Menghadapi New Normal, Ini Peraturan SPBU Terbaru

Asuransi MobilMobilMotor

Peraturan SPBU Terbaru mengharuskan adanya pembatasan jarak antara petugas dengan pelanggan minimali 1,5 meter, menerapkan transaksi cashless dan menggunakan cairan pembersih tangan sebelum dan sesudah berinteraksi dengan petugas.

Sejak pandemi COVID-19 menyerang pada awal tahun ini, Indonesia mengalami sejumlah perubahan sistem. Salah satu yang paling terdampak adalah jaringan transportasi. Untuk meredam penyebaran virus corona, Pemerintah terpaksa menerapkan social distancing di setiap lini kehidupan, tidak terkecuali saat Anda mengisi bahan bakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Ya, untuk mengurangi laju penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut peraturan SPBU pun diperbaruidan disesuaikan dengan protokol kesehatan selama pandemi, yakni menjaga jaga dan menghindari kerumunan.

Baca juga: Langkah Jitu Menghadapi New Normal di Indonesia

Bagi pemilik mobil maupun sepeda motor wajib mengikuti peraturan SPBU terbaru ini jika tak ingin mendapat penolakan saat memasuki kawasan stasiun pengisian. Selain menjaga diri aman dari paparan virus corona, jangan lupa juga untuk tetap melindungi kendaraan Anda dengan asuransi mobil dan motor yang terpercaya. Anda sehat, kendaraan pun aman.

Peraturan SPBU Terbaru

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menegaskan bahwa peraturan SPBU terbaru ini dibuat untuk menciptakan perasaan aman dan nyaman masyarakat ketika membeli BBM di SPBU Pertamina. Selain itu, penerapan protokol kesehatan ini juga dibuat untuk melindungi para petugas SPBU agar tidak terpapar virus.

Peraturan ini sesuai dengan arahan dari Menteri BUMN melalui surat nomor S-336/MBU/05/2020 pada tanggal 15 Mei 2020 perihal Antisipasi Skenario The New Normal BUMN. Berikut adalah peraturan SPBU Pertamina terbaru yang harus Anda ketahui.

Peraturan SPBU Terbaru

Bagi Pengendara Sepeda Motor Harus Berdiri Bersebrangan dengan Petugas

Aturan pertama berlaku bagi pengendara sepeda motor yang ingin melakukan pengisian bahan bakar di SPBU Pertamina. Mereka diwajibkan untuk turun dari motor, bahkan ketika tangki bahan bakar tidak mengharuskan mereka turun dari kendaraannya. Kemudian, pengendara wajib berdiri bersebrangan dengan operator SPBU. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kontak fisik antara petugas dengan konsumen. Jarak antara petugas dan pengendara yang disarankan adalah sejauh 1 meter.

Petugas atau Pengendara Wajib Mengenakan Masker

Peraturan SPBU terbaru lainnya adalah mewajibkan operator SPBU dan konsumen mengenakan masker, baik masker medis maupaun masker kain untuk mengantisipasi adanya penularan virus Corona melalui cairan droplet. Hal ini tidak terkecuali bagi konsumen yang ingin mengisi bahan bakar mobil. Meski terus berada di dalam mobil ketika pengisian dilakukan tetap wajib mengenakan masker.

Tetap Berada di Kabin Mobil Saat Pengisian Bahan Bakar

Bagi pelanggan yang akan mengisi bahan bakar mobil disarankan untuk tetap berada di dalam kabin, dan biarkan operator yang menghampiri. Jika tetap ingin keluar dari mobil wajib berdiri bersebrangan dengan petugas bukan disamping petugas. Jarak berdiri yang dianjurkan adalah 1,5 meter dan tidak lupa untuk tetap menggunakan masker meskipun jarak pelanggan dan operator jauh.

Pembayaran Cashless

Pertamina juga menyarankan kepada konsumen untuk mengganti transaksi langsung menjadi non tunai atau cashless, dengan aplikasi khusus yang telah disediakan. Tujuannya tentu saa untuk mengurangi resiko paparan virus yang bisa saja menempel pada uang yang digunakan untuk transaksi pembayaran. Namun jika Anda dalam posisi tidak memungkinkan untuk melakukan cashless, maka dianjurkan untuk menggunakan uang pas sesuai nilai transaksi dan tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan kasir.

Baca juga: New Normal di Indonesia: Ini Persiapan yang Harus Anda Lakukan

Perlindungan area SPBU

Demi menjaga kenyamanan konsumen selama mengisi bahan bakar. Pertamina juga menyiapan peraturan SPBU terbaru yang berlaku untuk para karyawannya diantaranya:

  • melakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap kali memulai serta mengakhiri shift bertugas.
  • memastikan petugas mengenakan sarung tangan berbahan karet ketika menerima dan mengembalikan uang kepada konsumen
  • menyediakan hand sanitizer atau alcohol lebih dari 60% di setiap pulau pompa ataupun area dengan tingkat interaksi yang tinggi.
  • memastikan seluruh pegawai pertaminan membersihkan tangan sebelum dan sesuah melayani transaksi.
  • khusus SPBU self service akan disediakan petugas yang rutin membersihkan nozzle dengan disinfektan.
  • memastikan area kantor dan fasilitas lainnya yang sering dikunjungi konsumen seperti toilet dan musholla rutin dibersihkan dengan cairan disinfektan.

Itulah beberapa peraturan SPBU terbaru dikala new normal. Meski pihak Pertamina sendiri sudah melakukan upaya pencegahan untuk meminimalisir resiko penularan Covid-19, Anda wajib waspada setiap kali mengisi bahan bakar di SPBU.

Tip Aman Mengisi Bahan Bakar di Tengah Pandemi

Meski masyarakat sudah menerapkan program “dirumah aja”, tapi tak dapat dipungkiri bahwa manusia harus bersosialisasi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, salah satunya adalah bekerja. Karena itulah menggunakan kendaraan dan melakukan pengisian bahan bakar di SPBU menjadi kegiatan rutin yang dilakukan.

Namun, SPBU menjadi salah satu tempat yang rawan terpaparan virus corona sehingga Anda harus memperhatian berbagai aturan yang berlaku. Nah agar Anda tetap aman dalam pengisian bahan bakar, berikut ini tip yang bisa dterapkan.

Pilih Transaksi Cashless

Banyak stasiun pengisian bahan bakar, termasuk yang dijalankan oleh supermarket besar serta penyedia independent, seperti Pertamina, Shell, dan Total menawarkan pembayaran tanpa kontak, baik di pompa itu sendiri atau melalui aplikasi smartphone. Sistem ini berarti Anda tidak perlu berbicara dengan kasir dan tetap menerapkan aturan jarak.

Selalu Gunakan Hand sanitizer Setelah Transaksi

Hand sanitizer kini mejadi salah satu material yang penting Anda bawa ke mana pun, baik untuk perlindungan Anda sendiri maupun untuk melindungi orang-orang yang bersentuhan dengan Anda.  Kenakan sarung tangan sekali pakai sebelum Anda mengambil pompa bahan bakar di SPBU self service, atau bungkus handuk kertas di sekitarnya. Buang lap setelah selesai dan pastikan Anda bersihkan kembali tangan dengan hand sanitizer.

Tip Aman Mengisi Bahan Bakar di Tengah Pandemi

Isi Penuh Tangki Bahan Bakar

Di masa pandemi seperti sekarang ini lebih baik mengisi tangki penuh selagi Anda bisa. Sehingga kuantitas mengunjungi SPBU pun bisa dikurangi. Jangan mengisi bahan bakar hanya untuk satu keperluan karena Anda tidak pernah tahu rencana perjalanan bisa berubah kapan saja.

Minimalisirkan Kontak dengan Operator

Jika Anda harus pergi dan membayar sendiri, maka lakukan semua yang Anda bisa untuk meminimalisirkan kontak dengan orang lain. Cobalah untuk tidak berlama-lama di bagian kasir dan gunakan metode pembayaran tanpa kontak jika memungkinkan. Dianjurkan juga untuk menghindari waktu puncak. Biasanya SPBU ramai dikunjungi ketika pagi dan sore hari saat jam pulang kantor.

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan Impor Mobil Bekas?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah beberapa tip aman mengisi bahan bakar di tengah pandemik. Jaga selalu kebersihan dan selalu mawas diri agar terhindari dari penularan pandemic.

Comments are closed.