5 Fungsi Perawatan Mobil Secara Berkala

Asuransi MobilMobil

Perawatan mobil secara teratur akan memberi keuntungan untuk Anda, seperti mobil akan hemat bahan bakar, kualitas berkendara lebih nyaman, serta harga jual kembali yang stabil.

Saat memutuskan untuk membeli mobil Anda perlu menyadari bahwa mobil adalah sebuah mesin yang membutuhkan perawatan tepat waktu agar tetap berfungsi dengan baik. Saat perawatan mobil dilakukan secara tepat dan berkala maka value mobil bisa terjaga.

Value inilah yang menentukan harga jual mobil tersebut, bila suatu saat nanti Anda ingin menjualnya. Banyak orang menyepelekan hal ini karena menganggap mobilnya masih baik-baik saja, masih enak dipakai. Penyesalan tiba ketika mendadak mobil mengalami mati mesin.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas?

Sebagai pemilik mobil sudah saatnya Anda menyadari bahwa perawatan rutin akan membantu umur mobil Anda dan juga menghemat biaya. Selain itu, perlindungan dari biaya tak terduga jika terjadi risiko buruk meinimpa juga harus diperhatikan. Kini, sudah banyak yang menyadari pentingnya asuransi mobil diera saat ini.

Sebab, Anda atau siapa pun itu tidak akan pernah tahu, kapan dan di mana terjadi risiko buruk tersebut. Jika hal itu terjadi, Anda tidak perlu cemas karena sudah ada yang menjamin biaya pertanggungan.

Fungsi Perawatan Mobil

Fungsi Perawatan Mobil

Perawatan mobil idealnya dilakukan secara berkala setiap bulan. Sebab ada komponen-komponen yang harus diperiksa, mulai dari tekanan ban, kondisi oli, hingga pengereman. Berikut adalah beberapa fungsi perawatan mobil yang dilakukan secara berkala.

Mengoptimalkan Kinerja Mesin

Tidak ada yang menginginkan mobil dengan kondisi mesin rusak sehingga menyebabkan mobil mogok di tengah jalan. Kendaraan yang bagus tidak akan mengecewakan Anda di jalan, jadi pemilik mobil harus bertanggung jawab untuk memeliharanya dengan melakukan perawatan yang tepat.

Jika Anda sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang mobil maka cari informasi mengenai perawatan mobil pada buku manual kendaraan. Di dalamnya berisi poin-poin penting bagian mobil apa saja yang harus mendapat perhatian.

Baca juga: Berapa Biaya Servis Mobil Innova? Berikut ini Ulasannya!

Menjaga Nilai Mobil Anda

Hal penting dalam melakukan perawatan adalah menjaga nilai mobil Anda. Bisa saja suatu waktu Anda ingin menjual kembali kendaraan, tapi tentu tidak akan rela jika mobil kesayangan Anda ditawar dengan harga di bawah rata-rata. Oleh karena itu, peran perawatan mobil begitu penting. Mobil yang rutin di servis akan memiliki kualitas mesin lebih optimal. Dengan begitu calon pembeli pun tidak ragu untuk berinvestasi pada mobil Anda.

Konsumsi Bahan Bakar yang Lebih Hemat

Semua pemilik kendaraan menginginkan mobilnya hemat bahan bakar. Berita baiknya ada banyak teknik yang bisa kita praktikan untuk menghemat konsumsi bahan bakar, yaotu dengan cara menjaga tekanan ban yang benar dan memastikan filter udara tidak tersumbat.

Mempertahankan Kualitas Sistem Keamanan Mobil

Secara tidak langsung, keselamatan Anda ada kaitannya dengan kondisi kendaraan. Anda bisa akan merasa sangat nyaman berkendara jika mobil yang Anda tumpangi dijaga dan dirawat dengan tepat. Sebab, jika mobil dirawat dengan benar, tentu akan meminimalisirkan risiko buruk yang bisa saja terjadi.

Menghemat Pengeluaran Anda

Selain menjag keselamatan selama berkendara, merawat mobil secara rutin juga bisa meminimalisir pengeluaran besar yang akan terjadi di masa depan. Sebab berbagai kerusakan minor pada mobil lebih cepat terdeteksi dan ditanggulangi sehingga tidak menimbulkan kerusakan mayor di masa depan.

Tip Perawatan Mobil

Tip Perawatan Mobil

Setelah mengetahui pentingnya perawatan mobil secara berkala. Kini saatnya mengetahui cara memelihara kendaraan yang tepat. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Rutin Mencuci Mobil

Salah satu menjaga kondisi ekterior agar tetap awet adalah mencuci mobil secara rutin. Kekilapan cat mobil Anda bisa bermur Panjang jika Anda rajin mencuci mobil. Usahakan Anda mencuci mobil seminggu dua kali. Selain itu, jika mobil terguyur air hujan, segaralah cuci untuk menghidari karat dan juga kusam pada cat mobil Anda.

Parkir di Tempat Teduh

Parkirkan mobil Anda di tempat teduh, hal ini dilakukan utnuk mencegah kerusakan ekterior dan juga interior karena paparan sinar sinar UV. Jika area teduh tidak tersedia, gunakan sarung atau pelindung mobil untuk meminimalkan dampak cahaya matahari.

Ganti Oli Mesin dan Filter Secara Teratur

Penggantian oli secara teratur dapat membuang partikel-partikel buruk dan logam dari mesin, sehingga memperpanjang masa pakainya. Selain itu, mengganti filter oli secara rutin juga haus dilakukan karena filter lama mengandung penumpukan partikel minyak dan kotoran sehingga jika tidak diganti bercampur dengan oli baru yang bersih.

Tip Perawatan Mobil

Periksa Tekanan Ban

Periksa tekanan ban Anda secara berkala supaya berkendara tetap nyaman dan aman. Pastikan jangan terlalu kempes ataupun kencang.

Bersihkan Mesin Mobil

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebersihan mesin. Jika kondisi mesin sudah cukup kotor, segera mencucinya agar kondisi mesin tetap terjaga.

Baca juga: 7 Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.