Peugeot 3008, SUV Manis Buatan Pabrik Asal Prancis

Mobil

Jika Anda penggemar mobil pabrikan asal prancis, Peugeot 3008 bisa jadi pilihan mobil SUV premium Anda, ingin tahu keunikannya?

Kiprah Peugeot di Indonesia memang tidak begitu mengesankan, kini pabrikan asal Prancis tersebut disebut hanya menyediakan sebuah model yang dijual, yakni Peugeot 3008. Praktis, dari daftar harga Peugeot 2019 yang ada hanya unit SUV ini saja.

Padahal sebelumnya Peugeot diketahui memasarkan satu model lagi yang bermain di segmen hatchback, 208 GTI. Tapi hingga kini belum ada informasi lebih lanjut tentang kejelasannya, apakah masih dijual atau tidak.

Generasi terbaru Peugeot 3008 diluncurkan pada Maret 2018 silam. PT Astra International Tbk, Peugeot Sales Operation selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Peugeot di Indonesia menghadirkan 3008 ini ditengarai guna bersaing secara langsung dengan VW Tiguan, Mercedes-Benz GLA Class, dan BMW X1. Meskipun kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia, Peugeot 3008 disematkan fitur berlimpah dan berbekal sebagai Mobil Terbaik Eropa tahun 2017.

Baca juga:Mobil Honda BR-V: Spesifikasi, Interior dan Fitur

Banyak yang beranggapan kalau mobil ini adalah model SUV premium. Tapi ternyata tidak. Memang diakui 3008 adalah produk merek Eropa tapi secara kelas tidak lebih tingi dari Toyota dan Honda dari Jepang yang lebih mudah diterima oleh publik Tanah Air.

Eksterior Peugeot 3008

Secara desain ia berubah total dibanding generasi sebelumnya. Dari fascia bisa dilihat sekarang tarikan garis serbatajam bisa dari mulai bagian lampu lalu kap mesin yang dibuat berotot.

Pada bagian gril yang cukup besar bentuknya, disematkan tulisan Peugeot beserta logo khasnya. Lampu pada bagian depan sudah full LED baik dari headlamp hingga foglamp tak lupa juga sudah disematkan DRL.

spesifikasi Peugeot 3008

Bagian samping terlihat garis bodi yang dinamis dengan pelek 18 inci. Untuk memperkuat utilitasnya sebagai sebuah SUV, 3008 dilengkapi dengan roof rail di atap, lapisan over fender dan body moulding di bagian bawah yang juga memberi kesan gagah.

Lanjut ke buritan, desainnya sungguh mempesona lampu stoplamp dibuat menyerupai cakar singa malah seakan-akan mirip dengan stoplamp mobil Ford Mustang. Untuk menambah kesan sporti disematkan double muffler pada bagian belakang.

Interior

Interiornya pun terlihat futuristis. Peugeuot membekali SUV-nya ini dengan i-Cockpit, jadi pengemudi dibuat seperti sedang di kokpit pesawat. Untuk memperkuat kesan modern disematkan juga layar 8 inci pada head unit dan instrument cluster-nya juga sudah full digital.

Setir sangat unik bentuknya, tidak seperti pada umumnya desain flat tidak hanya di bagian bawah tapi pada bagian atas. Mobil jenis ini pada generasi terbaru kini memliki dimensi yang berbeda dari generasi sebelumnya. Ia memanjang 102 mm menjadi 4.447 mm. Lebarnya juga bertambah 4 mm menjadi 1.841 mm dan tingginya menjadi 1.624 mm.

Ternyata dengan bertambah besar dimensinya tidak berpengaruh besar terhadap akomodasi karena wheelbase-nya juga hanya melar 62 mm menjadi sekitar 2.675 mm. Untuk akomodasi penumpang baris kedua cukup sempit, saat tester kami yang bertinggi 192 cm mencoba legroom hanya sekitar 2 jari dan headroom 4 jari. Tentu jika yang duduk di belakang berpostur 165-170 cm akan merasakan kelegaan yang lebih lapang.

Baca juga: Audi TT Coupe: Ini Spesifikasi dan Harga Lengkapnya!

Lanjut berbicara mengenai ruang kargo, mobil ini memiliki ruang kargonya cukup besar kira-kira bisa memuat koper 2 ukuran sedang tanpa kesulitan. Jika Anda ingin membawa barang yang memiliki dimensi besar atau banyak. Anda tidak hanya bisa melipat sandaran jok baris kedua tetapi hingga baris pertama pada bagian penumpang dan sudah rata lantai. Alhasil, ruang kargonya pun semakin luas.

Dapur Pacu

Mobil ini tidak hanya membawa tampilan futuristik, soal dapur pacu, Peugeot membekali SUV-nya ini dengan mesin yang cukup bertenaga. Peugeot seri ini memiliki mesin dengan kode EP6FDTM turbo. Mesin ini berkapasitas 1.598 cc 4 silinder dengan turbo. Output tenaga yang mampu dihasilkan 165 dk dan torsi 240 Nm.

Jika dibanding pesaingnya VW Tiguan yang sama-sama menggunakan turbo dengan kapasitas mesin yang lebih kecil yaitu 1.395 cc, 3008 lebih unggul di tenaga. VW Tiguan tenaganya 152 dk dengan torsi 250 Nm. Tenaga mobil asal Prancis ini disalurkan melalui transmisi otomatis 6 percepatan ke roda depan.

kargo Peugeot 3008

Sejatinya mobil ini merupakan berpengerak roda depan (front-wheel drive). Peugeot membekali SUV-nya ini dengan fitur yang cukup menarik. Peugeot mengklaim bahwa 3008 dapat merasakan sensasi 4×4 di mobil 4×2.

Hal itu karena disematkan fitur yang bernama Advanced Grip Control. Fitur ini dapat membantu optimalisasi kontrol traksi di berbagai permukaan jalan. Ada 5 pilihan mode pada Advanced Grip Control yaitu Normal, Snow, Mud, Sand, ESP OFF.

Akan tetapi, pada mode ESP OFF tidak sepenuhnya kontrol stabilitas itu mati. Dengan adanya fitur ini dapat dikatakan mobil satu ini memiliki kemampuan untuk melewati medan off-road. Untuk harga Peugeot seri 3008 GT Line dibanderol Rp697 juta.

Pesaing SUV Premium Peugeot

Jika Anda merasa kurang cocok dengan seri 3008, tak perlu khawatir sebab masih ada beberapa pilihan mobil SUV premium lainnya yang setara dengan Peugeot tersebut, diantaranya:

Honda CR-V Turbo

Mesin 1.498cc dengan teknologi Turbo menjadi daya tarik utama mobil SUV terbaik dari Honda ini. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 190 PS pada 5.600 rpm dan toris menembus 190 PS pada 5.600 rpm. Jadi bisa dikatakan Honda CRV Turbo merupakanan salah satu mobil SUV terbaik di Indonesia. Terlebih mobil ini menawarkan fitur sangat lengkap dan desain lebih sporty yang dipercantik lampu LED DRL, dan hedlamp Full HD. Selain itu, tersedia pula tiga baris kursi dengan ruang interior yang sangat lega.

All New Toyota Fortuner

Bagi orang kaya yang mencari mobil SUV terbaik, maka pilihan paling tepat adalah All New Toyota Fortuner. Mobil ini dipasarkan dengan harga melebuhi 450 Juta Rupiah, sehingga hanya kalangan tertentu saja yang bisa membelinya. Walaupun sangat mahal, namun mobil SUV terbaik ini memiliki beragam fitur canggih yang siap memanjakan pengendara dan penumpangnya. Fitur keselamatan yang dimilikinya juga sangat lengkap. Bahkan Anda akan mendapatkan fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Assist Control (HAC) yang berpadu dengan fitur ABS dan EBS.

Mitsubishi Pajero Sport

Tersedia beragam tipe Pajero Sport. Semuanya memiliki mesin berkapasitas besar yang didukung teknologi Turbocharged untuk memaksimalkan performa mesin agar semakin bertenaga. Beragam fitur canggih juga dimilikinya, sehingga layak disebut sebagai mobil SUV terbaik di Indonesia. Terlebih mobil ini memiliki desain sangat gagah yang siap melaju melewati berbagai medan jalan dengan sangat mudah. Sayangnya harga mobil SUV terbaik ini sangat mahal, dan harganya bersaing melawan All New Fortuner.

interior Peugeot 3008

Interior dan exterior yang dimiliki seri 3008 memang menampilkan kesan yang futuristik, namun jika Anda merasa kurang cocok dengan tampilan maupun spesifikasinya, terdapat beberapa pilihan mobil SUV lainnya yang setara. Kini pilihan ada di tangan Anda! Selamat memilih mobil favorit Anda ya!

Baca juga: Land Cruiser Prado, Spesifikasi dan Harganya

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.