Mahalnya Biaya Pajak Mercedes Benz

Mobil

Ada beberapa faktor yang menjelaskan mengapa biaya pajak Mercedes Benz sangat mahal dibandingkan mobil pabrikan asal Jepang. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Semua orang pasti sudah mengenal merek mobil asal Jerman ini. Salah satu merek mobil mewah ini masih meramaikan pasar otomotif Indonesia. Meksipun banyak bermunculan mobil-mobil murah, tetapi Mercedes Benz tidak gentar karena segmen yang mereka targetkan adalah kelas menengah atas.

Hingga saat ini, Mercedes Benz atau Mersi dikenal sebagai produsen mobil mewah yang konsisten merilis mobil baru dengan teknologi tercanggih di kelasnya. Ada banyak sekali mobil mewah yang mereka pasarkan di Indonesia dengan harga ratusan juta sampai miliar rupiah. Jangan heran apabila harga mobil Mersi di Indonesia sangat mahal, karena rata-rata merupakan produk CBU yang diimport secara langsung dari luar negeri, sehingga harga jualnya sangat mahal.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Asuransi Mobil TLO Lebih Menguntungkan

Sejarah panjang mengiri kesuksesan Mercedes-Benz sebagai perusahaan mobil paling terkenal di dunia. Awal mula berdirinya Mercedes-Benz adalah berasal dari penemuan Karl Benz atas mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia yang dipatenkan pada bulan Januari 1886. Selama ini mereka tidak hanya membuat mobil pribadi, karena juga memproduksi Truk, Bus, dan berbagai jenis mesin lainnya. Alhasil nama Mercedes-Benz semakin mendunia dan dikenal oleh semua lapisan masyarakat.

Mobil Mercedes pertama adalah Benz Patent Motorwagen yang merupakan kendaraan roda empat berbahan bakar bensin pertama di dunia. Namun penjualan pertama dimulai pada tahun 1901 melalui Daimler Motoren Gesellschaft. Baru 25 tahun kemudian mobil yang menggunakan merk Mercedes-Benz diproduksi, setelah terjadinya merger antara Benz dan Daimler menjadi Daimler-Benz.

besaran pajak mercedes benz

Beberapa tipe kendaraan keluaran mereka di antaranya A-Class (hatchback), B-Class (MPV), CL-Class (coupe), GL-Class (off road), M-Class (SUV), S-Class (sedan), dan SL-Class (roadster). Penamaan model juga acap menggunakan kode alfanumerik (kombinasi angka dan alfabet) yang menunjukkan kapasitas mesin serta tipe bodi atau tipe mesin. Sebagai contoh, “D” berarti menggunakan mesin diesel, “E” berarti menggunakan mesin bensin dengan sistem injeksi, “L” untuk mobil sedan jenis sport, “R” untuk mobil balap, dan “S” untuk mobil eksklusif atau tipe unggulan.

Biaya Pajak Mercedes Benz

Setelah berita kenaikannya pajak untuk mobil mewah yang sudah diumumkan pada tahun 2018 silam, tidak menggetarkan produsen mobil mewah salah satunya Mercedes Benz. Meskipun pajak yang ditetapkan pemerintah naik, tetapi tidak mengurungkan niat masyarakat untuk membeli mobil mewah.

Ada beberapa tipe mobil Mercedes Benz berserta kisaran pajak yang harus dibayarkan per tahunnya, seperti Mercedes Benz C 300 Couple (C205) A/T Cbu tahun 2019 berkisar Rp24 jutaan. Kemudian ada juga Mercedes Benz SLC 200 A/T (R172) Cbu tahun 2019 beekisar Rp18 juta. Jika diihat, tentu biaya pajak yang dikeluarkan sangatlah besar dibandingkan mobil keluaran Honda, Toyota, dan lainnya.

Mengapa Pajak mobil mewah keluaran Mercedes Benz sangat mahal? Salah satu faktor mengapa pajak mobil Mercedes Benz sangat mahal dikarenakan harga yang dipasarkan pun sangat mahal. Itu sebabnya, Mercedes Benz menargetkan orang-orang yang tergolong pada kasta tinggi karena memiliki penghasilan yang besar sehingga bisa menutupi biaya pajak yang setiap tahun harus dibayarkan.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mobil Merek Mercedes Benz

Mercedes Benz termasuk salah satu mobil Eropa yang sangat terkenal untuk kalangan menengah atas. Meksipun menawarkan harga mobil yang fantastik, tetapi tidak mengurungkan niat masyarakat yang berpenghasilan lebih untuk membelinya.

Nah, jika Anda temasuk ke dalam kategori menengah atas dan berniat ingin membeli salah satu tipe dari pabrikan ini, ketahui dulu kelebihan dan juga kelemahan dari tipe mobil Eropa secara umum.

Kelebihan Mobil Eropa

Performa Mesin Mumpuni Dan Bandel

Kualitas mesin mobil Eropa tentu tak diragukan lagi. Meski terkadang performanya harus diimbangi dengan kualitas dan volume bahan bakar yang diatas rata-rata.

Mengutamakan Keselamatan Penumpang

kisaran pajak mercedes benz

StAndar keselamatan mobil Eropa yang tinggi membuatnya wajib memiliki fitur-fitur canggih yang menunjang keselamatan berkendara. Airbags sudah pasti menjadi fitur yang wajib ada di mobil-mobil Eropa. Bahkan Komisi uni Eropa tengah mengajukan proposal terkait sistem keselamatan mobil yang rencananya akan diberlakukan mulai tahun 2021. Yaitu beberapa fitur keselamatan canggih seperti autonomous emergency braking (AEB), lane keeping assistance, reversing cameras, dan driver fatigue detection harus ada di mobil-mobil eropa.

Baca juga: Cara Hitung Premi Asuransi All Risk dan TLO

Memiliki Fitur Canggih

Kecanggihan teknologi yang tertanam di mobil-mobil Eropa kerap menjadi Andalan. Misalnya personal asistant dan kemudi otomatis yang tertanam di mobil-mobil canggih masa kini asal Eropa.

Eksterior dan Interior Mewah

Harga yang relatif mahal tak menjadi masalah dengan tampilan eksterior dan interior kelas premium. Tampilannya tentu berbeda dan tidak pasaran. Membuat pemilik mobil Eropa merasa spesial.

Kualitas Bahan Body dan Besi Lebih Bagus

Selain body yang umumnya lebih besar, kualitas bahan pembuat mobil eropa juga terkenal lebih bagus dan lebih awet.

Kekurangan Mobil Eropa

Harga Relatif Lebih Mahal Dibandingkan Mobil Jepang

Mobil Eropa biasanya memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan mobil Jepang. Hal inilah yang membuatnya kalah populer di Indonesia. Tak dapat dipungkiri, harga tentu menjadi pertimbangan utama saat orang Indonesia membeli mobil.

Harga Jual Second Mobil Eropa Terbilang Jatuh

Harga barunya yang mahal, membeli mobil Eropa second sebenarnya bisa jadi pilihan. Harga jual second mobil Eropa bisa terpaut 30-50% dengan harga barunya. Hal ini dikarenakan suku cadang mobil Eropa terbilang cukup jarang dipasaran dan harganya menggerus isi kantong sehingga minat untuk membeli mobil Eropa second pun tidak terlalu besar.

Suku Cadang Jarang di Pasaran dan Sulit Didapat

Ketersediaan suku cadang adalah hal yang patut dipertimbangkan saat ingin memiliki mobil Eropa. Bengkel resmi mobil Eropa jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan bengkel resmi mobil Jepang. Pun pula, bengkel umum yang mampu menangani mobil-mobil Eropa jumlahnya sangat sedikit. Seringkali ketika ada kerusakan dan membutuhkan penggantian suku cadang, pemilik mobil Eropa harus bersabar untuk memesan atau indent terlebih dahulu suku cadang yang dibutuhkan. Belum lagi, karena jarang ada harganya tentu juga mahal. Mau cari yang KW? Sedikit sekali suku cadang mobil Eropa yang KW.

Boros Bahan Bakar

Alokasikan dana lebih untuk anggaran bahan bakar jika Anda berniat memiliki mobil Eropa. Meski demikian, borosnya konsumsi bahan bakar mobil Eropa diimbangi dengan performa mesin yang mumpuni.

Sedikitnya Bengkel yang Bisa Menangani Mobil Eropa

harga pajak mercedes benz

Memilih bengkel untuk perbaikan mobil Eropa tidak semudah menemukan bengkel untuk mobil Jepang. Mengingat ada bagian-bagian dan fungsi-fungsi yang berbeda dengan mobil Jepang serta rumitnya sistem kelistrikan, sensor-sensor serta struktur mesin mobil Eropa. Pastikan bengkel yang Anda pilih untuk melakukan perbaikan sudah berpengalaman menangani mobil Eropa.

Nah, mengingat besarnya biaya perawatan dan pajak mobil Mercedes Benz, tentunya kita ingin memberikan perlindungan terbaik bagi mobil ini nantinya. Futuready Indonesia menyediakan berbagai pilihan produk perlindungan kendaraan terbaik yang bisa Anda pilih. Jadi, sudah siap untuk memiliki Mercedes Benz Anda sendiri?

Baca juga: Apa Perbedaan Bengkel Resmi dan Tidak Resmi?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.