Pertamax Plus dan Pertamax Turbo, Apa Bedanya?

Mobil

Sudah kurang lebih satu tahun lalu Pertamina resmi mengganti Pertamax Plus dengan Pertamax Turbo. Apa Anda tahu perbedaan Pertamax Plus dan Pertamax Turbo?

Pertamina sebagai produsen bahan bakar minyak dalam negeri selalu berusaha untuk berikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia. Bisa dibilang, sudah sangat banyak perkembangan yang dilakukan oleh salah satu Badan Usaha Milik Negara ini. Salah satu yang paling baru adalah pergantian Pertamax Plus menjadi Pertamax Turbo.

Ada pun alasannya adalah untuk memberikan bahan bakar yang lebih baik untuk para pengguna kendaraan bermotor. Lalu, apa hal yang dikembangkan dan disematkan pada Pertamax Turbo sebagai pengganti dari Pertamax Plus? Ada dua poin identik yang membedakan kedua bahan bakar minyak ini. Yuk, simak!

Peningkatan Research Octane Number (RON)

Inilah pembeda yang signifikan antara Pertamax Turbo dan Pertamax Plus. Pada Pertamax Plus, Research Octane Number atau RON-nya berada di angka 95, sedangkan pada Pertamax Turbo, mengalami peningkatan, yakni di angka 98.

Peningkatan RON ini tentu berpengaruh terhadap tekanan pada mesin untuk membakar bahan bakar minyak menjadi tenaga untuk menggerakkan kendaraan bermotor. Semakin tinggi RON, maka tekanan yang dilakukan mesin akan semakin berkurang, sehingga mengurangi risiko kerusakan mesin. Maka, bisa dibilang, Pertamax Turbo jelas mengalami perkembangan dari sang pendahulu.

Perbedaan Pertamax Plus dan Pertamax Turbo Menggunakan Ignition Boost Formula (IBF)

Mungkin sebagian dari Anda masih belum paham tentang Ignition Boost Formula atau disingkat IBF. IBF adalah formulasi terkini yang membuat pembakaran bahan bakar minyak menjadi lebih optimal. Dengan begitu, akselerasi, kecepatan, dan daya tahan mesin jadi lebih baik.

Hal inilah yang menjadi pembeda selanjutnya antara Pertamax Turbo dan Pertamax Plus. Pertamina menyatakan bahwa Pertamax Turbo telah menggunakan IBF. Jadi, semua kelebihan yang disebutkan dapat dirasakan oleh Anda yang menggunakan Pertamax Turbo.

Sekarang terlihat jelas perbedaan antara Pertamax Plus dan Pertamax Turbo, kan? Tapi, sekadar catatan, dengan meningkatkan RON pada Pertamax Turbo, bahan bakar minyak ini tidak bisa digunakan di sembarang mesin. Untuk hasil yang optimal, Pertamax Turbo sangat dianjurkan untuk digunakan pada kendaraan dengan mesin berkompresi minimum 12:1 atau yang menggunakan turbocharger. Bagi Anda yang memiliki kendaraan dengan kriteria yang sesuai dengan yang disebutkan di atas, tak ada salahnya mencoba Pertamax Turbo untuk buktikan semua kelebihannya.

Comments are closed.