Premi Asuransi Mobil Online: Ini Cara Mengetahuinya

AsuransiAsuransi MobilMobil

Pilih asuransi yang terbaik untuk kendaraan mobil dengan premi yang terjangkau oleh anda. Ketahui semua rate premi asuransi mobil TLO dan all risk ini.

Asuransi mobil adalah sebuah perlindungan untuk mobil Anda yang didapatkan dengan membayar sejumlah premi tertentu. Dengan memiliki asuransi berarti Anda memindahkan risiko kepada pihak perusahaan asuransi. Jadi jika Anda mengalami kerusakan mobil karena kecelakaan, biaya perbaikan mobil Anda akan ditanggung pihak asuransi. Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Asuransi Mobil

Asuransi All Risk

Asuransi mobil all risk berbeda dengan asuransi total loss only (TLO). Jenis asuransi mobil ini disebut juga asuransi komprehensif atau keseluruhan. Jenis asuransi mobil yang satu ini. Akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan.

Sedangkan asuransi TLO, asuransi jenis ini tidak akan menanggung kerusakan dalam skala kecil yaitu hanya menanggung kerusakan di atas 75%. Untuk itu asuransi all risk memiliki pembiayaan lebih mahal daripada TLO.

Asuransi Total Lost Only (TLO)

Apa sih pengertian asuransi Total Lost Only (TLO)? Secara harfiah TLO memiliki pengertian hanya jika kehilangan total. Jadi, klaim asuransi dari asuransi hanya bisa diajukan ketika terjadi kehilangan total.

Dalam asuransi mobil, yang dimaksud kehilangan total itu adalah kerusakan yang terjadi di atas 75% atau kehilangan pencurian ataupun karena perampasan. Jika kerusakan yang dialami kurang dari itu, maka Anda tidak akan mendapatkan ganti rugi atas kerusakan.

Patokan 75% sendiri diambil karena mobil dipastikan tidak dapat digunakan lagi. Kelebihannya, premi asuransi TLO lebih rendah dibandingkan asuransi mobil all risk

Cara Mengetahui Premi Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Setiap asuransi mobil memiliki kebijakan yang bervariatif. Umumnya, untuk menghitung premi asuransi mobil baik itu all risk atau TLO berdasarkan pada rate asuransi dikalikan harga mobil. Tidak hanya itu saja, faktor-faktor lain yang menentukan besarnya premi yaitu jenis, tahun, dan plat mobil. Ada juga beberapa perusahaan asuransi yang mempertimbangkan lokasi, usia pengemudi, jenis jaminan, hingga rekam jejak kredit.

Contoh:

Untuk premi asuransi TLO, rate asuransi mobil rata-rata 0,8 – 1 persen. Misalnya, bila Anda memiliki mobil Toyota Avanza G/T Luxury seharga Rp193 juta dengan rate asuransi 0,8 persen, biaya yang harus dibayarkan sebagai berikut:

0,8% x Rp193.000.000,00 = Rp1.544.000,00

Sementara itu, rate asuransi mobil all risk rata-rata 2,5-3,5 persen. Asuransi tertentu bahkan menyediakan rate asuransi 1,5 persen untuk mobil berharga di atas Rp500 juta.

Untuk penghitungan premi asuransi yang harus dibayarkan. Misalkan Anda akhirnya lebih memilih asuransi all risk dari pada TLO, dengan harga mobil Rp193.000.000,00. Kita ambil salah satu skema rate sebuah asuransi, yaitu 2,5 persen untuk mobil seharga Rp150.000.000,00 hingga Rp300.000.000,00.

Jumlah yang harus dibayarkan adalah:

2,5% x Rp193.000.000,00 = Rp4.825.000,00

Besaran biaya premi TLO maupun all risk di atas nantinya masih ditambah dengan biaya administrasi. Biasanya biaya administrasi kurang dari Rp50.000,00.

Berdasarkan perhitungan di atas, premi asuransi all risk 312% lebih banyak dari pada TLO. Anda perlu merogoh saku tiga kali lipat dari premi asuransi TLO bila ingin mendapatkan polis asuransi mobil all risk.

Jadi, baik asuransi all risk maupun asuransi TLO memiliki kelebihan dan kebaikan masing-masing. Sekarang Anda bisa mencari asuransi mobil secara online melalui smartphone saja, hanya di www.futuready.com . Ini merupakan cara cerdas berasuransi di jaman sekarang, cara belinya mudah, praktis dan aman.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

 

Comments are closed.