Berkenalan Lebih Jauh dengan Porsche Macan

Mobil

Porsche Macan membuktikan bahwa nama yang ia pilih sesuai dengan spesifikasi canggih dan berkualitas yang ada pada SUV premium satu ini.

Sebagian besar orang tahu bahwa Porsche merupakan salah satu pabrikan mobil Eropa yang terkenal akan mobil sedan sporty-nya. Nyatanya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab Porsche juga punya varian SUV yang mewah, canggih, dan tentunya bertenaga.

Mobil yang dimaksud adalah Porsche Macan. Ya, nama tersebut memang diambil dari nama hewan dalam bahasa Indonesia karena kekagumannya terhadap kucing besar tersebut. Terlepas dari namanya, seberapa hebatkan Porsche Macan sebagai SUV premium? Berikut adalah ulasan lengkap Porsche Macan!

Spesifikasi Lengkap Porsche Macan

Eksterior Lebih Gagah dan Menarik

mesin porsche macan

Perubahan eksterior mobil ini lebih ditekankan akan pembenahan fitur dibanding model terdahulunya. Rupa luarnya masih sama namun ada penambahan fitur. Di sisi lain, tersedia empat warna baru seperti Miami Blue, Mamba Green Metallic, Dolomite Silver Metallic dan Crayon.

Wajah depannya lebih serupa dengan kakaknya yakni model 911 ataupun 918 sehingga, memberi kesan yang tak lagi flat namun lebih sporty dibanding model sebelumnya. Ada pun fitur lampu utama juga mendapat perubahan yang mana konfigurasi LED sudah diaplikasikan di semua variannya. Penempatan Air-Intakes juga mengalami perubahan sehingga fascia depannya terlihat lebar dan makin sporty.

Baca  juga: 7 Fakta Mobil Tercepat Di Dunia Bugatti Chiron

Dari bodi samping, velgnya kini ditawarkan dalam dua ukuran baik 18 inci (standar) hingga 21 inci. Terlihat lebih proporsional dengan keseluruhan ukuran bodinya. Pesona ikoniknya sebagai crossover juga masih terasa lewat disematkannya Side Skirt serta guratan artistik pada bodi sampingnya.

Merambah ke sektor buritan, lampunya menggunakan desain terbaru yakni 3D LED Light Strip. Perlu Anda ketahui, lampu satu ini memberi kesan karismatik tersendiri yang hanya dimiliki oleh Macan daripada model Porsche lainnya. Ada pun lampu belakangnya juga menghadirkan 4 Point Design, memberi kesan lebih modern dan tampilan lebih sporty.

Interior Sangat Nyaman

Perubahan menarik juga ditonjolkan pada atmosfer interior mobil ini. Sebagai SUV yang juga mampu melaju nyaman di area perkotaan, fitur interior Macan dibuat makin lengkap. Tentu hal ini dilakukan supaya seluruh penumpang dapat betah berlama-lama di dalam kabinnya.

Segala fitur nampak tertata rapi pada dashboard serta panel console di samping pengendara.

Pembaruan paling menarik terasa kuat dari panel Head Unit yang kini berukuran 10,9 inci, berbeda dengan model sebelumnya yang masih menerapkan ukuran 7,2 inci. Desain serta fungsi pada panel tersebut nampak serupa dengan model Panamera-nya.

Supaya membuat kesan lebih lega, lubang pendingin yang dahulu disematkan di samping panel Head Unit, kini ditempatkan pada bagian bawahnya. Seperti apa yang dikatakan sebelumnya, interior Macan terbaru dikemas dengan tatanan yang lebih rapi.

Pada setir, desainnya menyerupai kakaknya yakni 911. Tersedia juga Sport Response Button pada kemudinya yang dibutuhkan biaya tambahan untuk mengaplikasikannya. Dalam hal ini, Porsche menawarkan trim interior yang disebut Sports Chrono Package. Perubahan tersebut memberi kapabilitas lebih fleksibel bagi pengendara untuk mengoperasikan segala fiturnya.

interior porsche macan

Lini kursi sendiri nampak tak berubah, masih sama dengan model sebelumnya yang dibalut bahan kulit berkualitas. Di sisi lain, kapabilitasnya sebagai mobil Sport Utility Vehicle (SUV) juga dibekali ruang kaki yang lapang bagi lima orang.

Sebenarnya di berbagai aspeknya, Macan tampil lebih unggul daripada kompetitornya. Namun sayangnya, ruang bagasinya yang kalah dengan rivalnya nampak tak diberikan pembaruan. kapasitas bagasinya tercatat hanya sebesar 18 cubic feet hingga 53 cubic feet (jika bangku kedua dilipat). Dengan kapasitas tersebut, Anda sudah bisa menampung barang keperluan piknik maupun barang belanjaan. Namun sayangnya, ruang bagasi tak cukup mumpuni untuk memenuhi barang-barang berukuran besar.

Fitur Keselamatan dan Hiburan

Aspek handling yang diklaim lebih mumpuni, terjawab pada keluaran terbaru ini. Pasalnya, model satu ini dibekali sasis bodi baru yang bukan hanya memberi performa handling lebih optimal namun juga mempengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Porsche Taycan, Sedan Listrik Paling Cantik di 2020

Bannya kini menggunakan konfigurasi Mixed-Size yang dipadukan dengan mode berkendara Intelligent All Wheel Drive (AWD). Untuk mengoptimalkan performa handling-nya, teknologi Porsche Traction Management (PTM) juga dihadirkan. Sehingga, Anda tak perlu lagi khawatir akan selip di medan licin sekalipun.

Fitur terbaru lainnya juga bisa diamati pada sisi lampu depan. Meski tergolong opsional, lampu Porsche Dynamic Light System Plus (PDLS) cukup menjadi rekomendasi terbaik. Pasalnya, lampu tersebut bisa mengatur intensitas cahaya secara otomatis mengikuti kondisi pencahayaan di jalanan yang Anda lewati.

Porsche menamai fitur hiburannya dengan sebutan Porsche Communication Management (PCM). Menerapkan ukuran Head Unit lebih besar di angka 10,9 inci yang sudah didukung fitur navigasi, Intelligent Audio Control serta konektivitas. Khusus pada varian standarnya, Macan juga menghadirkan fitur Porsche Connect Plus yang mampu membaca handphone LTE serta SIM Card Reader. Di sisi lain, tersedia juga tambahan fitur menarik seperti WLAN Hotspot serta Porsche Connect Services.

Paling menarik, fungsi navigasinya kini bisa memberi informasi secara langsung. Jadi, sistem navigasi bisa merubah rute secara otomatis dengan cepat, menentukan jalur berkendara paling cepat ke tempat tujuan Anda. Pengoperasiannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu meng-install Porsche Car Connect App di Gadget kesayangan lalu Anda sudah bisa memberi komando langsung pada Porsche seri Macan.

Dapur Pacu

Mobil ini dibekali jantung pacu lebih bertenaga. Pasalnya, operasi mesin Macan terbaru sudah menerapkan kapasitas 2.0 Liter Turbocharged bertenaga bensin. Perubahan hanya dilakukan pada ruang bakar mesin yang lebih ditingkatkan serta hadirnya Gasoline Particulate Filter (GPF). Pihak Porsche mengklaim, sedikit perubahan pada mesin Macan memberi dampak signifikan seperti tingkat efisiensi lebih optimal dan makin ramah lingkungan.

desain porsche macan

Operasi mesin mobil ini mampu meraih daya maksimum sebesar 245 HP dan torsi puncak 370 Nm. Operasi mesin mobil initidak begitu mengalami perubahan selain dalam aspek racikan GPF maupun ruang bakar mesin yang meningkat

Data dari New European Driving Cycle (NEDC) menunjukkan bahwa seri Macan mampu memberi tingkat konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 8,1 Liter/100 Km. Lebih dari itu, mesin turbonya yang dipadukan dengan transmisi otomatis 7 tingkat PDK Dual-Clutch Gearbox dan mode AWD mampu memberi lonjakan daya sebesar 245 HP dengan torsi maksimum di angka 370 Nm.

Setelah melihat spesifikasi lengkap Porsche seri Macan terbaru di atas, apakah Anda setuju bahwa mobil ini layak dikatakan sebagai salah satu SUV premium terbaik yang ada saat ini?

Baca juga: Pemain Bola Dunia dan Koleksi Kendaraan Mewahnya

Comments are closed.