Pertolongan Pertama Saat Terjadi Kecelakaan Mobil

Asuransi MobilMobil

Saat terjadi kecelakaan upaya pertama adalah menyelamatkan diri sendiri dan pastikan kondisi jalanan aman. Setelah itu tolong korban yang selamat dan hubungi segera layanan darurat.

Mengemudi adalah aktifitas yang melelahkan, terlebih jika rute yang dilalui cukup panjang. Tidak sedikit pengemudi yang kelelahan hingga kehilangan kontrol dan berakhir dengan kecelakaan. Nahasnya saat terjadi kecelakaan, tidak banyak yang bisa melakukan pertolongan pertama, sehingga banyak nyawa yang akhirnya melayang.

Umumnya saat terjadi kecelakaan baik pengemudi maupun penumpang cenderung panik. Ketika melihat ada korban yang tidak sadarkan diri, yang terpikirkan hanyalah keluar dari mobil dan menghubungi pihak kepolisian atau ambulans. Mereka kerap melupakan pentingnya pertolongan pertama untuk mengurangi resiko kematian akibat kecelakaan.

Baca juga: Penyebab-Penyebab Terjadinya Mobil Mogok di Rel Kereta Api

Tidak ada yang tahu kapan kecelakaan itu datang. Bisa dari diri kita sendiri ataupun orang lain. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan kemungkinan risiko itu datang, ada baiknya Anda sudah terlindungi asuransi mobil yangbisa memberikan manfaat berupa santunan akbita kecelakaan, baik itu untuk diri Anda sendiri ataupun melibatkan orang ketiga.

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Kecelakaan Mobil

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Kecelakaan Mobil

Melakukan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan harus dilakukan dalam kondisi Anda sehat. Ingat selalu pertolongan pertama hanyalah perawatan darurat dan peran sebenarnya dari pertolongan pertama adalah menjaga pasien tetap hidup dan dalam kondisi yang baik sampai bantuan darurat tiba.

Berikut adalah beberapa langkah melakukan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan.

Pastikan Diri Sendiri Dalam Keadaan Baik dan Sadar

Sebelum menyelamatkan orang lain Anda harus memastikan bahwa diri sendiri tidak terluka dan sadar bahwa kecelakaan sedang terjadi. Setelah memastika keselamatan diri, upayakan untuk menghentikan laju lalu lintas. Pastikan semua orang sadar bahwa telah terjadi kecelakaan jika tidak, mungkin ada korban tambahan.

Waspadai lalu lintas yang datang untuk memastikan bahwa tidak menimbulkan bahaya tambahan. Perhatikan jika ada tumpahan bahan bakar atau potensi risiko kebakaran – matikan kunci kontak mobil jika memungkinkan. Kenakan lampu hazard kendaraan dan gunakan segitiga peringatan jika ada.

Periksa Korban Lain

Setelah memastikan keselamatan diri sendiri dan menjaga lalu lintas aman, hal selanjutnya yang mesti dilakukan saat terjadi kecelakaan adalah memeriksa korban lain. Prioritas awal Anda adalah memeriksa siapa pun yang diam dan tidak bergerak. Jika mereka tidak responsif dan bernapas, pastikan mereka dalam posisi di mana tubuhny condong ke depan atau ke satu sisi dalam posisi di mana jalan napas akan tetap terbuka. Gunakan bantal atau ganjalan lain di bagian leher untuk memudahkan pernapasan. Pindahkan mereka seminimal mungkin dan hindari memuntirnya. Terus berbicara dengan korban dengan tenang karena mereka dapat mendengar Anda bahkan jika mereka tidak sadar. Buat mereka tetap hangat.

Selamatkan Korban yang Masih Berada di Dalam Mobil

Saat terjadi kecelakaan, selain memastikan korban yang berada diluar mobil selamat Anda juga harus mengeluarkan korban pingsan yang masih ada didalam kendaraan. Selalu ada bahaya ledakan dan kebakaran yang mengintai saat kecelakaan. Korban yang sadar harus dalam perawatan oleh orang-orang yang melihatnya dan dipindahkan dari reruntuhan ke daerah yang aman.

Waspadai korban bingung dan linglung yang mungkin berjalan ke dalam bahaya. Bantu mereka untuk menghubungi keluarga terdekat. Cari pendarahan besar dan cedera yang mengancam jiwa dan obati ini terlebih dahulu. Tubuh lebih lunak daripada logam, jadi jika ada kerusakan besar pada kendaraan, ada kemungkinan ada cedera internal pada korban.

Baca juga: Tip Mengatasi Panik Saat Mengemudi dengan Mudah

Jangan Pindahkan Korban dengan Luka Berat

Saat terjadi kecelakaan korban dengan luka berat tidak bisa dihindari. Ada yang mengalami pendarahan di kepala, patah tulang dan bahkan tubuh terbakar. Jika mendapati korban dengan luka berat seperti ini, sebaiknya jangan memindahkan mereka dari lokasi kejadian, karena pergerakan sedikit apapun dapat mengancam nyawa mereka.Dukung kepala dan leher mereka, jaga agar tetap hangat dan kering dan tunggu layanan darurat.

Penanganan Sederhanan Luka-Luka Berat

Penanganan Sederhanan Luka-Luka Berat

Pendarahan

Pendarahan hebat dapat terjadi karena cedera atau kecelakaan mendadak. Hal yang paling penting untuk diingat saat seseorang berdarah adalah untuk segera menghentikan kehilangan darah dari tubuh. Berikan tekanan langsung pada luka dengan bahan apa pun yang tersedia di dekatnya, cara ini efektif untuk menghentikan pendarahan hebat. Jangan biarkan darah terus mengalir karena dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut termasuk kerusakan organ, serangan jantung, dan kondisi lainnya karena kekurangan oksigen dalam jaringan.

Syok

Jika saat terjadi kecelakaan korban mengalami syok karena cedera baringkan punggungnya agar lebih rileks. Angkat kakinya dan pastikan posisi kaki lebih tinggi dari seluruh tubuh untuk memastikan aliran darah yang stabil ke jantung dan otak. Jika perdarahan ada di bagian atas tubuh, pastikan tubuh bagian atas lebih tinggi daripada tubuh bagian bawah, jika bagian tubuh bagian bawah pastikan bagian bawah lebih tinggi daripada bagian atas tubuh.

Penanganan Sederhanan Luka-Luka Berat

Lakukan CPRz

Tidak semua orang mengetahui bagaimana CPR dilakukan. CPR (Cardio Pulmonary Resuscitation) adalah metode pertolongan pertama yang menyelamatkan jiwa yang dapat digunakan untuk memastikan bahwa pasien memiliki aliran darah yang stabil.Metode CPR bervariasi sesuai dengan usia orang tersebut, namun untuk semua orang dewasa CPR dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Baringkan pasien dengan punggung pada permukaan yang kuat.
  • Posisikan diri Anda dengan berlutut di sebelah leher dan bahu pasien.
  • Letakkan tumit tangan Anda di tengah dada korban di atas tulang dada.
  • Pertahankan tangan Anda yang lain tepat di atas yang lain dan pastikan siku lurus dan bahu Anda dalam posisi lebar memungkinkan penggunaan berat badan bagian atas.
  • Tekan ke bawah menggunakan berat badan bagian atas dengan cara Anda bisa mencapai 100 hingga 120 dorongan per menit. Cobalah untuk mendorong sekitar 5 sentimeter ke dada. Pastikan Anda tidak mendorong melebihi 5 sentimeter untuk orang dengan ukuran normal.
  • Beri jalan napas untuk korban dengan pernapasan dari mulut ke mulut selama satu detik.
  • lakukan ini setiap tigapuluh detik sekali, berikan 2 kali napas penyelamatan.Lakukan metode CPR sampai seorang profesional medis yang berkualitas tiba.

Upaya terakhir saat terjadi kecelakaan adalah menghubungi polisi dan ambulans agar bantuan segera datang. Pantau siapa pun yang terjebak dalam kendaraan dengan hati-hati dan segera memberi tahu layanan darurat, ini termasuk waktu pasti kecelakaan itu. Saat petugas datang jelaskan kepada mereka pertolonga apa saja yang telah Anda lakukan.

Baca juga: Tip Aman Berkendara Membawa Balita

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah langkah-langkah pertolongan pertama yang bisa Anda coba saat terjadi kecelakaan. Ingat sebelum menolong orang lain pastikan dulu keselamatan diri sendiri dan hubungi segera layanan darurat agar bantuan lekas datang.

Comments are closed.