Cara Melakukan Tune Up Mobil Secara Rutin

AsuransiAsuransi MobilLifestyle & LeisureMobil

Melakukan tune up mobil secara rutin tentunya akan membuat mobil tetap awet dan terjaga peformanya, sehingga mobil tidak mudah rusak. Bagaimana cara melakukan tune up mobil secara rutin?

Sebagai pemilik mobil sudah merupakan kewajiban untuk merawat mobil secara rutin.  Caranya bisa dengan service dan tuneup,  hal ini untuk membuat mobil tetap awet dan peforma mesin tetap terjaga. Namun, dalam melakukan tune up mobil secara rutin harus dilakukan dengan baik dan benar. Seperti yang akan di jelaskan di tips berikut ini.

Ganti Oli Rutin

Menjaga peforma mesin tetap optimal bisa mulai memperhatikan Oli mesin. Anda harus rutin mengganti oli mesin setiap 15.000 km, dengan membuang dan menguras yang lama kemudian mengisi lagi dengan yang baru. Saat ganti oli mesin, sebaiknya juga ganti filter oli untuk pemakaian lebih awet dan optimal.

Rotasi Ban

Langkah ini termasuk dalam tune up mobil secara rutin. Merotasi bang merupakan sebuah cara untuk menyeimbangkan keausan roda, agar mendapatkan umur lebih panjang. Cara terbaiknya dilakukan dengan pola rotasi silang. Namun, tetap perhatikan karena tidak bisa menukar roda ke sisi berbeda. Melainkan menukar dari depan ke belakang pada sisi yang sama. Anda bisa melakukannya sendiri dengan alat jackstand, atau membawanya ke bengkel.

Ganti Karet Wiper

Karet wiper mobil harus sering diperiksa apakah sudah retak, kendor dan berjamur. Bila sudah ada tanda-tanda seperti itu sudah seharusnya untuk diganti dengan karet wiper yang baru. Anda bisa mencarinya di toko sparepart, cari yang sesuai dengan tipe wiper mobil Anda yang mempunyai karet yang tahan lama.

Filter Udara

Udara dari luar mobil saat sedang berkendara perlu disaring. Agar tidak semua elemen udara di luar mobil bisa sembarang masuk ke dalam mesin. Untuk itu penting untuk sering melakukan pergantian filter udara, yang letaknya ada di bagian atas mesin. Membuka dan membersihkan filter udara akan memperpanjang usia mobil juga.

Ganti Busi

Dalam melakukan pembakaran busi harus diperiksa dan diganti, komponen ini sangat penting dalam pembakaran bbm. Pastikan selalu busi dalam kondisi baik, karena kerusakan busi bisa menyebabkan mesin mogok.

Periksa Belt

Belt ini sering disebut juga “serpentine belt” yaitu tali Panjang yang berada di antara alternator, pompa steering dan komponen mesin lainnya. Dalam hal ketepatan pemasangan belt akan berbeda-beda, ini tergantung pada mesin Anda. Pastikan jika Anda mendengar suara mencicit pada saat men-starter mobil, ini harus diperiksa bahkan diganti jika perlu.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.