Menghitung Perkiraan Biaya Pajak Mobil Xenia

Mobil

Selain memperkirakan biaya servis, Anda juga harus memperhitungan biaya pajak mobil Xenia sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut ini perkiraan biayanya.

Bukan hanya bagunan saja yang harus membayar pajak, tetapi otomotif juga memiliki peraturan patuh pajak setiap tahunnya. Anda yang memiliki mobil pribadi atau baru berencana ingin memilikinya jangan hanya mengatur bujet untuk perawatannya saja, tetapi juga ada pajak setiap tahun yang harus dibayarkan.

Berbicara tentang mobil, Daihatsu Xenia menjadi salah satu mobil yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Sama seperti saudara kembarnya, Toyota Avanza, hingga diakhir peluncurannya, kedua mobil tersebut dinobatkan sebagai mobil sejuta umat.

Baca juga: Beli Mobil Keluarga, Berikut 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan

Walaupun dikeluarkan secara kembar, akan tetapi kedua mobil ini mempunyai kualitas dan kelebihan masing masing. Adapun salah satu Kelebihan Daihatsu Xenia ,yaitu harga yang sangat terjangkau jika dibandingkan kembarannya tersebut. Hanya dengan uang Rp 200juta, kita sudah bisa membawa pulang mobil daihatsu ini. Apalagi jika kita membeli Mobil Daihatsu Bekas tentu saja harganya akan lebih murah. Lalu bagaimana dengan besaran pajak mobil Xenia?

Daftar Biaya Pajak Mobil Xenia Semua Tipe

besaran pajak mobil xenia

Khusus untuk Daihatsu Xenia, memiliki beberap tipe. Mulai dari tipe stAndar hingga tipe terkomplit yang pasti harganya jauh lebih mahal. Nah, untuk Anda yang masih belum mengetaui besaran biaya pajak mobil Xenia dari semua tipe, berikut ini informasi selengkapnya.

Tipe Tahun Biaya Pajak
Pajak Xenia Xi 1.3 Keluaran 2011 Rp1,703,000,-
Pajak Xenia Xi 1.3 Keluaran 2010 Rp1,673,000,-
Pajak Xenia Xi 1.3 Keluaran 2007 Rp1,268,000,-
Pajak Xenia Xi 1.3 Keluaran 2005 Rp1,193,000,-
Pajak Xenia Xi 1.3 Keluaran 2004 Rp1,118,000,-
Pajak Xenia Li 1.0 Keluaran 2011 Rp1,593,000,-
Pajak Xenia Li 1.0 Keluaran 2010 Rp1,568,000,-
Pajak Xenia Li 1.0 Keluaran 2008 Rp1,236,800,-
Pajak Xenia Li 1.0 Keluaran 2005 Rp938,000,-
Pajak Xenia Li 1.0 Keluaran 2004 Rp893,000,-
Pajak New Xenia R 1.3 Keluaran 2014 Rp1,943,000,-
Pajak New Xenia R 1.3 Keluaran 2013 Rp1,928,000,-
Pajak New Xenia R 1.3 Keluaran 2012 Rp1,853,000,-
Pajak New Xenia R 1.3 Keluaran 2011 Rp1,778,000,-
Pajak New Xenia X 1.3 Keluaran 2014 Rp1,943,000,-
Pajak New Xenia X 1.3 Keluaran 2013 Rp1,868,000v
Pajak New Xenia X 1.3 Keluaran 2012 Rp1,808,000,-
Pajak New Xenia M 1.0 Keluaran 2013 Rp1,763,000,-
Pajak New Xenia M 1.0 Keluaran 2012 Rp1,688,000,-
Pajak New Xenia D 1.0 Keluaran 2014 Rp1,703,000,-
Pajak New Xenia D 1.0 Keluaran 2013 Rp1,673,000,-

 

Setelah melihat Tabel Biaya Pajak Daihatsu Xenia yang ada diatas bisa kita ketahui bahwa pajak tahunan mobil keluarga daihatsu ini sangat beraneka ragam atau bervariasi. Misalkan saja untuk Pajak Tahunan Daihatsu Xenia keluaran tahun 2010 berbeda dengan Biaya Pajak Daihatsu Xenia keluaran tahun 2011. Dari tabel biaya pajak diatas, bisa kita simpulkan bahwa semakin baru tahun keluarannya maka biaya pajak yang harus dibayarkan lebih mahal meskipun selisihnya tidak terlalu besar.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia

Untuk Anda yang berencana baru akan membeli Daihatsu Xenia, ketahui terlebih dahulu kelebihan dan juga kekurangan dari mobil berikut ini.

Desain Simple dan Terkesan Modern

kelebihan Daihatsu Xenia pertama yang  bisa dilihat dari sisi eksteriornya, yaitu mobil ini sengaja dirancang dengan dimensi dan konsep desain yang mengedepankan sisi humanis. Namun, tak lupa pula bahwa Daihatsu Xenia ini juga mengusung gaya desain elegan yang memunculkan aura kemewahannya sehingga meski tampak simple namun tetap terlihat modern dan elegan. Tentu saja, kelebihan Daihatsu Xenia yang satu ini tak lagi menjadi hal yang meragukan bagi masyarakat Indonesia.

Ruang Kabin Cukup Lega

berapa pajak mobil xenia

Selanjutnya, untuk ruang kabin yang diusung mobil ini juga cukup luas mengingat dengan ukuran dimensi 4190 x 1660 x 1685 mm dengan bobot mencapai antara 1060 dan 1085 Kg tersebut maka sudah jelas jika MPV ini memiliki kabin yang begitu lega. Sehingga, dengan begitu maka penumpang pun akan merasa lebih nyaman mengingat memiliki ruang gerak yang lebih luas. Dengan demikian tentunya ruang kabin yang berukuran lega ini menjadi kelebihan Daihatsu Xenia yang memang tak terbantahkan.

Irit Bahan Bakar

Kelebihan yang banyak disanjung oleh masyarakat adalah iritnya bahan bakar dari mobil ini. Pasalnya, mobil ini mesin EJ-VE DOHC VVT-I dan 1NR-VE DOHC Dual VVT-I yang keduanya sama-sama dilengkapi dengan teknologi injeksi EFI. Sehingga, sangat wajar jika MPV buatan Daihatsu ini sangat efisien dalam urusan konsumsi bahan bakar. Sebuah kelebihan Daihatsu Xenia yang memang bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen

Baca juga: Kecanggihan New Daihatsu Xenia yang Semakin Memukau

Spare Part yang Mudah Didapat

Daihatsu termasuk pabrikan mobil yang memiliki bengkel resmi terbanyak diseluruh Indonesia. Selain itu, Daihatsu juga menyediakan 235 jaringan diler penjualan dan purnajual di seluruh Indonesia untuk konsumen Daihatsu. Menariknya, hampir seluruh bengkel umum pun mampu melakukan perbaikan dan perawatan mobil ini. Suku cadang tak sulit dicari karena berbagi komponen dengan saudaranya yang bernama Avanza dan sudah banyak suku cadang buatan non orisinil yang beredar. Tentu saja, fakta tersebut menjadi kelebihan Daihatsu Xenia dalam bersaing dengan para kompetitornya.

Harganya Cenderung Murah

Nah, yang menjadi daya tarik konsumen akan mobil MPV ini yaitu terletak pada harganya yang terbilang cukup menggoda. Tentu, banderolnya yang murah menjadi kelebihan Daihatsu Xenia yang cukup membuatnya kian populer dan diminati oleh masyarakat di Tanah Air. Apalagi, para pesaingnya di segmen yang sama dibanderol dengan harga yang sedikit tinggi dari Xenia. Dengan begitu, harga jualnya yang sangat terjangkau ini semakin melengkapi kelebihan Daihatsu Xenia.

Kekurangan Daihatsu Xenia

Masih Kalah Gengsi dengan Avanza

Ada kelebihan dan ada juga kekurangan. Untuk mobil ini memiliki kelemahan pada bidang branding. Daihatsu Xenia masih mengalami kalah pamor dengan saudara kembarnya, yaitu Toyota Avanza. Sehingga, tak heran jika orang disuruh memilih, tentu kebanyakan akan cenderung memilih Avanza meski harganya sedikit lebih tinggi. Tentu saja, kekurangan Daihatsu Xenia yang satu ini merupakan hal yang wajar karena berkaitan dengan brand.

Ruang Kabin Kurang Senyap

Meksipun memiliki ruang kabin yang lebih luas, tetapi untuk segi kesenyapan, ruang kabin yang diusung dinilai masih terlalu berisik sehingga para konsumen sangat mengeluhkan hal ini. Bukan tak ada alasan mengingat kesenyapan dalam kabin sangat berkaitan erat dengan kenyamanan penumpang saat berada dalam kabin. Maka, kekurangan Daihatsu Xenia ini agaknya perlu mendapat perhatian serius dari pihak pabrikan jika tak ingin membuat para konsumen kecewa.

Fitur-Fitur Masih Standar dan Minimalis

Selain itu, kekurangan Daihatsu Xenia juga tampak pada minimnya fitur-fitur yang dibawanya, baik sebagai penunjang keselamatan maupun kenyamanan. Oleh sebab itu, bagi konsumen yang jeli dan kritis tentu saja kurang lengkapnya fitur yang dibawa Xenia ini akan membuat mereka mengurungkan sejenak niatnya untuk membeli MPV buatan Daihatsu ini. Tak hanya itu saja, keberadaan fitur-fitur ini pun juga sebenarnya akan menambah nilai tambah tersendiri meskipun pada akhirnya akan berdampak pada harganya yang nantinya sedikit lebih mahal. Namun, hal tersebut tampaknya tak menjadi perhatian pihak pabrik Daihatsu sendiri. Sehingga, mau tak mau dengan kejadian atau realitas tersebut maka hal ini menjadi kekurangan Daihatsu Xenia yang perlu mendapat perhatian serius jika tak ingin kehilangan banyak konsumen.

Tak Dilengkapi Sistem Keselamatan yang Mumpuni

Yang menjadi kekurangan Daihatsu Xenia pun juga terletak pada fitur penunjang keselamatannya. Di mana, sangat disayangkan bahwa fitur keselamatannya tak dilengkapi rem berteknologi ABS (Anti-lock Brake System). Padahal, fitur keselamatan aktif ini cukup penting mengingat banyak kompetitornya sudah menggunakan fitur ini termasuk saudaranya, Avanza. Apalagi, fitur pengereman berteknologi ABS ini sangat efektif dalam mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan ban terselip. Oleh sebab itu, dengan tak dilengkapinya fitur ABS ini maka menjadi salah satu kekurangan Daihatsu Xenia yang akan membuat konsumen kecewa.

Harga Jual Bekas Turun Drastis

kisaran pajak mobil xenia

Tak dapat dipungkiri jika melihat fakta bahwa salah satu yang menjadi kekurangan Daihatsu Xenia ini terletak pada harga jual bekas yang sangat rendah atau turun drastis. Tentu, hal ini tak lepas dari keberadaan Avanza yang masih mendominasi pasar MPV, baik yang baru maupun yang bekas. Dengan realita yang ada tersebut, tentu saja akan membuat Xenia tak berkutik. Pastinya, kekurangan Daihatsu Xenia yang satu ini akan menjadi perhatian para konsumen sebagai bahan pertimbangan mereka sebelum membelinya. Selain itu, jangan lupa juga mempertimbangkan untuk membeli asuransi kendaraan untuk Daihatsu Xenia nanti ya.

Baca juga: Mendapatkan Bengkel Rekanan semakin mudah dengan Fitur Baru di Futuready

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Sumber foto: Daihatsu.co.id

Comments are closed.