Penting untuk Anda Ketahui Cara Melepas Aki Mobil

Mobil

Mengganti aki mobil yang soak Anda bisa melakukannya sendiri, tanpa harus membawa ke bengkel. Dengan berbagai cara melepas aki mobil ini, bisa membantu Anda saat mengalami aki soak mendadak.

Aki sebagai sumber daya untuk kebutuhan elektrik mobil sangat penting untuk terus dilakukan perawatan. Jika aki mobil soak, tentunya mesin mobil tidak bisa hidup dikarenakan daya listriknya lemah atau bisa karena rusak atau umur pemakaian. Ketika situasi tersebut terjadi, yang harus dilakukan adalah mengganti dengan aki yang baru. Untuk hal ini, Anda tidak perlu repot ke bengkel untuk menggantinya karena bisa dilakukan sendiri dengan membeli aki baru yang sesuai dengan mobil Anda dulu sebelumnya.

Cara melepas aki mobil tidak semudah melepas aki motor. Terlebih untuk mobil keluaran terbaru saat ini yang telah di lengkapi beberapa perangkat canggih seperti ECU dan Imobilizer. Namun jangan khawatir, dengan beberapa cara melepas aki mobil ini bisa membantu Anda.

Siapkan Aki Baru

Sebelum ke tahap cara melepas aki mobil, Anda bisa persiapkan aki mobil baru dahulu. Aki mobil terdiri dari dua jenis, aki kering dan aki basah. Untuk aki basah isi terlebih dahulu air zuur kedalamnya hingga sesuai dengan indikator maksimalnya dan tunggu hingga 10 menit sebelum di pasang. Sedangkan untuk aki kering bisa langsung di pasang.

Kunci Kontak Dalam Posisi Off

Kemudian kita mulai ke tahap cara melepas aki mobil. Hal yang harus dilakukan adalah, pastikan kunci kontak dalam posisi off. Ini untuk menjaga keselamatan Anda, agar saat pengerjaan tidak terjadi percikan bunga api yang bisa menggagetkan Anda.

Buka Terminal Aki

Saat buka terminal aki buka terminal negatif (-) dulu, kemudian dilanjutkan melepas terminal yang positif (+). Ini merupakan cara melepas aki mobil yang aman dan sesuai prosedur.

Angkat Aki Mobil

Angkat aki mobil dari tempatnya secara hati-hati, agar kondisi aki tidak tumpah. Hal ini untuk mencegah tumpah dan membahayakan bahan – bahan material yang ada di mesin karena terkena cairan aki tersebut.

Pasang Aki Mobil

Untuk pemasangan aki mobil sebaiknya Anda lakukan berkebalikan dari hal diatas. Hal terpentingnya adalah air aki tidak tumpah, jika menggunakan aki basah. Kemudian saat memasang kabel aki sebaiknya yang di pasang terlebih dahulu adalah kabel yang positif (+) biasanya di beri warna merah.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.