Mengintip Perkiraan Biaya Pajak Toyota Rush

Mobil

Besar kecilnya biaya pajak Toyota Rush dipengaruhi beberapa faktor. Apa saja faktor yang mempengaruhinya dan berapa perkiraan besar pajak dari mobil ini?

Siapa yang setuju jika Toyota Rush memiliki desain body yang gagah dan menawan? Pasti hampir semua masyarakat Indonesia memiliki pendapat yang sama. SUV miliki Toyota ini memang hadir dengan memberikan warna yang baru. Meksipun secara bodi terlihat cukup besar, tetapi kesan elegan tidak menghalangi mobil ini untuk mampu menebarkan pesonanya kepada masyarakat Indonesia. Banyak diantara mereka yang terpanah dan ingin memiliki mobil ini.

Berbicara mengenai pajak, tentu sudah ada Undang Undang Dasar yang menjelaskan perihal ini, yaitu Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU 22/2009”) dengan tegas mewajibkan pengemudi kendaaraan bermotor untuk menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) setiap diadakan pemeriksaan oleh pihak yang berwenang. Hal ini diatur dalam Pasal 106 ayat (5) UU 22/2009 sebagai berikut:

Baca juga: 4 Cara Merawat Mesin Mobil yang Tidak Boleh Ditinggalkan

h2 style=”font-size: 20px;”

Pada saat diadakan pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor wajib menunjukkan:

besaran pajak toyota rush

  • Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor;
  • Surat Izin Mengemudi;
  • Bukti lulus uji berkala; dan/atau
  • Tanda bukti lain yang sah.

Tidak hanya saat pemeriksaan saja, pada dasarnya setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).[1] Berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (“Perkapolri 5/2012”), STNK adalah dokumen yang berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian Ranmor (kendaraan bermotor).

Apa Akibatnya Jika Pengendara Tidak Membayar Pajak Kendaraan Bermotor?

Dikarenakan pajak kendaraan bermotor sudah diatur dalam Undang Udang Dasar, tentu ada sanksi yang harus diterima jika tidak membayar pajak.

Surat Keputusan No. Pol.: SKEP/443/IV/1998 tentang Buku Petunjuk Teknis tentang Penggunaan Blanko Tilang bagian Pendahuluan No. 4 huruf a ayat (2) mengenai pelanggaran lalu lintas jalan tertentu menjelaskan bahwa sesuai Penjelasan Pasal 211 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (“KUHAP”), mengemudikan kendaraan bermotor yang tidak dapat memperlihatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Tanda Uji Kendaraan (STUK), yang sah atau tanda bukti lainnya yang diwajibkan menurut ketentuan perundang-undangan lalu lintas jalan atau ia dapat memperlihatkan tetapi masa berlakunya sudah kadaluwarsa dapat digolongkan dengan Pelanggaran Lalu Lintas Jalan Tertentu.

Baca juga: Memperbaiki Pintu Mobil Pentok Tanpa Harus ke Bodi Repair

Atas pelanggaran lalu lintas tersebut, Pasal 260 ayat (1) UU 22/2009 mengatur kewenangan bagi Penyidik Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk melakukan tindakan sebagai berikut:

  • memberhentikan, melarang, atau menunda pengoperasian dan menyita sementara Kendaraan Bermotor yang patut diduga melanggar peraturan berlalu lintas atau merupakan alat dan/atau hasil kejahatan;
  • melakukan pemeriksaan atas kebenaran keterangan berkaitan dengan Penyidikan tindak pidana di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan;
  • meminta keterangan dari Pengemudi, pemilik Kendaraan Bermotor, dan/atau Perusahaan Angkutan Umum;
  • melakukan penyitaan terhadap Surat Izin Mengemudi, Kendaraan Bermotor, muatan, Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor, dan/atau tanda lulus uji sebagai barang bukti;
  • melakukan penindakan terhadap tindak pidana pelanggaran atau kejahatan Lalu Lintas menurut ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • membuat dan menandatangani berita acara pemeriksaan;
  • menghentikan penyidikan jika tidak terdapat cukup bukti;
  • melakukan penahanan yang berkaitan dengan tindak pidana kejahatan Lalu Lintas; dan/atau
  • melakukan tindakan lain menurut hukum secara bertanggung jawab.

Selain tindakan tersebut di atas, berdasarkan Pasal 288 ayat (1) jo. Pasal 106 ayat (5) huruf a UU 22/2009, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dilengkapi dengan STNK atau surat tanda coba kendaraan bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

berapa pajak toyota rush

Namun, sebelum Anda menentukan pilihan, tentu harus banyak hal yang diperhatikan. Mulai dari harga yang diitawarkan dari mobil ini, biaya perawatannya, hingga besar pajak tahunan atau perlima tahun yang dibayarkan. Nah, untuk Anda yang masih bingung berapa besar pajak mobil Toyota Rush, berikut ini ulasan selengkapnya.

Biaya Pajak Toyota Rush

No Tipe Mobil Tahun Biaya Pajak
1 Toyota Rush G 1.5 2007 Rp. 1.803.000
2 Toyota Rush G 1.5 2010 Rp. 2.318.000
3 Toyota Rush G 1.5 2011 Rp. 2.393.000
4 Toyota Rush G 1.5 2012 Rp. 2.498.000
5 Toyota Rush G 1.5 2013 Rp. 2.513.000
6 Toyota Rush S A/T 1.5 2007 Rp. 1.988.000
7 Toyota Rush S 1.5 2008 Rp. 2.093.000
8 Toyota Rush S A/T 2009 Rp. 2.423.000
9 Toyota Rush S 1.5 2011 Rp. 2.513.000
10 Toyota Rush S A/T 1.5 2012 Rp. 2.693.000

Sama halnya dengan merek mobil lainnya, semakin tua mobil tersebut, tentu semakin murah juga pajak yang harus dibayarkan. Namun, sebaliknya semakin baru mobil tersebut, semakin besar juga pajak yang harus ditanggung.

kisaran pajak toyota rush

Perlu diketahui selain tahun diterbitkannya mobilnya itu, hal lain yang menyebabkan biaya pajak kendaraan mahal atau murah itu tergantung dari tipe dan kapasitas mesin yang dibawa mobil itu sendiri. Bisa dikatakan semakin baru tahun keluarannya maka akan semakin mahal biaya pajaknya walaupun type mobil sama atau penggunaan kapasitas mesin sama. Ya meskipun selisih biaya pajaknya tidak terlalu jauh. Seperti yang kita lihat pada Tabel diatas, bahwa Biaya Pajak Mobil Toyota Rush sangat variatif.

Itu saja yang bisa kami berikan informasi seputar pajak mobil Toyota Rush yang perlu diketahui. Jadi, sebelum membeli ada baiknya pertimbangkan hal-hal lainnya juga ya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 9 Mobil MPV Murah dan Nyaman untuk Keluarga

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.