Pengemudi Pemula Begini Cara Parkir Paralel

Mobil

Pelajari cara parkir paralel yang tepat, sebab teknik yang salah bisa mengakibatkan mobil Anda menabrak kendaraan lain disekitarnya.

Parkir paralel jadi momok bagi pengemudi pemula, apalagi kalau bukan karena teknik memundurkan mobilnya. Tidak semua orang piawai mengendarai mobil dalam posisi mundur bahkan bagi mereka yang sudah lama mengendalikan setir. Salah teknik bisa menyebabkan kemacetan dan bahkan kemungkinan tabrakan dengan kendaraan lain. Agar tak mengalami kejadian nahas lebih baik pelajari cara parkir mobil secara paralel sedini mungkin. Begini langkah dan cara yang benar.

Cara Parkir Paralel

Luruskan Mobil

Saat mendapati tempat parkir yang penuh dan Anda terpaksa memarkir mobil ditengah-tengah mobil lain, perlu teknik dan kesabaran penuh. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mensejajarkan atau melurushkan mobil dengan posisi mundur. Artinya bagian belakang yang masuk lebih dulu ke area parkir.

Caranya dengan sejajarkan dulu mobil yang nantinya akan berada didepan mobil Anda, beri jarak sekitar 0,5 meter. Pindahkan persneling ke posisi R alias mundur, putar setir kekanan sampi habis.

Lihat pergerakan spion

Setelah mensejajarkan mobil langkah selanjutnya adalah memundurkan mobil dengan kemiringan 45 derajat. Bagaimana caranya mengetahui sudut mobil sudah tepat? Yakni dengan melihat spion kiri. Jika sudah sejajar dengan mobil lain yang nantinya bakal berada didepan Anda berarti kemiringan sudah pas. Luruskan posisi stir dan mundurlah secara perlahan.

Sempurnakan Posisi

Ketika mundur lihat bagian depan mobil, saat sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang berada di depannya berhenti dan putar setir ke posisi berlawanan secara penuh. Mundurkan mobil secara perlahan, perhatikan posisi mobil lewat kaca spion. Jangan sampai menabrak mobil lain.

Baca juga: Baca juga: Ini Asuransi Mobil yang Bagus dan Murah

Putar Stir Kembali

Jika posisi sudah masuk kedalam garis parkir dengan memutar stir secara berlawanan, rapikan posisi mobil dengan melihat lewat kaca spion. Parkir mobil yang tidak sempurna akan menyulitkan mobil lain yang lewat didekat kendaraan kita.

Jika sering berlatih sebenarnya cara parkir paralel itu mudah. Agar Anda selalu berhasil parkir dengan sistem ini perhatikan juga hal-hal penting seperti dibawah ini.

Parkir Mobil Matic

Jika kebetulan Anda menggunakan mobil matic, saat parkir paralel biasanya kebingungan karena harus meninggalkan mobil dalam posisi netral. Sementara hampir semua produsen mobil membuat sistem keamanan yang membuat mobil tidak bisa ditinggalkan dalam posisi netral, harus mati sempurna.

Namun, sebenarnya ada teknik yang bisa membuat mobil matic bisa tetap didorong atau dipindahkan dari satu area ke area lain yakni keberadaan tombol shift lock yang ada didekat transmisi. Sebelum menekan tombol ini, pastikan dulu rem tangan sudah dalam kondisi non aktif.

Untuk mengaktifkan fitur shift lock, Masukanlah gagang kunci ke lubang yang ada pada samping kanan tuas transmisi. Pertama, lepas gagang kunci dari “cangkang”nya dengan menggeser tombol yang ada di tengah kunci. Setelah gagang lepas barulah masukan ke shift lovk, tarik tuas ke posisi netral dan baru lepaskan gagang dari lubangnya.

Dengan begitu mobil matic Anda tetap bisa digerakkan. Tapi perlu diingat ya, tidak semua mobil punya teknologi ini, yang dijelaskan adalah teknologi mobil milik Honda.

Tips Parkir Mobil Paralel

Pahami Gerak Mobil

Saat memarkir mundur coba liat area sekeliling, jangan hanya mengandalkan spion namun tengoklah ke bagian luar. Karena bisa jadi ada hal-hal yang bisa menganggu selama parkir. Ingat ketika mobil ingin dibelok ke kanan mundur, maka kemudi harus diputar ke kanan habis, jangan melakukan sebaliknya karena berpotensi membentuk mobil disekitarnya.

Pintu bagasi yang terbuka bisa jadi cara jitu saat berlatih cara parkir, karena dengan begitu Anda jagi tahu bagaimana pergerakan roda dan kemudi saling berkaitan.

Pahami Lokasi Parkir

Hal paling penting ketika akan melakukan parkir paralel adalah memperhatikan area parkir dengan seksama. Apakah ruang kosong yang tersedia akan muat untuk mobil Anda. Ukuran dan bentuk mobil berbeda-beda, tidak jarang ada mobil besar yang menghabiskan space parkir untuk dua mobil.

Jangan memaksakan parkir jiga tempat yang tersedia sempit, karena Anda juga harus memikirkan bagaimana nanti mobil dibelakang maupun depan keluar dari area tersebut. Jika memaksakan diri bisa-bisa terjadi tubrukan saat mobil lain bergerak.

Upayakan posisi mobil Anda berhenti di pilar B yakni berada sejajar dengan bumper belakang mobil depan. Pilar B merupakan satu titik yang posisinya berada di belakang pintu atau sejajar dengan penyangga safety belt bagian depan mobil. Pilar B itu biasanya jadi titik tengah rata-rata dari kendaraan.

Baca juga: Cara Klaim Asuransi Mobil Secara Online

Jangan Panik

Pengemudi seringkali panik jika lama memarkir mundur mobilnya. Padahal kepanikan tersebut justru membuat kita makin sulit konsentrasi. Tidak usah memikirkan kendaraan lain yang sedang mengantri atau memedulikan klakson yang terus menyala, fokuslah untuk memarkir mobil dengan baik dan benar.

Namun, jika sudah terlanjut panik, mintailah bantuan petugas parkir untuk menempatkan mobil Anda dalam posisi yang benar. Atau jika tidak ada yang membantu keluar dari area parkir saja karena Anda berpotensi menjadi biang kemacetan.

Kuasai Rem

Salah satu cara parkir mobil dengan paralel yang baik adalah penguasaan rem yang tepat. Yakni tidak mendadak malainkan injak secara perlahan. Parkir paralel yang memosisikan mobil berjarak sangat dekat sangat mungkin membuat tubrukan antar kendaraan. Jadi kuasailah rem mobil dengan sempurna.

Baca juga: Mau Belajar Menyetir Mobil Manual? Begini Caranya!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Gunakan Ban Liddiard

Jika enggan memikirkan berbagai teknik atau cara parkir paralel yang membingungkan, Anda bisa mengambil pilihan lain yakni mengganti ban dengan band lain yang dapat berputar ke segala arah, namanya adalah Liddiard Wheels. Ditemukan oleh William Liddiard, ban tersebut merupakan roda omni-directional yang bisa dipasang di berbagai kendaraan.

Istimewanya lagi ban ini bisa Anda gunakan dalam segala cuaca dan kondisi jalanan. Ban ini bisa berjalan ke berbagai arah. Bisa berputar ke bagian dalam maupun luar velg, sehingga memungkinkan mobil bergerak menyerong ke samping, bahkan bisa berputar 360 derajat.

Itulah beberapa trik dan cara parkir mobil paralel yang bisa Anda praktikkan. Kuncinya adalah sering berlatih, jangan sampai karena pengetahuan Anda yang kurang membuat pengendara lain merasa rugi, rugi waktu dan bahan bakar karena menunggu lamanya pengemudi memarkir mobilnya.

Comments are closed.