Spesifikasi Nissan Livina, Pesaing Mitsubishi Xpander

Mobil

Ketenaran Mitsubishi Xpander kini diuji oleh mobil rilisan pabrikan Jepang lainnya, yakni Nissan Livina. Lalu, apa kelebihan mobil besutan Nissan ini?

Sebagian dari Anda pasti pernah mendengar varian mobil keluaran Nissan yang bernama Livina, bukan? Ya, dahulunya mobil ini merupakan versi lebih kecil dari Grand Livina yang berkapasitas delapan penumpang. Tapi, kini Nissan Livina bukan lagi city car dengan kapasitas lima penumpang.

Mobil satu ini berevolusi menjadi SUV dengan kapasitas penumpang yang sama dengan Grand Livina. Bahkan, mobil ini sengaja dirilis oleh Nissan untuk bersaing dengan SUV besutan Mitsubishi yang belakangan ini naik daun, yaitu Xpander.

Apa benar Nissan Livina pesaing berat Mitsubishi Xpander? Bagaimana spesifikasinya? Mari kita lihat bersama di bawah ini!

Spesifikasi Nissan Livina

Eksterior Menawan Ala SUV Masa Kini

Secara desain fisik keseluruhan, model Low MPV ini memiliki konsep yang mengadopsi gaya SUV, lebih tepatnya menggunakan platform Xpander. Hanya saja, kali ini Nissan mengembangkan gaya desain yang diadopsi dari Xpander tersebut menjadi konsep V-Motion.

Hal itu bisa dilihat dari wajah pada mobil satu ini. Pada bagian lampu utama, pabrikan asal Jepang tersebut menggunakan lampu utama halogen yang dilengkapi Auto-off Headlight. Lampu tersebut dilengkapi pula dengan Dual Line LED dengan Positioning Lamp & Daytime Running Light yang terpasang begitu anggun.

Tak hanya itu, untuk memberikan kesan yang sedikit berbeda dengan Xpander, bagian lampu atas dibuat lebih kecil. Sedangkan bentuk lampu bagian bawah dibuat lebih cenderung berbentuk oval. Di sisi lain, grill khas Livina Series tampaknya masih dipertahankan yang membuatnya terkesan kian menarik dan gagah.

Baca juga: Nissan Terra 2019: Pesaing Utama Mitsubishi dan Toyota?

Selain itu, tak lupa juga bahwa mobil ini dilengkapi dengan fog lamp andal yang terpasang menyatu dengan bumper depan. Pilihan ini diklaim mampu memberikan penerangan maksimal, terutama ketika berkendara di jalanan berkabut.

Sementara itu di bagian samping, agaknya Low MPV buatan Nissan ini dibuat dengan konsep yang tak jauh berbeda dengan Xpander. Terdapat lekukan garis nan lembut tapi tegas yang membalut bodi samping. Bahkan, tampak juga lekukan garis horizontal yang begitu smooth melewati handle door chrome yang semakin memberikan kesan atletis laikknya SUV modern.

Kemudian, untuk fender-nya sendiri juga terlihat cukup sederhana dengan bentuk yang menyesuaikan lekukan ban depan. Lalu, pada bodi bagian belakang, sepertinya juga tak banyak perbedaan dengan Xpander. Mobil ini menggunakan lampu belakang LED Combination yang siap memberikan sistem pencahayaan yang lebih optimal tanpa membuat silau pengendara lain yang berada di belakang.

Tentu saja, dengan gaya Low MPV ala SUV pada sektor eksterior mobil ini, maka tak heran jika model ini akan diburu oleh konsumen.

Interior Elegan dan Modern serta Ruang Kabin Lebih Lega

Sebagaimana dengan konsep eksteriornya yang mewah, Nissan pun juga merancang interiornya dengan konsep yang lebih elegan. Hal itu bisa dilihat dari dashboard depan yang dilengkapi audio head unit yang begitu modern dan tampak futuristik. Di mana, pada bagian tersebut disematkan audio 2DIN w/o Display Radio CD MP3 dan USB (varian E, EL MT, EL AT). Selain itu, untuk varian lain, yaitu VE AT dan VL AT akan mengusung audio head unit berupa layar sentuh 7 inci display touchscreen, radio, smartphone connectivity (Android Auto/Auto CarPlay-ready), BT, USB.

Tak hanya itu saja, bahkan pada bagian pengemudi multi information display dilengkapi dengan eco indikator yang dibuat dengan sistem monotone namun cukup informatif dalam memberikan informasi mengenai kondisi mobil saat dikendarai.

Tak hanya dashboard-nya saja, dari segi ruang kabin, mobil ini memiliki ruang yang lega dan terkesan premium dengan kursi berlapis kulit (tipe VL) di setiap barisnya. Bahkan, pada kursi bagian belakang mobil ini juga sangat fleksibel mengingat bisa dilipat sesuai selera. Bisa Anda manfaatkan untuk menambah ruang penyimpanan (bagasi) ekstra guna menaruh barang bawaan. Apalagi, bagian interior dari Low MPV buatan Nissan ini juga sudah dilengkapi dengan sistem ruang kedap suara yang makin memanjakan para penumpangnya.

Jadi, tak heran apabila sisi ruang kabin atau interior SUV ini bakal mampu memanjakan dan menjamin kenyamanan berkendara bagi para penumpang dan pengendara.

Baca juga: Nissan March 2019, Apa Bedanya dengan Mobil Sebelumnya?

Mesin Agresif dan Ramah Lingkungan

Nissan Livina model terbaru yang dirilis 2019 ini mengusung mesin tangguh DOHC Twin VTC (Variable-Vale Timing Control) 4 silinder in-line dengan kapasitas kubikasi sebesar 1.5-liter (1499 cc).

Mesin yang diusung Low MPV buatan Nissan ini juga disandingkan dengan transmisi manual 5 percepatan atau automatic 4 percepatan. Sehingga, mobil ini diklaim sanggup memberikan dorongan tenaga hingga 104 Ps per 6000 rpm. Sedangkan untuk torsi yang mampu dicapai Nissan Livina adalah sebesar 141 Nm / 4000 rpm.

Urusan bahan bakar, Nissan tetap akan mengandalkan sistem bahan bakar ECSS (Electronic Concentrate-engine Control System) yang diklaim sangat efisien dalam mengontrol konsumsi bahan bakar secara lebih efisien dan irit. Jadi, selain andal tentunya sektor permesinan mobil ini diklaim sangat ramah lingkungan.

Baca juga: 9 Mobil MPV Murah dan Nyaman untuk Keluarga

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Berbekal Fitur Unggul dan Canggih

Seperti kebanyakan mobil keluaran terbaru, Nissan Livina pun disematkan banyak fitur yang canggih. Salah satunya yaitu pengereman berteknologi ABS dan EBD yang diklaim sanggup mencegah terjadinya ban selip, khususnya saat rem mendadak. Sehingga, kecelakaan pun bisa dicegah sedini mungkin.

Selain itu, mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur entertainment berupa audio visual pada layar sentuh 7 inci disertai fitur smartphone connectivity (Android Auto/Auto CarPlay-ready), BT, dan sambungan lubang USB. Kemudian, airbags dan sabuk pengamanan canggih pun juga turut disematkan untuk memaksimalkan keamanan dalam berkendara.

Tak hanya itu saja, Nissan pun melengkapi mobil ini dengan fitur hill start assist yang mana saat berada di tanjakan, fitur ini membantu mobil berhenti sejenak agar tidak mundur. Bahkan, vehicle dynamic control siap membantuk mobil tetap stabil, terutama saat bermanuver sehingga tak mudah tergelincir.

Tak hanya saja, bahkan traction control system pun juga turut dibenamkan pada mobil ini guna menjamin keamanan dan kestabilan saat berakselerasi di tikungan, karena fitur ini mencegah ban mengalami selip dan sulit dikendalikan. Tentu saja, dengan fungsionalitas fitur yang diusung mobil ini, tak heran jika mobil ini mampu menawarkan kenyamanan kepada para calon pembelinya.

Setelah melihat spesifikasi lengkapnya di atas, setujukah Anda bahwa Nissan Livina pantas disebut sebagai pesaing atau bahkan lebih baik dari Mitsubishi Xpander?

Comments are closed.