Perbandingan Suzuki All New Ertiga dengan Toyota Grand Avanza Di IIMS 2018

Mobil

Perbandingan Suzuki All New Ertiga dengan Toyota Grand Avanza sangat mencolok saat pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

IIMS 2018 dipilih sebagai momen yang tepat untuk meluncurkan Suzuki All New Ertiga. Semua mata tentu tertuju pada mobil dengan logo S ini. Sebelumnya Suzuki Ertiga sempat berebut pasar dengan Toyota Avanza yang sebelumnya berkuasa di segmen low MPV atau Multi-Purpose Vehicle. Apa saja yang layak dijadikan pertimbangan sebelum memilih salah satu dari kedua mobil ini?

Apa yang ditawarkan oleh Suzuki All New Ertiga di IIMS 2018

Dimensi Suzuki All New Ertiga lebih Panjang dan lebar dari sebelumnya sehingga menawarkan kenyamanan yang lebih sebagai mobil keluarga Indonesia. Di segi mesin, Suzuki All New Ertiga menggunakan mesin baru dengan kode mesin K15B, silinder sebesar 1.462, dan ditambah teknologi DOHC VVT. Mesin baru ini menggantikan mesin lama yang hanya sebesar 1,373 cc sehingga terjadi penambahan tenaga yang cukup signifikan. Jika sebelumnya mempunyai tenaga 93 daya kuda atau horse power, kini mencapai 104 daya kuda.

Toyota Grand Avanza di IIMS 2018

Berbeda dengan Suzuki All New Ertiga, Toyota Avanza Veloz di IIMS 2018 tidak menawarkan pembaharuan. Toyota masih mengandalkan produk terakhirnya, yaitu Grand New Avanza yang diluncurkan 2017 silam. Grand New Avanza mempuyai mesin dengan silinder sebesar 1.496 cc, tetapi tenaga yang dihasilkan hanya 96 daya kuda. Dari segi desain eksterior pun Toyota Grand Avanza juga tidak menawarkan rasa baru. Meskipun beigtu dari segi pengunjung booth di IIMS 2018, masih banyak peminat yang ingin meminang Toyota Grand Avanza ini.

Berikut tabel perbandingan Suzuki All New Ertiga dan Toyota Grand Avanza

Suzuki All New Ertiga Toyota Grand Avanza
Mesin 1462 cc 1496 cc
Transmisi AT / MT AT / MT
Panjang 4395 mm 4190 mm
Lebar 1735 mm 1660 mm
Airbag Tersedia Tersedia
Ukuran Ban 185 /65 R15 185 /65 R15
Ground Clearnce 185 mm 200 mm
Suspensi Depan Mac Pherson Strut + Coil Spring Mac Pherson Strut + Coil Spring
Suspensi Belakang Torsion Beam + Coil Spring 4 Link Lateral Rod + Coil Spring
Ketersediaan di IIMS 2018 Inden + Booking fee 5 juta + Belum ada harga resmi Inden + Langsung pesan sesuai pricelist

 

Pertimbangan Memilih Suzuki All New Ertiga

Dalam event IIMS 2018 Suzuki All New Ertiga hanya dibuka untuk pemesanan saja. Hingga artikel ini ditulis, belum ada harga resmi mobil keluarga ini. Jika Anda tidak terburu-buru, Suzuki All New Ertiga bisa jadi pilihan apalagi mobil keluarga ini menawarkan mesin yang lebih bertenaga dan dimensi yang lebih luas daripada Toyota Grand Avanza.  Dari segi desain pun Suzuki All New Ertiga dirasa lebih cocok untuk keluarga muda yang sporty. Namun perlu diingat, jarak antara permukaan tanah dengan body terbawah lebih rendah daripada Toyota Grand Avanza. Jika sering mengangkut penumpang dewasa atau bertempat tinggal di daerah yang mempunyai jalan tidak rata, perlu dipertimbangkan kembali untuk memiliki mobil jenis ini.

Pertimbangan Memilih Toyota Grand Avanza

Di event IIMS 2018 Toyota Grand Avanza memang tidak terlalu menyita perhatian. Namun, jika membutuhkan mobil baru untuk 2 bulan mendatang, bisa dipertimbangkan karena Anda dapat langsung bertransaksi dan mendapatkan SPK kemudian menunggu mobil diantar ke garasi rumah. Merk Avanza yang sudah dikenal ketangguhannya tidak perlu diragukan lagi. Ground clearance yang cukup tinggi membuat mobil ini siap diajak menjelajah kemana saja. Mulai dari pulang kampung hingga masuk komplek dengan polisi tidur yang tinggi.

 

Jadi, saat mempertimbangkan dalam membeli mobil baru di IIMS dengan melakukan perbandingan Suzuki All New Ertiga dengan Toyota Grand Avanza kembali disesuaikan dengan kebutuhan pribadi masing-masing.

 

Memiliki mobil baru kurang lengkap jika tidak ada perlindungannya. Futuready hadir juga di IIMS 2018. Jika sedang mencari asuransi mobil untuk mobil baru Anda, bisa kunjungi booth Futuready di Hall B2 No.34. Selain mendapatkan asuransi mobil yang sesuai kebutuhan, Anda juga berkesempatan mendapatkan lucky dip yang secara langsung diberikan hanya berlaku selama IIMS 2018.

 

Perbandingan Suzuki All New Ertiga dengan Toyota Grand Avanza Harga Premi Asuransi

Tabel perbandingan harga suzuki all new ertiga dengan toyota grand avanza

Berikut tabel perbandingan simulasi perbandingan harga asuransi all risk / comprehensive dan juga asuransi TLO untuk kedua mobil keluarga ini

Simulasi Perbandingan Harga Asuransi
Suzuki All New Ertiga Toyota Grand Avanza
Perkiraan Harga OTR 240 Juta Rupiah 227 Juta Rupiah
Harga Premi Asuransi Comprehensive 5,6 juta rupiah per tahun 5,4 juta rupiah per tahun
Harga Premi Asuransi TLO 1,4 juta rupiah per tahun 1,3 juta rupiah per tahun

 

Comments are closed.