Berapa Kisaran Pajak Mobil BMW Setiap Tahunnya?

Mobil

Dinobatkan sebagai produsen mobil mewah, pajak mobil BMW tentu tidak murah. Kira-kira berapa kisaran biaya pajak BMW yang harus dibayarkan setiap tahunnya?

BMW yang merupakan singkatan dari Bayerische Motoren Werke, atau dalam Bahasa Inggris, Bavarian Motor Works adalah salah satu produsen mobil mewah asal Jerman. Selain mobil Eropa lainnya, BMW juga termasuk produsen mobil yang turut meramaikan pasar otomotif Indonesia dan tidak sedikit mobilnya dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Harga pajak mobil BMW pun terbilang mahal, meski masih cukup variatif.

Sebelum membahas mengenai pajak mobil BMW, mari kita bahas sejarah singkat produsen mobil asal Jerman ini. BMW berdiri pada tahun 1916 oleh Franz Josef Popp. Saat ini, salah satu produsen otomotif  terbesar di dunia telah memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk MINI tahun 2001 dan Rolls-Royce tahun 1998. Namun, kabar paling mengejutkannya, BMW sempat memproduksi pesawat terbang, sebelum akhirnya berhenti karena adanya Perjanjian Versailles. Suatu perjanjian damai yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia I antara Sekutu dan Kekaisaran Jerman bahkan logo lingkaran perusahaan ini pun terinspirasi dari sistem pendorong pesawat.

Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil

Hingga saat ini, BMW telah memproduksi berbagai jenis kendaraan roda empat. Mulai dari tipe hatchback (seri 1, F20), MPV (seri 2, F45), Wagon (seri 3, F30), sedan (seri 7, F01), sports (Z4, E89), hingga mobil listrik (i3). Pabriknya tersebar di seluruh dunia, termasuk di Thailand, Rusia, Mesir, Indonesia, Malaysia, dan India. Untuk seri 7 yang disebutkan barusan sendiri merupakan lini eksekutif produk mereka, dan biasanya digunakan untuk memperkenalkan teknologi-teknologi terbaru BMW. Seperti penggunaan hidrogen sebagai bahan bakar (seri E65), integrasi mesin fax (seri E32), dan transmisi otomatis 8 percepatan (F01/F02).

kisaran pajak mobil bmw

Terdapat pula seri “M” atau dikenal dengan BMW M. Seri mobil ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan balap mereka yang sangat sukses pada tahun 1960-an dan 1970-an. Beberapa tipe populer dimodifikasi sehingga menjadi lebih mewah atau lebih kencang. Penandanya adalah adanya embel-embel “M” pada seri mobil yang bersangkutan, menAndakan bahwa mesin, transmisi, suspensi, interior, aerodinamika, dan eksteriornya sudah dimodifikasi.

Biaya Pajak Mobil BMW

Sama hanya dengan Merceds Benz, mobil BMW juga masuk ke dalam mobil mewah yang pajaknya sudah dinaikan sejak 2018 silam oleh pemerintah. Namun, meskipun biaya pajak yang harus dieluarkan cukup bsaer, tetapi tidak menyurutkan hati masyarakat Indonesia untuk memiliki mobil mewah ini.

Untuk tahun ini, sudah ada bocoran berapa besar biaya pajak yang harus dibayarkan. Contohnya BMW seri sedan I8 RHD AT berkisar Rp54 jutaan. Kemudian ada lagi tipe M3 AT berkisar Rp30 jutaan. Selanjutnya yang paling mencengangkan adalah M760LI XDRIVE AT sebesar Rp75 jutaan.  Tentu jika dibandingkan dengan produsen mobil asal Jepang, speerti Diahatsu dan Toyota, biaya pajak mobil ini terbilang sangat fantastik.

Dibalik mahalnya biaya pajak, ada harga dan juga kualitas yang diberikan oleh produsen mobil tersebut. Harga pajak yang mahal tentu mengikuti harga jual mobil tersebut. Semakin mahal harga jual yang ditawarkan, semakin mahal juga pajak yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, target atau pasar yang dituju oleh mobil ini adalah masyarakat kelas A yang secara pengahasilan cukup besar sehingga mampu membeli mobil-mobil mewah ini dan juga bisa membayar pajak setiap tahunnya.

Namun, harga jual mobil mewah ini tentu sebanding dengan kualitas yang bisa Anda rasakan sebagai pengemudi. Nah, jika Anda masih belum tahu apa saja yang membuat mobil ini dibandrol cukup mahal, berikut ini perbedaan Eropa dibanding mobil Jepang.

Perbedaan Secara Umum Mobil Eropa dengan Jepang

Berikut ini beberapa perbedaan secara umum mobil Eropa dan Jepang yang dilansir dari kompas.com.

Kualitas Mesin

besaran pajak mobil bmw

Kualitas mobil buatan Eropa memang lebih bagus daripada Jepang. Anda bisa merasakannya melalui kekuatan mesinnya. Tentu kualitas tadi diikuti dengan harga mobil. Pengaruh lainnya juga soal penataan berbagai komponen di dalam mesin mobil karya orang Eropa juga cenderung lebih rapi. Namun, bukan berarti mobil buatan Jepang terlihat buruk, ya. Mobil buatan Jepang biasanya irit BBM.

Baca juga: Melihat Kehebatan Si Mini SUV BMW X2

Bentuk Ukuran Mobil

Dalam hal ukuran, mobil Jepang dan Eropa dipengaruhi oleh bentuk tubuh mayoritas pengendaranya. Oleh karena itu, kebanyakan orang Eropa berperawakan tinggi dan besar, mobil yang diproduksi pun beratap tinggi dan lebih besar. Oleh karenanya, mobil buatan Eropa lebih tahan terhadap cuaca yang ekstrem sekalipun.

Target Pasaran

Mobil dari Eropa memang jarang dijual di Indonesia. Hal itu mungkin saja terjadi, Andaikata kemajuan ekonomi negara kita mampu bersaing dengan negara-negara di Eropa. Soalnya mobil buatan Eropa itu mahal-mahal dan untuk kalangan atas saja. Beda dengan Jepang.

Proses Pembelian

Tidak bisa dipungkiri kalau negara-negara di Benua Eropa lebih dulu maju daripada Jepang. Namun, saat ini Jepang sudah mampu menyaingi produk mobil buatan Eropa. Lalu dalam proses pembelian, mobil Eropa biasanya langsung tunai. Sedangkan mobil yang Jepang lebih banyak dijual secara kredit. Jika dilihat sepintas pun, mobil Jepang cenderung lebih murah dan terjangkau masyarakat Indonesia.

Segi Kemudi

melirik pajak mobil bmw

Produk buatan Jepang memang lebih mendominasi daripada produk Eropa. Lihat saja orang Indonesia yang menyetir di sebelah kanan. Beda dengan mobil rakitan Eropa yang setirnya di kiri. Banyak mobil Jepang dijual karena terdapat banyak cabang perusahaan rakitan mobil asal Jepang di Indonesia.

Itulah informasi seputar biaya pajak BMW dan juga penyebab harga serta biaya pajak mobil mewah cenderung sangat mahal dibandingkan mobil lainnya. Mengingat mahalnya biaya pajak dan perawatan mobil BMW, tentu Anda tidak ingin hal buruk terjadi pada BMW kesayangan. Maka dari itu, berikan perlindungan terbaik untuk kendaraan Anda lewat asuransi mobil dari Futuready, ya!

Baca juga: Pahami Cara Blokir STNK dengan Cermat dan Tepat

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp
(widget)

Comments are closed.