Pilih Mana Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport?

Mobil

Kedua mobil SUV ini memiliki penggemar setia di Indonesia, baik Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport. Hal ini, membuat orang mencari mana di antara kedua mobil ini yang cocok sesuai kebutuhan sehari-hari.

Mobil SUV merupakan sosok kendaraan besar, tangguh, kokoh, dan bergaya sporty. Kedua mobil dengan bodi besar ini ditargetkan kepada konsumen perkotaan yang ingin memiliki mobil dengan daya jelajah tinggi. Sehingga untuk perjalanan luar kota juga akan terasa lebih optimal saat melaju di jalan.

Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport masing-masing memiliki keunggulan. Khususnya pada varian Fortuner 2.4 G vs Pajero Sport Exceed dan Fortuner 2.4 VRZ vs Pajero Sport Dakar. Semua yang dibahas menggunakan sistem penggerak 4×2, karena tipe ini yang selalu diperhatikann konsumen.

[quads id=1]

Eksterior

Pada bagian eksterior saat Anda memilih mana yang cocok untuk Anda Toyota Fortuner atau Mitsubihsi Pajero Sport. Kedua mobil ini mengubah desain dan gaya yang lebih baik dibandingkan versi terdahulu. Desain Fortuner lebih aman dan simpel yang bisa orang sekali lihat langsung suka.

Untuk Mitsubishi Pajero sendiri desain lebih futuristik dan sporty terlihat dari lampu depan dan belakangnya. Pada bagian wajah depan, Pajero Sport mencoba desain dynamic shield, sedangkan bagian belakangnya desain lampu remnya yang bagaikan “air mata”. Kebanyakan orang tidak terlalu menyukai desain lampu ini, tapi secara keseluruhan lebih baik jika dibandingkan versi terdahulu.

Pada bagian lampu, Fortuner SRZ dan VRZ memiliki lampu Bi-LED untuk lampu dekat dan jauh. Sementara itu, Pajero Sport hanya memiliki satu mode lampu LED saja. Pajero Sport Dakar sudah memiliki headlamp washer bawaan, yang bisa membersihkan lampu depan. Namun, jangan khawatir keduanya sudah punya fog lamp dan LED DRL.

Pada bagian velg dan ban, baik Fortuner dan Pajero Sport sama-sama menggunakan velg 18 inch. Pada Toyota di varian SRZ, VRZ dan untuk Mitsubishi Pjaero Sport tipe Dakkar. Untuk pilihan ban Fortuner saat diluncurkan menggunakan Dunlop dan Bridgestone, sementara Pajero Sport menggunakan Dunlop dan Toyo. Pada sektor kaki-kaki, Pajero Sport Dakar menggunakan rem cakram belakang. Kalau Fortuner masih menggunakan teromol pada varian apa saja. Untuk suspensi belakang Fortuner menggunakan 4-link lalu Pajero Sport 3-link.

Kemudian pada spion kedua mobil ini sama-sama memiliki lampu sein. Untuk keyless entry, baik Fortuner dan Pajero Sport juga mempunyai hal itu. Sama halnya dengan roof rail, lampu belakang LED, sensor parkir, side step, dan juga kamera parkir. Kedua mobil ini memiliki hal-hal ini. Tapi, untuk sunroof hanya ada di Pajero Sport Dakar saja.

[quads id=4]

Interior

Pada bagian interior Fortuner memiliki desain dan finishing yang mengungguli Pajero Sport. Lapisan kulit yang berada di beberapa sektor, menambah kesan mewah saat Anda melihatnya. Panel kayu yang berada di sekitar tuas trasmisi juga bagus dan tak terlihat murah, begitu elegan.

Untuk desain interior Pajero Sport memiliki kesan standar dan konvensional. Plastik-plastik keras juga terlihat dominan, jauh lebih banyak material ini daripada Fortuner. Tapi uniknya, pada varian Pajero Sport Exceed, panel piano black-nya lebih terkesan mewah.

Pada Pajero Sport Dakar, sudah memiliki rem parkir elektrik dan transmisi otomatis 8 percepatan. Hal tersebut, terasa menggiurkan jika dibandingkan dengan rem tangan mekanik dan transmisi 6 percepatan otomatis milik Fortuner. Berikutnya, Pajero Sport Dakar memiliki sunroof yang sangat berguna sekali saat sedang liburan bersama keluarga. Hal ini yang tidak dimiliki Fortuner, tapi mampu menawarkan pilihan mode berkendara antara ECO, PWR, dan cooling box.

Kesamaan lainnya juga Fortuner dan Pajero Sport sama-sama memiliki tiga baris. Namun, dalam masalah kelegaan Pajero Sport lebih unggul yang masih menyisakan banyak ruang saat duduk di baris ketiga Pajero Sport.

Bagasi kedua mobil ini nyaris indentik, keduanya memiliki metode pelipatan bagasi yang berbeda. Pajero Sport memilih bangku baris ketiga yang bisa dilipat rata lantai dengan bagasi. Sedangkan, untuk Fortuner memilih metode pelipatan bangku ketiga yang bisa dilipat menyamping seperti Kijang Innova.

Pelipatan bangku keduanya masih tergolong mudah, dan untuk bangku baris keduanya hanya bisa dilipat ke depan saja secara sederhana. Fortuner memiliki fitur bagasi karena pintu bagasinya sudah elektrik, sedangkan Pajero Sport harus menggunakan tenaga.

Fitur keselamatan di kedua mobil SUV ini jgua bersaing. Fortuner G dan VRZ punya 3 airbags, lebih banyak daripada Pajero Sport yang hanya memiliki 2 tipe. Namun, bukan berarti sistem dan fitur keselamatan Pajero Sport biasa saja. Pada tipe Dakar memiliki hill start assist, stability control, hingga traction control.

Mesin

Pada sektor mesin Pajero Sport Exceed, memiliki Mesin 2.500 cc 4 silinder turbo diesel dan mampu 136 PS dan 324 Nm saja. Untuk urusan transmisi Pajero Sport Exceed memiliki 5 percepatan. Kemudian pada mesin diesel Fortuner memiliki spesifikasi 2.400 cc 4 silinder turbo sama dengan Kijang Innova, tapi torsi mesinya dinaikkan mencapai 149 PS dan 400,1 Nm.

Tapi itu semua berubah saat Pajero Sport Dakar baru menyerang. Mesin baru milik Pajero Sport Dakar bisa membuat Fortuner terkesan lemah, karena meski spesifikasinya sama seperti Fortuner, 2.400 cc 4 silinder turbo diesel. Untuk tenaganya bisa mencapai 181 PS dan torsinya 430 Nm. Jangankan mesin, transmisi Pajero Sport Dakar yang 8 percepatan pun membuat transmisi 6 percepatan Fortuner seolah biasa saja.

Semua tergantung kepada kebutuhan Anda, jika bujet Anda sekitar Rp460 juta. Kemudian harus memilih antara Fortuner G dan Pajero Sport Exceed, Anda bisa memilih Fortuner. Namun, jika Anda rela mengeluarkan uang sekitar Rp500 jutaan lebih dan memilih antara Fortuner VRZ dan Pajero Sport Dakar. Sepertinya pilihlah brand Mitsubishi tersebut.

Comments are closed.