Nissan GT-R, Mobil Sport Berbalut Kemewahan

Mobil

Bicara soal Nissan GT-R, artinya bicara soal mobil sport dengan kesan mewah. Tak hanya memiliki dapur pacu yang gahar, nyatanya mobil ini juga memiliki fitur canggih.

Bagi para pecinta mobil sport, nama Nissan tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal ini tak lepas dari varian andalan pabrikan buatan Jepang ini, Nissan GT-R. Bisa dibilang, mobil sport buatan Nissan ini merupakan salah satu mobil sport yang banyak diminati penggila mobil di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Dari segi harga, jelas Nissan GT-R dibanderol dengan harga yang tinggi. Tapi, harga yang disematkan pada mobil tersebut rasanya berbanding lurus dengan segala hal yang ditawarkan, mulai dari eksterior hingga kaki-kaki. Penasaran seberapa gahar mobil sport satu ini? Ini dia!

Baca juga: Mobil Suzuki Indonesia Terlaris Beserta Harganya, Mau Beli?

Spesifikasi Lengkap Nissan GT-R

spesifikasi nissan gt-r

Desain Eksterior

Setiap sisi mobil ini terlihat menawah dengan bentuk bodi aerodinamis yang terlihat sporty, mewah, dan futuristik. Pada bagian depan terlihat adanya grill berukuran besar yang ditengah-tenganya terpasang logo GT-R. Selain itu, mobil ini memiliki lampu depan LED dengan desain futuristik dan terintegrasi pada DRL (Daytime Running Light).

Bumper depan terlihat agresif dan dibuat senada dengan desain bumper samping serta belakang. Uniknya, mobil sport ini memiliki bodi belakang yang terlihat mengotak dan dipadukan dengan 4 lubang knalpot serta 4 stoplamp berteknologi LED. Di atasnya juga terpasang spoiler yang menambah kesan sporty pada sisi eksteriornya.

Desain mobil sport andalan Nissan ini seakan-akan mengintimidasi mobil lain yang berada disampingnya. Terlebih untuk varian Nismo sudah dilengkapi spoiler berbahan carbon fiber yang dirancang untuk meningkatkan downforce sehingga sistem aerodinamis dari mobil satu ini semakin optimal. Tak hanya itu, Mobil satu ini juga dilengkapi carbon fiber side sills yang berada di samping dan carbon fiber rear fascia di belakang.

Desain Interior

Setelah puas membahas sisi eksteriornya, saatnya kita kupas tuntas bagian dalam atau interiornya. Bagian dalam mobil ini dilengkapi jok Recaro serta stir kemudi berbalut kulit Alcantara yang menambah kesan mewah dan tentunya berkelas.

Interior mewah dan berkelas sudah tersedia pada setiap varian Nissan GT-R. Namun sayangnya untuk varian Pure Edition belum dilengkapi sistem audio dari Bose. Kekurangan tersebut bukan menjadi masalah karena memang harga seri Pure Edition lebih murah. Lagi pula, varian ini tetap dilengkapi Head Unit berlayar sentuh yang dibentangkan seluas 8 Inci sebagai sistem hiburan dan navigasi.

Sejatinya, mobil sport ini hanya memiliki dua pintu, namun di dalamnya ada 2 baris kursi yang bisa menampung 4 penumpang termasuk supir. Balutan trim mewah dengan aksen carbon fiber menjadikan interior mobil ini semakin istimewa. Terlebih Nissan sudah melengkapinya dengan beragam perangkat canggih yang memastikan kenyamanan dan keamanana pengendaranya.

Salah satu fitur yang menarik adalah Cruise Control yang bisa diakses melalui setir kemudi. Selain itu, tersedia pula fitur Dual Zone Automatic Temperature Control (ATC) dan setir kemudi yang mendukung fitur Tilt & Telescopic Steering.

Performa Mesin

spesifikasi nissan gt-r

Daya tarik utama mobil sport buatan Nissan ini tak lain adalah performa mesinnya yang monster. Di mana untuk varian Pure, Edition dan Track Edition ditenagai mesin V6 3.8 Liter yang dioptimalkan teknologi Twin-Turbocharged. Mesin V6 tersebut memiliki 24 katup dengan tenaga maksimal sebesar 565 Horsepower di putaran 6.800 rpm. Sedangkan torsi pucaknya mencapai 467 lb-ft yang bisa diraih pada putaran mesin 3.300 rpm sampai 5.800 rpm.

Mesin tersebut menggunakan sistem penggerak All Wheel Drive dan transmisi Dual Clutch 6 Percepatan yang menjadikan perpindahan gigi secepat kilat hanya dalam waktu 0.15 detik saat berada dalam R-Mode. Nissan sendiri menyediakan tiga mode yang disesuaikan dengan parameter suspensi, transmisi, dan Vehicle Dynamic Control System (VDC).

Kemampuan mesin mobil ini jelas tak perlu diragukan lagi. Mobil ini bisa melesat sangat cepat dengan kecepatan tertinggi mencapai 315 km/jam. Tak hanya itu, mobil ini juga bisa berakselerasi dari 0-60 mph dalam waktu 2.7 detik saat menggunakan fitur Launch Control. Performanya setara sebuah Supercar, jadi jangan heran apabila Nissan berani membanderol mahal harga mobil satu ini.

Dari semua varian, yang paling powerful adalah tipe Nismo. Pasalnya tipe ini bisa mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 600 Horsepower pada 6.800 rpm dan torsi mencapai 481 lb-ft pada 3.600 rpm sampai 5.600 rpm. Mesin tersebut telah dituning secara khusus oleh Nismo (Nissan Motorsport) yang merupakan divisi khusus untuk mengoptimalkan performa mobil Nissan.

Baca juga: Mobil Honda BR-V: Spesifikasi, Interior dan Fitur

Baca juga:

Kaki-kaki

Nissan melengkapi mobil sport ini dengan sistem suspensi BilsteinDampTronic yang bekerja dengan cara memanfaatkan beberapa sistem informasi kendaraan untuk menghasilkan daya damping yang tepat dan tingkat kontrol yang tinggi. Tersedia pula suspensi depan bertipe Double-Whisbone dan suspensi belakang Multi-Link yang memberikan kenyamanan maksimal di berbagai situasi berkendara.

Sistem pengereman dari Brembo telah terpasang pada setiap roda mobil ini,  di mana untuk bagian depan memiliki 6-Piston monoblock caliper dan bagian belakang 4-Piston monoblock caliper. Keempat rodanya juga dilengkapi teknologi ABS (Anti-Lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake Force Distrubution).

Sebanding dengan harganya yang mahal, mobil sport ini sudah dilengkapi velg berbahan forged alloyberukuran 20 inci yang dibuat oleh RAYS. Bobot velgnya sangat ringan sehingga bisa memaksimalkan kemampuan akselerasi. Sedangkan untuk bannya memakai ban Dunlop SP Sport Maxx GT 600 DSST CTT yang menjaga kestabilan mobil gagah ini dalam hal pengereman dan akselerasi.

Fitur Keselamatan

spesifikasi nissan gt-r

Performa mesin yang mengagumkan harus diimbangi dengan sistem keselamatan yang mumpuni. Oleh karena itulah Nissan membekali mobil ini dengan 6 buah airbags yang akan melindungi penumpang depan dan pengemudi saat terjadi kecelakaan. Lalu ada pula fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk melihat tekanan angin secara real-time.

Tak hanya itu, mobil ini juga memiliki fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) System yang berguna untuk meminimalisasi overstreer atau understeer.

Fitur Traction Control System tak lupa disematkan bersamaan dengan sistem pengereman berteknologi Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD).

Bagaimana, setelah melihat spesifikasi lengkap Nissan GT-R di atas, Anda setuju bahwa harga mobil ini sepadan dengan segala hal yang ditawarkan, kan?

Baca juga: Daftar Mobil Toyota Indonesia Terlaris Sepanjang 2019

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.