Pencegahan dan Cara Menghilangkan Semut di Mobil

Mobil

Kalau Anda tiba-tiba kaget dan aneh ada banyak semut di dalam mobil, sebaiknya segera lakukan cara menghilangkan semut di mobil dari Futuready berikut ini!

Bingung kan kalau tiba-tiba di dalam mobil Anda banyak semut. Mau ngapain juga sih semut masuk ke dalam mobil? Apa mereka mau ikut jalan-jalan?

Binatang kecil yang sering berkoloni ini bisa jadi ingin ingin bersarang di mobil. Soalnya, mobil memiliki suhu yang relatif stabil dari siang hingga malamnya. Hal ini yang membuat semut betah dan ingin bersarang dalam mobil. Tempat paling favorit serangga tersebut, di bawah karpet, bawah jok, di sela-sela dashboard atau bahkan di panel pintu dengan suhu yang cenderung stabil dan hangat.

Sebelum kita mencari tahu cara menghilangkan semut di mobil, sebaiknya kita cari tahu apa saja yang bisa Anda lakukan sebagai pencegahan. Lebih baik mencegah dibanding mengobati, kan? Nah, untuk mencegah semut bersarang di dalam mobil, Anda bisa melakukan beberapa hal ini:

  1. Paling masuk akal, hindari makan atau minum di dalam mobil. Jika memang harus demikian, usahakan jangan tercecer, apalagi roti atau biskuit yang remah-remahnya mudah rontok. Inilah sumber utama pengundang semut.
  2. Bersihkan kabin, terutama bagian karpet dan bawah jok, seminggu sekali. Gunakan penyedot debu dan arahkan ke tempat-tempat sempit.
  3. Hindari parkir di bawah pohon buah-buahan yang rasanya manis, misalnya mangga, jambu, belimbing, dan sebagainya. Pohon-pohon ini biasanya menjadi sarang semut, atau tempat mereka mencari makan.
  4. Taruh bau-bauan menyengat alami di kabin, seperti cengkeh atau kopi dalam wadah atau cangkir. Dijamin, semut enggan singgah.

[quads id=1]

Cara Menghilangkan Semut di Mobil

Bila kondisinya sekarang ini, semut-semut sudah senang bersarang di mobil, maka mau tidak mau kita harus mengusirnya.  Apa saja yang harus Anda lakukan sebagai cara menghilangkan semut di mobil? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Bersihkan Mobil Anda

Kalau mobil bersih dari berbagai remeh makanan, atau kotoran lain tentunya mereka tidak akan datang. Jadi cara paling mudah bersihkan mobil Anda. Mulailah membersihkan sela-sela kabin, karpet, dan bagian lain hingga ke sela-sela terkecil yang sulit dijangkau. Anda bisa membersihkan mobil sendiri, tapi untuk lebih detailnya Anda juga bisa bawa ke salon.

Pancing Semut Keluar

Sudah dibersihkan di satu tempat, ternyata mereka masih ada di tempat lain. Jadi, biar menghemat waktu Anda sebaiknya cari dulu tempat mereka bersarang. Pancing semut keluar dengan sisa makanan. Diamkan beberapa jam, lalu cek lagi. Setelah mereka berkumpul di sisa makanan pancingan, ikuti arah mereka membawanya untuk mengetahui letak sarang sang ratu.

Cara Menghilangkan Semut di Mobil dengan Racun Serangga

Setelah menemukan sarangnya, Anda bisa meracuninya dengan racun serangga. Obat semut ini ada yang berbentuk cair dan ada yang berbentuk bubuk, cara penggunaannya obat pembasmi semut tersebut dicampur dengan air dan disemprotkan ke sarang semut. Pilihan lainnya, Anda juga bisa menggunakan kapur semut yang tidak disukai semut. Jangan lupa dibersihkan karena kapur tersebut mengandung zat berbahaya bagi kesehatan.

[quads id=4]

Memakai Penyedot Debu

Bila jumlah semut di mobil Anda tidak terhitung banyak, Anda bisa menggunakan penyedot debu sebagai cara menghilangkan semut di mobil. Membersihkan mobil dari semut dan ceceran remah makanan sangat mudah memakai penyedot debu. Jika mobil bersih dari sisa makanan maka kemungkinan besar semut tidak akan betah bersarang.

Sudah paham kan sekarang cara menghilangkan semut di mobil. Anda jadi tak perlu khawatir lagi deh. Tetap lakukan pencegahan-pencegahan sebagai cara menghilangkan semut di mobil. Juga jadwalkan dengan rutin untuk membersihkan kendaraan Anda ya.

Comments are closed.