Pecinta Otomotif Tunggu Kehadiran Ford Indonesia Kembali

Mobil

Meskipun hingga kini kabar kembalinya Ford Indonesia masih abu-abu, tetapi tidak ada salahnya untuk Anda bersiap mencari tahu tipe mobil Ford dan juga cara merawat serta mengendarai yang aman.  

Ford Motor Company atau yang sering dikenal dengan sebutan Ford adalah sebuah produsen mobil asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Henry Ford pada 16 Juni 1903. Ford merupakan salah satu merek mobil mewah yang namanya sudah sangat terkenal di dunia. Hal ini dibuktikan dari kiprah Ford yang merupakan perusahaan otomotif kedua terbesar di Amerika Serikat dan kelima terbesar di dunia pada tahun 2010.

Status Ford Indonesia yang hengkang dari pasar otomotif Indonesia, kemungkinan besar hanya sementara. Sebab, PT Mitra Bisnis (RMA Indonesia) yang disinyalir sebagai pemeran pengganti dari Ford Motor Indonesia ingin menjual kembali mobil-mobil Ford Indonesia yang sepertinya akan terealisasi pada tahun ini. Keinginan RMA Indonesia yang ingin menjual mobil Ford sudah diketahui sejak tahun lalu, tetapi hanya sebatas bisnis purnajual saja. Karena antusias dari masyarakat Indonesia yang masih tinggi, RMA Indonesia akan meningkatkan statusnya menjadi distributor dan menjual lagi mobil Ford Indonesia.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Lalu kapan Ford Indonesia resmi datang kembali? Untuk hal ini masih dirahasiakan oleh pihak RMA Indonesia. Nah, sambil Anda menunggu kabar baik tersebut, ada baiknya Anda mencari tahu tipe mobil dan juga cara penggunaan serta merawat mobil Ford agar tetap prima.

Tipe Mobil Ford

Meskipun belum ada official announcement dari RMA Indonesia, tetapi untuk Anda yang sudah memiliki rencana untuk membeli mobil Ford, berikut ini beberapa tipe dan jenis dari mobil Ford yang bisa Anda pilih.

Ford New Fiesta

Untuk Anda pengamat mobil, tentu sudah tahu jenis mobil Ford yang satu ini. Ford New Fiesta pernah dijual di Ford Indonesia dan banyak disukai oleh masyarakat. Mengusung konsep city car, Ford Fiesta terbilang mudah untuk diajak bermanuver. Mobil Ford New Fiesta cocok untuk Anda yang baru berkeluarga karena bisa menampung 4-5 penumpang, interior dan eksterior yang modern, sistem keamaan tinggi, dan kabin yang luas. Ford New Fiesta memiliki beberapa tipe dan juga harga. Jadi, Anda bisa kondisikan dengan bujet yang dimiliki ya.

Mobil Ford Escape

Kemungkinan mobil yang dijual Ford Indonesia berikutnya adalah Ford Escape. Mobil ini masuk ke dalam kategori SUV karena memiliki desain yang sengaja dibuat antara jarak tanah dan kolong mobil cukup tinggi. Keuntungan dari mobil yang memiliki jarak kolong dan tanah tinggi, yaitu para pengguna tidak perlu takut akan adanya tanggul besar yang bisa merusak bagian bawah mobil. Selain itu, mobil ini juga memiliki bagian interior yang memadukan unsur panel digital dan analog pada bagian spidometer. Mobil ini juga memiliki kapasitas ruang besar di dalamnya dan tentu jauh lebih longgar dibanding Ford Fiesta. Mobil ini sangat cocok untuk Anda yang sudah berkeluarga.

Mobil Ford All-New Focus

Ford All-New Focus menawarkan sebuah kemewahan yang terbagi atas tiga ketegori pilihan, yaitu tipe Titanium dengan membawa dapur pacu 2.0 yang berjalan pada sistem pengoperasian otomatis, tipe trend yang memiliki kapasitas mesin 1.6L dan tersedia dalam dus varian jenis berbeda, yaitu Automatic dan Manual, dan yang terakhir adalah tipe Sport dengan mesin 2.0L yang menggunakan tranformasi gigi automatic, dilengkapi fitur dan teknologi terkini yang bisa mendongkrak performa dan kinerja pada dapur pacu.

Mobil Ford New Everest

Selanjutnya mobil yang kemungkinan akan ada di Ford Indonesia adalah tipe Ford New Everest. Mobil ini dibuat untuk memenuhi akan kebutuhan masyarakat yang sering melakukan petualangan bersama keluarga. Ford New Everest termasuk dalam kategori SUV, tetapi ukurannya lebih besar dibanding Escape. Mobil ini menyediakan dalam dua mode yakni 4×4 dan 4×2. Di mana kedua mode tersebut bisa Anda pilih dengan menyesuaikan karakter jalan yang akan dilalui. Contohnya, Anda sering melintas jalanan yang terjal dan bergelombang, mode 4×4 yang bisa Anda pilih, tetapi jika berada pada medan jalan yang tidak teralu berat, mode 4×2 dapat dijadikan pilihan.

Mobil Ford Ranger

Banyak yang membicarakan bahwa Ford Ranger ini menjadi salah satu titik kebangkitan Ford Indonesia. Pasalnya Ford Ranger akan dikeluarkan bersamaan launching-nya kembali Ford Indonesia. Dari namanya juga sudah terlihat, jika mobil yang satu ini akan dibekali tenaga yang begitu besar. Tidak heran jika Ford Ranger ini dimasukan dalam kategori Truck, dan tandanya mobil ini mampu melewati berbagai jenis medan jalan tanpa pandang bulu. Sama halnya dengan tipe Everest, mobil ini juga dilengkapi kaki-kaki yang kokoh, tinggi, dan ukuran bannya yang besar.


Selain tipe, Anda juga harus mengetahui cara merawat dan juga mengendarai yang aman mobil asal Amerika ini. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang berakibat fatal pada mobil dan juga Anda sebagai pengendara.

  1.  Anda yang ingin melakukan servis nantinya, pilihlah diler resmi yang menyediakan program pemeliharaan kendaraan lengkap. Selain itu, Anda juga harus memastikan mobil diservis secara berkala sesuai dengan jadwalnya.
  2. Pastikan Anda melakukan pemeliharaan dan tune up secara rutin. Khusus untuk Fiesta, pemeliharaan rutin dilakukan setiap sembilan bulan atau 15.000 kilometer.
  3. Ketahui tekanan ban yang direkomendasikan serta ketinggian oli dan air yang diperlukan. Jika tidak sesuai, pastikan Anda segera melakukan pengecekan agar mobil kembali dalam keadaan prima.
  4. Bukan hanya mesin dan komponen lainnya saja yang harus diperhatikan, Anda juga harus menjadwalkan untuk mencuci bodi mobil secara rutin. Hal ini dikarenakan agar warna dari bodi mobil tetap mengkilat.

Comments are closed.