Sudah Tahu Apa Saja Fungsi dari Pom Bensin?

Mobil

Rupanya, selain sebagai tempat pengisian bahan bakar, ada beberapa fungsi lain dari pom bensin. Berikut ini fungsinya!

Stasiun pengisian bahan bakar adalah tempat khusus untuk kendaraan memperoleh atau mengisi bahan bakar kendaraannya. Di Indonesia, Stasiun Pengisian Bahan Bakar dikenal dengan nama SPBU (singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum). Namun, masyarakat juga memiliki sebutan lagi bagi SPBU, yaitu Pom Bensin yang memiliki singkatan dari Pompa Bensin. Di beberapa daerah di Maluku, SPBU disebut Stasiun bensin.

Stasiun Pengisian Bahan Bakar, pada umunya menyediakan beberapa jenis bahan bakar. Sebagai berikut:

  1. Bensin dan beragam varian produk bensin.
  2. Bahan bakar diesel (Solar).
  3. E85 (etanol+bensin).
  4. LPG dalam berbagai ukuran tabung.
  5. Minyak tanah (“kerosene”).

Di beberapa negara, termasuk Indonesia, Stasiun Pengisian Bahan Bakar dijaga oleh petugas-petugas yang mengisikan bahan bakar kepada pelanggan. Pelanggan kemudian membayarkan biaya pengisian kepada petugas. Di negara-negara lainnya, misalnya di Amerika Serikat atau Eropa, pompa-pompa bensin tidak dijaga oleh petugas, pelanggan mengisi bahan bakar sendiri dan kemudian membayarnya kepada petugas di sebuah loket atau counter.

Sejarah Pom Bensin di Indonesia

Pertamina merupakan satu-satunya perusahaan yang mendirikan SPBU asli dari Indonesia. Pada Oktober 2005, Shell menjadi perusahaan swasta pertama yang membuka SPBU miliknya di Indonesia, yang terletak di Lippo Karawaci, Tangerang. Shell menjual bahan bakar beroktan tinggi yang diimpor dari Singapura dan memasang harga yang kompetitif dengan harga milik Pertamina.

Mungkin untuk menghadapi kemungkinan datangnya pesaing, Pertamina akhir-akhir ini telah meremajakan stasiun-stasiunnya, misalnya dengan perubahan pada penampilan dan penambahan fasilitas. Selain itu, mereka kini lebih banyak membuka stasiun-stasiun milik mereka sendiri (bukan dengan sistem waralaba). Stasiun-stasiun tersebut umumnya lebih besar daripada stasiun-stasiun waralaba.

Fungsi Lain dari Pom Bensin

Selain sebagai tempat untuk mengisi bahan bakar, rupanya ada beberapa fungsi lain yang bisa Anda lakukan di pom bensin. Apa saja itu?

Toilet

Di SPBU biasanya tersedia juga toilet atau WC Umum. Maka, tak jarang SPBU jadi tempat persinggahan bagi mereka yang dalam perjalanan jauh untuk buang air kecil atau buang air besar. Namun, masih banyak toilet di SPBU yang kurang laik pakai, seperti kotor, tidak ada tisu, keran air yang rusak, dan sebagainya. Jadi, jika Anda ingin buang air kecil secara nyaman, sebaiknya pilih SPBU yang dari luar telihat bersih dan terawat.

Mushola atau Masjid

Dikarenakan mayoritas masyarakat Indonesia seorang muslim, tentu musola atau masjid menjadi salah satu tempat yang wajib ada di dalam SPBU apalagi jika melakukan perjalanan yang jauh dan sulit sekali menemukan masjid. Selain sebagai tempat ibadah, tidak sedikit juga masyarakat yang memanfaatkan musola atau masjid sebagai tempat untuk beritirahat apalagi dikala musim mudik mendatang.

Tempat Istirahat

Mengantuk saat dalam perjalanan dan butuh istirahat? Biasanya banyak para pengendara yang melakukan perjalanan jauh dan memilih pom bensin sebagai tempat untuk beristirahat. Apalagi jaman arus mudik lebaran, sudah dipastikan pom besin akan dipenuhi oleh para pemudik. Namun, jika tidak dalam kondisi arus mudik, biasanya para supir truk atau kontener yang mengantarkan barang-barang ke pelosok kota sering menginap dan beristirahat di pom bensin.

Isi Angin dan Air Radiator

Selain BBM, biasanya di pom bensin juga tersedia isi angin gratis dan air untuk radiator. Jadi kalau Anda di perjalanan misalnya kendaraan Anda kurang angin isi atau butuh mengisi air radiator tinggal mengisinya saja di SPBU. Namun, sudah ada beberapa SPBU yang menarifkan isi angin dan juga air radiator. Jadi, jika ban mobil Anda kurang angin, sudah tidak bisa mendapatkannya secara gratis, ada tarif tertentu.

Mini Market

Di SPBU biasanya juga tersedia mini market yang menyediakan kebutuhan barang-barang harian, mulai dari peralatan mandi, cuci, obat-obatan, hingga cemilan. Biasanya ini juga jadi alasan orang singgah di sebuah SPBU.

Tempat Makan

Ada beberapa SPBU terkadang juga tersedia tempat makan seperti restoran waralaba bahkan beberapa restoran yang sudah terkenal. Meskipun kondisi bensin masih penuh, tidak jarang yang sengaja mampir ke SPBU hanya untuk makan atau membawa pulang makanan dari restoran tersebut.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

ATM

Zaman sekarang sudah jarang orang yang membawa uang tunai. Kalau perlu uang tunai baru mengambilnya di ATM. Apalagi kalau dalam perjalanan jauh yang jarang ada ATM, pengguna kendaraan lebih memilih singgah ke SPBU karena di SPBU juga menyediakan ATM.

Tempat Pertemuan

Mungkin Anda tidak pernah sadar bahwa pom bensin juga bisa dijadikan sebagai titik pertemuan. Jika Anda pernah melihat banyaknya komunitas motor ataupun mobil yang berada di dalam SPBU, itu tanda mereka sedang berkumpul untuk menuju suatu tempat secara konvoi dan SPBUlah menjadi tempat pertemuan tersebut.

Itulah beberapa fungsi lain yang bisa Anda dapatkan dari SPBU. Jadi, saat ini SPBU bukan hanya untuk sebagai tempat pengisian bahan bakar saja, tetapi ada banyak fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan di SPBU.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015. Miliki asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di Futuready.com. Manfaatkan berbagai promosi potongan yang kami sediakan untuk menghemat pengeluaran Anda. Futuready.com Supermarket Asuransi dan Cara Cerdas Berasuransi!

Comments are closed.