9 Jenis Pintu Mobil Super Canggih

Asuransi MobilMobil

Terinspirasi dari berbagai peralatan sehari-hari, pintu mobil super canggih hanya diproduksi oleh produsen mobil kenamaan dunia seperti Lamborghini, Ferrari dan Bentley.

Banyak orang tidak menyadari berapa bahwa ada banyak jenis pintu mobil super canggih yang dibuat oleh para produsen mobil besar dunia. Memang sebagian besar pintu yang digunakan mobil super canggih hanya disematkan pada mobil-mobil mewah sehingga jarang diketahui publik secara luas.

Ferrari dan Lamborghini adalah dua produsen yang dikenal sering membuat pintu mobil super canggih, bahkan pintunya dapat membuka dan menutup sendiri tanpa kita sentuh. Keberadaan pintu ini menurut mereka amat penting karena dapat menjadi pembeda antara mobil mewah dan tidak.

Baca juga: Begini Syarat dan Perhitungan Klaim Asuransi Mobil

Tidak heran jika mobil-mobil berpintu canggih ini dibanderol dengan harga tinggi. Oleh karena itu, sungguh sangat disayangkan jika tidak dilengkapi dengan asuransi mobil. Sebab, jika terjadi hal buruk yang menimpa, tentu biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki sangatlah mahal.

Namun, jika Anda sudah memiliki asuransi mobil, hal tersebut sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi. Karena, produk asuransi ini menjamin finansial Anda dari hal-hal buruk yang bisa kapan saja menimpa.

Jenis-Jenis Pintu Mobil Super Canggih

Setiap produsen mobil memiliki karakter sendiri terkait pintu mobil yang mereka pilih. Hal ini membuat jenis-jenis pintu mobil super canggih tersedia di pasaran. Penasaran apa saja? Berikut ini ulasannya.

The Scissor Door

pintu mobil super canggih

Seperti pintu mobil tradisional, pintu Scissor melekat pada rangka mobil oleh engsel yang terletak di sudut atas depan mobil, menggunakan sambungan Scissor. Pintu-pintu terbuka secara vertikal ke atas hingga sekitar 90 hingga 130 derajat.

Pintu mobil yang satu ini dirancang pada tahun 1968 oleh Marcella Gandini dari Bertone dan pertama kali digunakan pada model mobil konsep Carabo dari lini mobil Alfa Romeo. Pintu ini disematkan pada mobil Lamborghini Aventador, Diablo, Murcielago dan Reventon, Spyker C8 dan C12 Zagato dan Bugatti EB110.

The Gullwing Door

Pintu Gullwing (juga dikenal sebagai Falcon Wing Door) mirip dengan pintu Scissor. Dirancang oleh Jean Bugatti pada tahun 1939 untuk model mobilnya sendiri, Bugatti 64. Ia membuat model pintu ini setelah terinspirasi dari sayap burung camar.  Sebenarnya desain pertama pintu ini tidaklah populer. Hingga pada1952, desain pintu ini digunakan oleh Mercedes-Benz.

Kala itu Mercedes-Benz mengeluarkan mobil balap model 300SL yang mengaspal dengan nama W198. Mercedes-Benz mengeluarkan model eksperimentalnya menggunakan tipe pintu mobil ini. Namun, mobil yang paling dikenal untuk menggunakan ini adalah DeLorean DMC-12 pada 1980-an.

Pintu Gullwing terbuka dengan memakai engsel, dan dan dapat terbuka sekitar 27,5 sentimeter. Beberapa model yang menggunakan pintu ini antara lain Mercedes-Benz SLS AMG baru, Gumpert Apollo, DeLorean DMC-12 dan Pagani Huayra.

Baca juga: Deretan Mobil Paling Irit yang Pernah Mengaspal di Indonesia

The Swan Door

Pintu Swan lebih dekat dengan tipe pintu mobil tradisional, dengan satu perbedaan. Mereka bergantung sedikit lebih tinggi dan pada sudut untuk menciptakan lebih banyak ruang. Jenis pintu mobil ini populer digunakan pada Aston Martin, Jaguar C-X75 dan GTA Spano. Salah satu keunggulan desain pintu mobil yang satu ini adalah modelnya yang stylish dan memudahkan kendaraan parkir ditempat sempit.

The Suicide Door

pintu mobil yang canggih

Istilah “pintu bunuh diri” memang terdengar aneh ditelinga. Mengapa di beri nama suicide door? Karena desain ini memungkinkan pintu tidak terkunci ketika bergerak, hambatan angin akan menyebabkan Anda jatuh dari mobil, sehingga sangat berbahaya ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Perusahaan seperti Rolls-Royce dan Opel menyebut pintu-pintu ini sebagai pintu pelatih atau pintu fleksibel. Tipe pintu mobil ini dipopulerkan sebagai fitur mewah oleh Rolls-Royce untuk seri Wraith / Phantom.

The Butterfly Door

Pintu Butterfly ini mirip dengan jenis Scissor karena pintu ini juga berengsel di sudut depan atas rangka mobil. Namun, tidak seperti pintu Scissor, pintu Butterfly berengsel di sepanjang pilar A mobil dan terbuka ke luar dan ke atas dalam pola mengipasi. Inilah mengapa jenis ini disbut butterfly karena pintunya bergerak seperti sayap kupu kupu.

Pintu kupu-kupu lebih sering terlihat disematkan pada mobil balap dan nampak pada beberapa mobil keren seperti  Ferrari Enzo Ferrari, Saleen S7, Mercedes Benz SLR McLaren dan McLaren F1, dengan sedikit dimodifikasi. Tapi pintu ini punya kelemahan, karena menjadi salah satu pintu otomatis jika mobil terguling dalam kecelakaan, bisa lebih sulit untuk keluar dari mobil dalam keadaan darurat, dalam beberapa kasus bahkan tidak mungkin bisa keluar. Karena mobil otomatis mengunci sendiri.

The Dihedral Door

Pintu Dihedral adalah hibrida dari jenis pintu mobil jenis Scissor, dengan satu-satunya perbedaan adalah bahwa pintu Dihedral terbuka dengan bergerak keluar, sementara pada saat yang sama berputar 90 derajat di engsel pintu. Beberapa model mobil populer yang menggunakan tipe pintu ini adalah Koenigsegg Agera, Agera R, dan Agera RS, Koenigsegg CC8S, CCR, CCX, One: 1 dan Regera. Pintu dihedral adalah desain terbaru dalam industri mobil, namanya berasal dari istilah geometri.

The Raptor Door

Gaya pintu yang satu ini mirip dengan Scissor, namun mekanismenya sedikit lebih rumit. Pintu-pintu ini pertama-tama terbuka ke luar dan kemudian meluncur perlahan ke bawah dan sejajar dengan badan mobil. Desain ini diluncurkan pada 2007 dan Ferrari GG50 menjadi salah satu model utamanyan.

The Sliding Door

pintu mobil cangih

Jenis pintu mobil Sliding adalah sesuatu yang populer digunakan pada minivan, bus komersial, dan kendaraan kargo. Mereka menawarkan pintu keluar dan masuk yang mudah bagi penumpang dan dapat dengan mudah diturunkan dan dimuat dengan barang.Pintu-pintu ini cenderung dipasang pada lintasan yang terletak di sisi kendaraan. Membuka dengan menggeser ke belakang dan berguna ketika harus parkir di ruang yang sempit. Desain ini diperkenalkan ke pasar oleh Volkswagen AG sebagai opsi untuk van Tipe 2 mereka. Peugeot 1007, Citroen C8, Chrysler Voyager juga menggunakan tipe pintu ini.

The Canopy Door

TIdak sepopuler jenis pintu yang lain. Pintu ini terinspirasi oleh pintu-pintu yang ditemukan pada pesawat jet tempur, di mana pintu itu terbuka ke atas. Juga dikenal sebagai kanopi gelembung, kanopi yang terhubung, dan kanopi kokpit.Kaca depan, samping, dan atap adalah satu kesatuan utuh yang terbuat dari kaca. Engsel dapat ditempatkan di posisi apa pun (sisi, belakang atau depan) dan dapat bergerak ke atas, ke samping atau ke depan untuk memberikan akses mudah bagi penumpang.

Baca juga: Yuk Ketahui Batas Kecepatan Aman Dalam Berkendara!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah deretan pintu mobil super canggih yang pernah dibuat para produsen mobil mewah dunia. Biasanya desain pintu tersebut hanya diproduksi untuk satu tipe mobil sehingga sulit menemukannya dipasarannya.

Comments are closed.