Perlengkapan Keselamatan Balita yang Harus Ada di Mobil Keluarga

Mobil


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Sebagai pengguna mobil yang sudah memiliki keluarga, tentu yang dipikirkan bukan hanya keselamatan penumpang dewasa saja, melainkan balita yang juga ikut bepergian di dalamnya. Sayangnya, kebanyakan pemilik mobil hanya berfokus pada keselamatan penumpang dewasa. Kini, saatnya Anda menambah perlengkapan keselamatan balita tersayang di mobil keluarga.

Setiap mobil yang dipasarkan di Indonesia pastinya sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan standar. Namun, fitur tersebut hanya disediakan untuk penumpang dewasa. Nyatanya, masih sangat sedikit mobil yang memiliki fitur kesalamatan bagi sang buah hati, khususnya balita.

Hal inilah yang seringkali menjadi pikiran bagi pengendara saat ingin pergi bersama pasangan dan juga si kecil. Bagi pengendara yang sudah memiliki keluarga dan ingin bepergian dengan membawa sang buah hati, hal ini menjadi tantangan tersendiri.

Selain fitur keselamatan yang tersedia di mobil tidak optimal untuk digunakan oleh balita, rasa ingin tahu anak-anak di usia tersebut sangatlah tinggi. Jadi, apa saja yang menarik perhatian mereka akan disentuh dan bahkan dimainkan. Beberapa benda yang seringkali dimainkan oleh balita adalah pengunci pintu, tuas otomatis kaca, dan pegangan pintu mobil.

Baca juga: Pecinta Otomotif Tunggu Kehadiran Ford Indonesia Kembali

Hal ini dapat menimbulkan sesuatu yang pastinya tak diinginkan oleh semua orangtua, seperti balita terjepit kaca mobil dan bahkan terjatuh. Maka dari itu, sebagai orangtua yang ingin berkendara membawa balita, sangatlah perlu melengkapi mobil dengan peralatan keamanan untuk si kecil.

Mari simak perlengkapan keselamatan balita yang harus ada di dalam mobil keluarga!

Car Seat

Car seat merupakan perlengkapan utama yang harus disediakan orangtua untuk balita di dalam mobil. Kursi mobil pada umumnya kurang baik dan tidak sesuai dengan postur si kecil. Dengan adanya car seat, balita di dalam mobil akan terhindar dari guncangan yang dapat mengakibatkan si kecil terjatuh dari kursi.

Sebaiknya, gunakan car seat di kursi tengah karena guncangan terasa sangat besar di kursi bagian depan dan belakang mobil.

Child Safety Lock 

Perlengkapan keselamatan balita satu ini adalah tuas kecil yang dipasang pada bagian pintu. Child safety lock berfungsi untuk mengunci pegangan pintu yang berada di bagian dalam. Jadi, balita tidak akan bisa memainkan pegangan pintu tersebut hingga berpotensi membuat pintu mobil terbuka, bahkan ketika pengemudi lupa mengunci pintu dari central lock.

Child safety lock sebaiknya digunakan pada pegangan pintu mobil bagian kiri dan kanan belakang, karena biasanya balita berada di kursi bagian belakang atau tengah (pada kendaraan berkapasitas 7-8 orang).

Perlengkapan Keselamatan Balita Jam Protection Window

Balita sangat senang memainkan tuas otomatis kaca mobil dan mengeluarkan tangan bahkan kepalanya. Hal ini sangatlah berbahaya mengingat kaca mobil dapat menutup meski ada benda yang menghalangi. Jadi, risiko tangan dan kepaya balita terjepit sangatlah besar.

Oleh karena itu, baiknya pasangkan jam protection view di seluruh bagian kaca mobil. Dengan adanya alat ini, kaca tidak akan menutup saat ada sesuatu yang menghalangi. Risiko tangan dan kepala balita terjepit kaca mobil menjadi sangat kecil, kan?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Kantung Jok Perlengkapan Keselamatan Balita

Sebenarnya, alat satu ini bukanlah salah satu bagian dari perlengkapan keselamatan balita di dalam mobil. Tapi, dengan adanya kantung jok, segala kebutuhan dan perlengkapan si kecil, seperti popok, botol susu, dan mainan dapat disimpan dan diambil dengan mudah. (Baca juga: Tips Cara Pasang Alarm Mobil)

Jadi, ketika si kecil mulai rewel karena ingin bermain, ganti popok, atau haus, semua perlengkapannya sudah tersedia di kantung jok yang berada di depan tempat duduknya.

Ketika keselamatan penumpang dewasa sudah difasilitasi oleh pabrikan mobil secara langsung, jangan lupakan lengkapi keperluan keamanan untuk balita ya. Jika keselamatan seluruh penumpang di dalam mobil, baik orang dewasa dan balita terjamin, bepergian pun menjadi lebih tenang dan menyenangkan.

Comments are closed.