Nissan Terra 2019: Pesaing Utama Mitsubishi dan Toyota?

Mobil

Nissan Terra 2019 hadir dengan inovasi baru yang disebut-sebut sebagai pesaing utama dari Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Secanggih apa mobil ini?

Sudah sangat jelas jika Nissan Terra 2019 ini memang ditujukan untuk menyaingi Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Mobil ini dibekali dengan mesin diesel YD25 DDTi berkapasitas 2.488 cc 4 silinder DOHC. Mesin ini terbilang mampu mengeluarkan tenaga yang cukup besar.

Tenaga 190 dk pada putaran 3.600 rpm dan memiliki torsi puncak hinga 450 nm yang ada pada putaran 2.000 rpm. Selain dari segi mesinnya yang sudah sangat modern dan mampu mengeluarkan tenaga yang cukup besar, apa lagi daya tarik dari mobil jenis SUV yang satu ini?

Fitur canggih dari Nissan Intelligent Mobility bisa dibilang sebagai salah satu hal yang cukup menarik dari mobil ini, karena mampu menghadirkan kenyamanan para penggunanya. Selain itu, mobil ini juga diklaim sebagai SUV pertama yang sudah mengusung intelligent rear view mirror.

Meskipun jika diperhatikan, banyak orang berduit di Indonesia yang justru lebih memilih membeli SUV sekelas Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Dan, kali ini pihak Nissan coba menghadirkan pilihan yang tidak kalah bagusnya dari kedua mobil jenis SUV tadi dengan menghadirkan Nissan Terra.

Memiliki desain interior yang mewah serta desain eksterior yang tidak kalah gagahnya membuat mobil ini laik untuk dipertimbangkan. Dan, keraguan orang pun bisa terjawabkan pada saat membeli mobil buatan Nissan ini. Tidak kalah canggih dari mobil SUV lainnya, mobil ini juga menghadirkan varian yang menggunakan sistem penggerak 4×4 dan 4×2 yang bisa Anda pilih.

Baca juga: Nissan March 2019, Apa Bedanya dengan Mobil Sebelumnya?

Kompetitor Utama Nissan Terra 2019

Dari beberapa mobil SUV yang dipasarkan di Indoenesia, perlu diakui juga jika mobil ini tidak hadir gagah sendirian. Ada kompetitor yang cukup kuat. Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner adalah mobil SUV lain yang memiliki tampilan tidak kalah memikat jika dibandingkan dengan mobil ini.

Bahkan bisa dikatakan kedua mobil tersebut adalah raja dari mobil jenis SUV di Indonesia. Meskipun demikian, dengan adanya opsi lain yang tidak kalah bagusnya, mobil SUV dari Nissan ini kemungkinan besar akan menjadi ancaman terbesar untuk Pajero dan Fortuner.

Pilihan Warna Nissan Terra 2019

Pada dasarnya, pilihan warna dari mobil jenis SUV memang lebih gahar jika dibandingkan dengan model mobil lainnya. Untuk pilihan warna dari mobil ini, disediakan pilihan warna yang cukup banyak, mulai dari hitam, brilliant silver, putih pearl, lalu ada juga nuansa earth borwn, dan warna-warna twiligth.

Kelebihan Nissan Terra 2019

Salah satu kelebihan yang cukup menonjol dari mobil ini adalah adanya sistem infotainment untuk layar sentuh, memiliki lingkar kemudi multifungsi, jok dengan bahan kulit yang elegan, dan adanya pengaturan jok elektrik, serta climate control dual zone.

Kemudian untuk fitur pendukung lainnya bisa dilihat dengan hadirnya enam airbag yang akan membuat para penumpangnya lebih aman. Ada juga lane departure warning yang akan memberikan peringatan. Dilengkapi juga dengan around view monitor yang tidak kalah keren.

Selain itu dilengkapi juga dengan hill descent control, hill start assist, dan beberapa fitur canggih lain yang jika boleh jujur bisa mengalahkan mobil SUV lain sekelas Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Baca juga: Lexus LX 570: Mau Punya Mobil Supermewah?

Kekurangan Nissan Terra 2019

Jika diperhatikan secara lebih detail lagi, sedikit kekurangan yang ada pada mobil jenis SUV ini terletak pada eksteriornya bisa dikatakan kurang aerodinamis. Satu hal yang sedikit membuatnya berbeda adalah bentuknya yang cenderung kotak. Bagi para pecinta mobil jenis SUV pasti akan lebih melirik muka Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Fortuner.

Selain itu, desain interior dari mobil ini juga terlihat sedikit janggal. Jika Anda melihat bagian kabinnya, kelihatan tidak ada perbedaan yang mencolok dari line up Nissan jenis lainnya. Padahal sebagai mobil andalan dari Nissan seharusnya bisa memberikan nuansa lain yang bisa dijadikan sebagai ciri khas.

Dan dari segi harganya, model paling tinggi atau premium, yakni model 2.5 L diesel VL AT (4×4) dibanderol lebih mahal jika dibandingkan dengan pesaing lainnya, yakni Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Daftar Harga Nissan Terra 2019

Perlu diakui jika harga baru dari mobil ini memang cukup fantastis. Anda harus merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa membawa pulang mobil 7-Seater ini. Meskipun perlu diakui juga jika harga tersebut cukup sebanding dengan ketangguhan mesin yang dimilikinya. Memangnya berapa harga barunya?

  1. Pertama Tipe (4×2) dengan transmisi M/T dijual di kisaran harga Rp464.000.000,00.
  2. Kedua Tipe E (4×2) dengan transmisi A/T dijual di kisaran harga Rp490.000.000,00.
  3. Ketiga Tipe VL (4×2) dengan transmisi A/T dijual di kisaran harga Rp515.000.000,00.
  4. Dan untuk Tipe VL (4×4) dengan transmisi A/T dijual di kisaran harga Rp661.000.000,00.

Sayangnya, Nissan hanya menyediakan satu tipe yang sudah menggunakan sistem penggerak all wheel drive (4WD). Itupun bisa dibilang tipe paling tinggi yang harganya mencapai Rp661 juta.

Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil di Futuready

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Meskipun sebenarnya jika boleh jujur wajar saja jika Nissan Terra memiliki harga yang cukup mahal. Pasalnya, Nissan sendiri memang sengaja memasarkan mobil ini untuk mengisi segmen premium. Jadi jangan kaget jika tipe paling rendahnya saja harganya masih berada di kisaran Rp464 juta.

Itulah informasi singkat mengenai senjata andalan Nissan untuk menyaingi Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Mungkin sebagian besar dari Anda masih tertarik dengan Pajero Sport atau Toyota Fortuner, tapi tidak ada salahnya untuk menjadikan Nissan Terra sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan membeli mobil jenis SUV.

Comments are closed.