Pilihan Mobil Bekas untuk Siasati Ganjil Genap

Mobil

Demi mengurangi kemacetan di Jakarta pemerintah memberlakukan aturan ganjil genap. Ternyata, sebagian orang menyiasati aturan ganjil genap ini dengan beli mobil bekas.

Kemacetan di Jakarta rasanya tidak bisa terbendung lagi, apalagi jika sudah tejebak di dalam kemacetan banyak waktu yang terbuang sia-sia begitu saja. Pemerintah sejak dulu telah memberlakukan solusi, salah satunya adalah 3 in 1 di beberapa ruas titik jalan-jalan protokol di Jakarta. Namun, program ini yang sempat bertahan lama di Jakarta ternyata tidak begitu efektif. Hal ini terjadi dengan banyaknya joki, yang berada di pinggir jalan untuk bisa lolos dari jalur yang terkenal 3 in 1 di Jakarta.

Barulah sejak menjelang perhelatan Asian Games 2018 lalu, diberlakukan sistem ganjil-genap untuk mobil di beberapa ruas titik jalan-jalan besar Jakarta yang bertujuan mengurai kemacetan. Hal ini terbukti efektif dan terlihat jelas penyusutan kemacetan di beberapa titik kemacetan Jakarta.

Bagi beberapa orang yang sehari-hari mobilitasnya menggunakan mobil, akan terkena dampaknya dari aturan ganjil-genap ini. Namun, banyak juga orang menyiasatinya dengan beli mobil bekas pilihan.

Ada beberapa tipe mobil bekas tertentu yang secara khusus dicari untuk menyiasati ganjil-genap Jakarta. Seperti yang ada di bawah ini.

Low Cost Green Car (LCGC)

Mobil-mobil kecil dengan tipe low cost green car (LCGC) merupakan pilihan mobil yang diincar sebagian orang untuk menyiasati ganjil-genap Jakarta. Ada tiga mobil LCGC yang menjadi incaran favorit yaitu Honda Brio, Toyota Agya, dan Daihatsu Ayla.

Untuk kisaran hargan barunya ketiga harga itu berkisar di antara Rp100 juta hingga Rp150 jutaan. Harga bekasnya jauh lebih murah, Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai Rp90 jutaan. Harga murah dan bahan bakar yang irit inilah yang menjadi alasan mengapa ketiga mobil ini menjadi favorit orang, untuk menyiasati ganjil-genap.

Multi Purpose Vehicle (MPV)

Ternyata tak hanya mobil bekas LCGC saja yang sering dibeli orang untuk menyiasati aturan ganjil-genap. Sebagian orang juga suka dengan mobil tipe Multi Purpose Vehicle (MPV), tentu saja pilihannya yang irit dengan spare part murah, dan mesin bandel adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Harganya juga masih terjangkau berkisar di harga Rp150 juta, dengan banyak fungsi di dalamnya. Bisa untuk bawa barang, bepergian bersama keluarga, dan lain sebagainya.

City Car

City car juga tak luput dari incaran orang untuk membelinya dalam kondisi bekas, demi menyiasati ganjil-genap di Jakarta. Untuk city car harganya berkisar di Rp110 juta hingga Rp190 jutaan.

Berikut ini beberapa city car bekas yang sering diburu pembeli untuk menyiasati ganjil-genap Jakarta.

  • Toyota Yaris tipe E tahun 2012 kisaran harga Rp112 jutaan.
  • Suzuki Ignis tahun 2017 kisaran harga Rp142 jutaan.
  • Honda Jazz tipe RS tahun 2014 kisaran harga Rp179 jutaan.
  • Mazda 2 tahun keluaran 2015 kisaran harga Rp195 jutaan.

Itu beberapa referensi mobil bekas favorit terbaik untuk menyiasati ganjil-genap di Jakarta. Saat mencari mobil bekas, perlu Anda ingat untuk jangan sampai salah memilih mobil karena terburu-buru. Jika Anda punya kenalan atau kerabat ahli mekanik, bisa Anda ajak saat sedang mengecek mobil bekas yang telah Anda incar. Hal ini berguna untuk memastikan mobil yang Anda inginkan masih dalam kondisi prima.

Comments are closed.