Ketahui Kisaran Biaya Pajak Ertiga Terbaru

Mobil

Setiap kendaraan bermotor harus patuh terhadap biaya pajak yang dibayarkan setiap tahun. Kira-kira, berapa ya kisaran biaya pajak Ertiga?

Tidak dipungkiri pesona Ertiga yang semakin lama mampu menghipnotis masayarakat Indonesia. Jenis mobil MPV ini tergolong mobil sejuta umat yang banyak disandingkan dengan Avanza dan Xenia. Pada tahun 2019 silam, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja menyegarkan Suzuki Ertiga dengan beragam fitur baru di eksterior maupun interior. Bahkan, beberapa fitur baru pun juga turut disematkan, khususnya untuk varian Ertiga GL dan GX.

Tentu saja, dengan adanya perubahan maupun penyematan fitur baru pada Suzuki Ertiga model 2019 ini maka ada perubahan harga, terutama untuk tipe GX dan GL. Oleh karena itu, Suzuki Ertiga 2019 ini diklaim menjadi salah satu model yang siap meramaikan pasar Low MPV di pasar Tanah Air.

Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil

Namun, sebelum Anda benar-benar tergiur dan membeli Suzuki Ertiga ini, tentu harus ada banyak hal di luar teknis yang perlu diperhatikan, seperti biaya perawatan per bulannya hingga bayar pajak ertiga yang harus diperhitungkan secara matang.

Nah, untuk Anda yang masih bingung berapa besaran pajak Ertiga, berikut ini ulasannya.

Daftar Pajak Ertiga Terbaru

besaran pajak ertiga

Tipe Tahun Biaya Pajak Ertiga
Suzuki Ertiga 2012 Rp1.913.000
Suzuki Ertiga 2013 Rp2.003.000
Suzuki Ertiga A/T 2014 Rp2.168.000
Suzuki Ertiga A/T 2015 Rp2.321.000
Suzuki Ertiga M/T 2015 Rp2.221.000
Suzuki Ertiga A/T 2016 Rp2.468.000
Suzuki Ertiga M/T 2016 Rp2.362.200
Suzuki Ertiga M/T 2017 Rp2.599.000
Suzuki Ertiga A/T 2017 Rp2.692.000
Suzuki Ertiga GL A/T 2018 Rp2.767.000
Suzuki Ertiga GL M/T 2018 Rp2.641.750
Suzuki Ertiga DX A/T 2018 Rp2.657.500
Suzuki Ertiga DX M/T 2018 Rp2.500.000
Suzuki Ertiga GA M/T 2019 Rp2.521.250
Suzuki New Ertiga GS A/T 2019 Rp2.962.250
Suzuki Ertiga DRZ (4X2) A/T 2019 Rp2.962.000
Suzuki Ertiga DRZ (4X2) M/T 2019 Rp2.804.750
Suzuki Ertiga SDX (4X2) M/T 2019 Rp2.741.750
Suzuki Ertiga SDX (4X2) A/T 2019 Rp2.899.750

Selain membahas mengenai pajak Ertiga, berikut ini juga ada ulasan mengenai kelebihan dan juga kekurangan dari mobil ini berikut ini. Jadi, sebelum membeli pastikan Anda sudah mengetahui semua hal-hal yang berkaitan dengan mobil ini, ya. Selain itu, jangan lupa membeli proteksi kendaraan untuk Ertiga Anda nantinya, ya!

Kelebihan Suzuki Ertiga

Desain Eksterior dan Interior Elegan

Salah satu hal yang menjadi kelebihan dari suzuki ertiga ini adalah pada desain bodi yang tampak lebih elegan dan mewah. Hal ini sangat dipengaruhi dari ukuran mobil tersebut yaitu dengan ukuran 4.625 x 1.695 x 1.685 mm. Untuk jarak poros antara roda-roda mobil ini sekitar 2.740 mm, sedangkan untuk ukuran pijak depan mobil sekitar 1.480 mm, jarak pijak belakang sekitar 1.490 mm, dan pada jarak terendah mobil ini sekitar 185 mm.

Selain itu tampilan elegan dari mobil ini juga dikarenakan adanya lampu depan mobil yang berukuran besar dengan dilengkapi halogen yang berfungsi untuk mendinginkan mesin kendaraan. Selain tampilan nya eksterior nya terlihat elegan, bodi suzuki ertiga terlihat sangat kokoh.

Tidak hanya bagian eksterior mobil ini saja yang terlihat elegan, namun bagian interior mobil ini juga tampil begitu elegan. Selain itu, ukuran mobil tersebut juga membuat kabin mobil cukup luas sehingga dapat menampung 7 orang penumpang di dalamnya. Bahkan ukuran dari kabin mobil ertiga lebih luas dibandingkan dengan mobil lain pada kelasnya. Ukuran dari legroom dan headroom nya cukup luas sehingga dapat membuat penumpang di dalamnya merasa nyaman. Selain itu, faktor kenyamanan juga bisa Anda rasakan melalui jok mobil yang digunakan. bangku monil yang tebal dan ditambah dengan pelapis yang berkualitas membuat penumpang merasa nyaman meskipun harus berkendara jarak jauh.

Mesin Bertenaga

Dengan menggunakan mesin K14B DOHC-VVT yang memiliki katup 16 dan silinder 4 in-line ini dapat membuat suzuki ertiga mampu mengeluarkan tenaga maksimal 95 PS pada putaran  6000 rpm serta torsi maksimal 130 Nm pada putaran 4000 rpm dengan perbandingan kompresi 1:10. Sedangkan untuk mesin VVT nya sendiri sudah dibekali dengan fitur MPI, fitur Metal Timing Chain, dan fitur Drive Wire Technology yang dapat membuat peforma mesin menjadi maksimal namun tetap irit penggunaan bahan bakar.

Hemat Bahan Bakar

Hal lain yang menjadi keunggulan dari suzuki ertiga adalah pemakaian bahan bakar nya yang cukup hemat. Bahkan pemakaiannya yang irit ini jauh lebih unggul dibandingkan dengan mobil lain pada kelasnya. Penggunaannya bahan bakar nya pun mencapai 12-18 kilometer untuk satu liter bahan bakar. Hal ini dikarenakan adanya penyaluran tenaga FWD pada kendaraan sehingga membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih efisien.

Baca juga: Tidak Mahal, Ini Besaran Biaya Servis Ertiga

Ukuran Bagasi Luas

Selain ukuran kabin nya yang cukup luas, ternyata ukuran bagasi mobil ini cukup luas jika dibandingkan dengan mobil lain nya yang berada di kelasnya. Dengan ukuran bagasi yang luas ini Anda tak perlu khawatir lagi jika bepergian jauh dengan membawa banyak seperti mudik.

Fitur Keamanan Lengkap

nilai pajak ertiga

Dibandingkan mobil kompetitor lainnya, suzuki ertiga memiliki fitur keamanan yang cukup lengkap mulai dari Immobilizer, audio yang berkualitas, air bag tipe tertinggi, amrest yang terletak di bangku belakang, serta ABS EBD yang memang menjadi keunggulan dari suzuki ertiga. (baca juga: Cara Membersihkan Interior Mobil)

Rasio Transmisi yang Panjang

Kelebihan lainnya dari suzuki ertiga adalah rasio transmisi yang panjang. Dengan kondisi rasio transmisi yang panjang ini akan memudahkan pengemudi untuk melakukan akselerasi. Selain itu kondisi transmisi yang panjang juga akan memudahkan kendaraan jika melintasi daerah pegunungan yang medan nya cukup susah. Handling mobil ini juga cukup mumpuni sehingga membuat pengemudi semakin nyaman mengendarai mobil.

Kekurangan Mobil Ertiga

Di balik kelebihan yang banyak, tentu terdapat beberapa kekurangan yang wajib Anda ketahui juga. Berikut ini ulasan selengkapnya

Bau Sangit Ketika Digunakan Kecepatan Tinggi

Salah satu hal yang menjadi kekurangan dari mobil ertiga ini adalah munculnya bau sangit ketika mobil digunakan pada kecepatan diatas 100km/jam. Hal ini dikarenakan material yang digunakan merupakan ceramica catalic converter akan mengeluarkan bau sangit ketika suhu tinggi. Bahkan bau sangit tersebut bisa menembus hingga ke dalam kabin mobil. Bau sangit ini bahkan bisa bertahan hingga beberapa bulan dan tentunya akan sangat mengganggu perjalanan Anda.

Cat Bodi Mobil

Kekurangan lainnya dapat terlihat dari bodi luar mobil. Cat yang digunakan untuk melapisi mobil ini sangat tipis bila dibandingkan dengan mobil pada kelasnya. Bahkan terdapat beberapa bagian yang terlihat QC nya kurang baik. Cat yang tipis ini dikarenakan agar bobot mobil menjadi proporsional.

Ban Mobil Berkualitas Rendah

Ban mobil yang digunakan pada suzuki ertiga adalah ban dengan tipe ekonomis sehingga menyebabkan kualitas yang dirasakan di dalam kabin mobil menjadi berkurang dikarenakan ban ekonomis yang digunakan. Banyak pemilik ertiga yang mengatasi masalah ini dengan mengisi ban nitrogen serta melakukan pergantian ban pada saat pemakaian sudah mencapai 40.000 km.

Jok Tidak Dapat Dilipat

Jok mobil pada baris ketiga pada mobil ertiga memang dapat dilipat sehingga dapat membuat ruang bagasi menjadi lebih luas. Namun jok mobil yang ada di baris kedua tidak dapat dilipat seperti baris ketiga, hal ini lah yang menjadi kekurangan dari mobil ertiga ini. Selain itu, pelipatan dari jok mengarah ke belakang sehingga menyebabkan jok mobil menjadi cepat kotor karena cairan dari barang bawaan dapat tumpah ke jok mobil. Terkadang pula banyak pengguna yang menaruh bawang bawaan yang berat pada jok belakang mobil sehingga dapat merusak kondisi dari jok tersebut.

Sulit Menaiki Tanjakan Bila Kabin Penuh

kisaran pajak ertiga

Hal lainnya yang menjadi kekurangan dari suzuki ertiga adalah ketika mobil dalam kondisi yang penuh dan Anda mengendarai di jalan tanjakan tentunya membuat mobil menjadi sangat susah untuk dikendalikan. Hal ini dikarenakan tenaga mesin yang dihasilkan hanya 95 PS sedangkan kondisi mobil dalam muatan yang penuh. Tentunya hal ini tidak akan membuat Anda nyaman pada saat mengendarai. Ditambah jika kondisi jalanan tanjakan sedang licin akibat hujan dan usia ban mobil sudah mencapai lebih dari 30.000 km, maka pada saat mobil menaiki tanjakan tentunya ketidak nyamanan akan sangat terasa.

Baca juga: Mendapatkan Bengkel Rekanan semakin mudah dengan Fitur Baru di Futuready

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.